Daun Pepaya Jepang Kini Jadi Hidangan Lalapan yang Digemari

Daun Pepaya Jepang

Di kampung saya, lagi heboh-hebohnya membicarakan tentang daun Pepaya Jepang. Dan akhirnya sayapun terbawa arus, ingin sekali mengetahui tentang daun Pepaya Jepang tersebut. Saya pasang telinga saya ini dengan seksama, mencuri obrolan kaum ibu-ibu. Jika ada ibu-ibu yang lagi ngerumpi, saya pun mencoba untuk mendekatinya. Karena saya ingin lebih tahu tentang apa itu daun Pepaya Jepang.

Pertama saya kira itu, Pepaya Jepang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Negeri nan jauh disana, negeri yang pernah menjajah Indonesia. Wealah ternyata bukan, konon katanya pohon Pepaya Jepang itu berasal dari Jawa Barat. Kenapa dinamain Pepaya Jepang? Saya sendiri kurang tahu. Mungkin karena kecil-cekil imut, seperti gadis Sakura itu.

Daun Pepaya Jepang

Daun Pepaya Jepang ini memang sekilas seperti pohon pepaya pada umumnya. Bentuk jemari daunnya pun juga mirip sekali. Hanya warna daunnya lebih tua kehijauannya. Getah yang dihasilkan tidak terlalu banyak, dan tidak gatal di kulit. Nah, kalau dari segi bentuk batang atau pohonnya sangatlah berbeda dengan pohon pepaya biasanya.

Batang pohon pepaya jepang mirip pohon singkong. Dan cara menanamnya pun juga sama seperti menanam pohon singkong. Dengan cara distick, alias batang pohonnya yang ditanam. Ketinggian Pohon Pepaya Jepang bisa berkisar dua meteran, ya selayaknya pohon singkong. Hanya bedanya, jika pohon singkong akarnya bisa dimakan. Kalau pohon pepaya jepang, akarnya tidak bisa dimanfaatkan.
Daun Pepaya Jepang

Daun Pepaya Jepang

Pohon Pepaya lumrahnya ada buahnya. Tapi yang unik, pohon pepaya jepang tidak berbuah. Sehingga yang dimanfaatkan dari Pohon Pepaya Jepang ini hanya daunnya. Masa panen daun pepaya jepang ini berkisar tiga mingguan, tidak sampai berbulan-bulan. Kalau soal rasa gimana? Rasa dari daun pepaya ini, mirip seperti daun singkong, tidak pahit. Serat dan teksturnya juga mirip seperti daun singkong.

Karena tidak pahir itulah, daun Pepaya Jepang sangat digandrungi. Dan harga  daun Pepaya Jepang tergolong tinggi. Sangat menjanjikan bagi yang ingin berargobisnis tanaman ini. Cara menanamnya pun sangat mudah, tidak membutuhkan lahan luas. Tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Cepat panen pula. Bahkan bisa ditanam di pot-pot teras rumah. Anda berminat?

Related Posts

26 komentar

ini termasuk tumbuhan langka berarti ya mas? hehe

Tempat saya ada ini
tapi sya gak tau kalo bisa dimakan daunnya
kalo pepaya biasa kan pahit daunnya
unik juga ya, padahal tumbuhan lokal namanya jepang hehe

lalap lalapan pepaya istri saya paling suka. Oh pepayanya beda ya tidak berbuah

Ini tumbuhan murni kah? Atau hasil kawin silang mas?
Baru tahu ada pepaya ndak berbuah hehe

buat jamu bisa gak ya mas

Jadi membayangkan, daun pepaya jepang ini dimakan dengan sambal terasi layaknya daun singkong. Mak jleb pasti

kalau di sini namanya daun gedhi bisa mengobati ginjal, stroke dan maag serta jantung

Issh, suka nguping emak-emak ngerumpi nih, hehehe... Secara rumpian emak-emak informasinya lebih akurat ketimbang Google ya. Pengen nyobain ah, saya suka lalapan

wah saya belum pernah lihat pepaya jepang secara langsung, gak tau ada gak ya di daerah saya

Saya malah baru tahu kalsu ada yang namanya pepaya jepang, asalnya dari Jepang mungkin?

dibelakang saya nanemnya pepaya california sudah berbuah, daun pepaya jepang bisa dicoba nih. buat koleksi tanaman juga he...

Dibuat kripik kayak kripik bayem kayaknya enak mas. :)

Gk ada buahnya ? Yaah sayang banget, padahal kalau berbuah pasti bakal mudah metiknya cuma 2 meteran doang tingginya

Cara mendapatkan bibitnya dimana itu Mas...?
Kebetulan saya suka dengan yang namanya lalapan... baik rebus maupun mentah... hehe :D

Jadi penasaran, udah banyak dijual di pasar kan?

Pahit sih daun pepaya itu kalau dimasak,jd lebih pilih bayam atau daun singkong

Tidak pahit, rasanya seperti daun singkong

Sudah dan harganya tergolong mahal. Bisa lewat online.

Bisa lewat online, banyak yang jual kok.

Wah.. ada jenis tumbuhan baru nih.
Tapi unik juga ya, kayak gabungan antara pohon pepaya dan pohon singkong.

Lihat daun pepaya kok jadi pengen bikin urap. Kayaknya enak.
Aku baru tahu daun pepaya jepang ini neh.

Kesukaannya mama sha! baru kemaren sore metikin daun pepaya :D

Nah kalau pepaya california pernah liat, ada yang jualan deket tempat kerja..

Selain bentuk dan ciri khas seratnya yang berbeda dengan lokal, manfaatnya dari daun pepaya Jepang apa ya kang ?

Cara tanamnya distek, ya.
Kalau ini sih lebih mirip ke tanaman singkong dari pada ke pepaya.
Enakan mana rasanya daun pepaya muda atau daun pepaya Jepang...?
Mau coba eh tapi kok dibilang rasanya mirip-mirip daun singkong, soalnya saya belum pernah makan sayur daun pepaya, kalau daun singkong udah :)

kalau gak pahit gitu aku mau coba direbus terus disiram bumbu pecel pasti enak rasanya

Terimakasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk memberikan komentar

 
Back To Top