Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Jaman sudah modern tapi tetap saja masih ada yang takut memasak menggunakan bahan bakar gas. Tidak berani memasang gasnya. Entah rasa takut atau malas untuk mencoba memasang regulator pada tabung gas. Sebenarnya hal mudah, sehingga tidak perlu ada rasa kawatir yang berlebihan. Gas itu aman selama kita tahu cara memakai dan menggunakannya. Dibawah ini akan aku sampaikan cara memasang regularor pada tabung gas dan permasalahan yang sering terjadi.

Yang pertama, pastikan tabung gas aman dari kebocoran. Tidak ada bau gas yang menyengat. Jika ragu-ragu silahkan tabung gas dicelupkan pada ember, jika ada  gelembung air pertanda tabung gas bocor.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Kedua, sebelum regulator dipasang. Pastikan ada rubber seal/karet yang biasanya berwarna merah atau hitam telah terpasang. Walau sekarang sudah ada  regulator yang ada karet pengamannya. Usahakan tabung gas tetap ada rubber sealnya. Demi kepastian keamanan.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Tahap ketiga, pasang regulator pada tabung gas, posisi tegak dan putar knop/kunci pengaman kebawah/searah jarum jam,180 derajat. Putarlah dengan perasaan, jika terasa berat/susah diputar kebawah pertanda rubber seal ketebalan. Silahkan ganti  rubber seal dengan yang lebih tipis.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Dan jika regulator sudah terpasang, terdengar suara cees dan bau gas berarti rubber seal tipis silahkan ganti dengan rubber seal yang lebih tebal. Atau silahkan dileher tabung gas dililitkan gelang karet.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Tahapan keempat, dan jika sudah dipastikan aman. Tidak ada suara cess dan bau gas. Kompor siap untuk dinyalakan. Sebelum dinyalakan alangkah baiknya diujung selang yang mengarah ke regulator dipukul dengan lembut menggunakan jari atau gangang sendok. Hal ini berfungsi untuk membuka jarum pengaman yang ada didalam regularor. Biasanya tersumbat karena aliran udara dari luar.

Dan kendala yang sering aku jumpai, kompor nyala tapi tiba-tiba mati lagi. Jarum penunjuk tekanan gas, yang awalnya penuh kembali ke merah lagi. Hal itu disebabkan, jarum valve dileher tabung gas yang kependekan. Solusinya, silahkan tambahkan/masukan gulungan kertas kecil kedalam leher tabung gas. Dan Pasang kembali regulatornya. Jangang lupa, pukul dengan lembut sesuai dengan tahapan keempat diatas.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Dan jika tahapan semua telah dilakukan dengan benar dan kompor tetap belum menyala. Dalam posisi kompor ON, apakah tercium bau gas ? Jika tercium bau gas, berarti itu kendalanya ada pada arang kompor basah. Biasanya disebabkan sering ketumpahan air saat memasak. Cara menyalahkannya silahkan bantu dengan korek api.

Cara Memasang Regulator Pada Tabung Gas

Ada juga permasalahan yang sering terjadi, yaitu valve/jarum pada leher tabung gas tidak mau kembali seperti semula. Sehingga menyemburkan gas. Cara mengatasi dengan menusuk atau mencongkel valve tersebut, agar posisinya kembali seperti semula sehingga gas tersumbat lagi. Cara ini bagi yang sudah berpengalaman. Jika takut, silahkan rendam tabung gas kedalam ember penuh air, demi keamanan. Tunggu sampai gasnya habis.

Bagaimana ? Masih ada rasa takut dan kawatir untuk memasang regulator pada tabung gas ? Semoga artikelku ini membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Tidak perlu tabung gas dibontang-banting dengan alasan gas beku. Perlu diperhatikan, gunakan regulator yang baik dan jangan lupa pula, periksa selang kompor secara berkala. Jika sudah usang, ganti yang baru. Masih ada yang mengalami kendala ? silahkan ajukan pertanyaan lewat komentar dibawah ini.

Related Posts

2 komentar:

  1. Nyimak saja karena belum bisa praktikkan tetapi saya bisa tahu teori amannya. Masalah karet tabung memang kerap kami akami, makanya suami sebelum beli gas melon selalu congkel karetnya agar nanti bisa dipakai lagi.Cuma saya kerap lupa taruh di mana sehabis dicongkel.

    BalasHapus
  2. Duluuu...aku takut untuk pasang gas sendiri. Tapi power of kepepet mengalahnkan. Masak nunggu suami pulang kerja, padahal keburu butuh masak.

    Akhirnya berani ..

    BalasHapus

 
Back To Top