Bakso Malang Doa Ibu, Musim Hujan Enaknya Kulineran Bakso Keliling

Bakso Malang Doa Ibu

Tiga hari hujan melanda. Hujan deras pula, ya maklum bulan ini masih memasuki musim penghujan. Enaknya jika musim hujan adalah, suhu udara dingin, tidak gerah. Tidur tanpa kipas angin pun bisa terlelap. Tapi juga tidak ada enaknya pula. Apa itu tidak enaknya jika musim hujan? Mudah lapar. Maunya makan dan ngemil terus. Perut mudah keroncongan. Kalau tidak dituruti, badan seperti terasa meriang.

Ya begitulah. Hujan-hujan butuh kehangatan. Wah kalau soal kehangatan mudah tu, jajan bakso. Kulineran yang cocok dikala musim dingin. Siapa sih yang tidak kenal bakso? Makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang kini sudah merambah kemancanegara setelah nasi goreng. Siapa pun pasti suka bakso, dari kalangan anak-anak maupun orang tua. Kalau saya, tidak hanya sekedar suka. Tapi diatas suka, apalagi jika ada yang gratisan alias ada yang mentraktir. Bisa abis dua mangkok.

Bakso Malang Doa Ibu

Bakso Malang Doa Ibu

Eh sekarang mudah sekali dijumpai penjual bakso keliling. Ada yang jualan bakso dipikul, semisal bakso cuanki. Ada yang pakai sepeda, semisal bakso pentol. Ada yang pakai gerobak. Dan yang pakai gerobak ini variasi pula bentuknya. Jumlahnya sampai tidak kehitung. Pertanda apa ya, jika banyak orang yang berjualan keliling. Pastinya pertanda kemandirian rakyat Indonesia. Tidak hanya mengandalkan lowongan pekerjaan dari pemerintah. Tapi ada warga Indonesia yang mau menciptakan lowongan kerja buat dirinya sendiri.

Kali ini saya ingin kulineran baso malang. Apa bedanya bakso malang dengan bakso lainnya. Sebenarnya sama, tidak ada perbedaan yang mencolok. Kalau bakso malang, pakai sejenis kerupuk dan pakai tahu putih. Kerupuk bakso malang bukan kerupuk putih ya, tapi kerupuk pangsit. Ada sebagian orang menyebutnya keripik. Kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka.

Bakso Malang Doa Ibu

Bakso Malang Doa Ibu

Mumpung lagi punya duit, tidak salahnya jika memanja diri sendiri dengan cara kulineran apa yang disukai. Kebetulan ada bakso gerobak keliling, Bakso Malang Doa Ibu. Penjualnya masih remaja, kayaknya belum berkeluarga. Alias masih bujang. Saya kagum dengan semangatnya dalam berwirausaha. Anak mudah seperti ini yang wajib ditiru dan harus mendapatkan apriasi.

Saya pun langsung pesan empat mangkok. Wow banyak amat. Kebetulan ada teman, sesekali tidak ada salahnya pula menyenangkan orang lain. Masak iya maunya gratisan terus, tapi tidak mau gantian mentraktir orang lain. Tumben waras! Eh itu bagaimana rasanya bakso malang? Pastinya nikmat dan lezat. Harga juga terjangkau, masih sekitar 10 ribu rupiah. Bagaimana, shobat juga suka bakso malang?

Berita Terkait

13 komentar:

  1. Saya juga suka bakso malang....agak pedes dan tambahan krupuk pangsit nya..kuah diseruput,maknyus....semangat buat yang berwirausaha,apapun itu sudah menciptakan lapangan kerja buat diri sendiri ,gak bergantung sama pemerintah atau orang lain.

    BalasHapus
  2. Pertama kali saya makan bakso Malang ketika berkunjung ke Gunung Bromo. Suasana sangat sejuk ketika itu sehingga habis jualan penjaja bakso Malang dimakan oleh ahli rombongan kami! Adakah sebab kami kelaparan atau bakso Malang itu yang sedap? Tapi... memang sedap kok!
    Salam Ramadan Al Kareem.
    Selamat menjalani ibadah puasa.

    BalasHapus
  3. Bakso malang tuh kuahnya fresh dan enggak eneg. Jadi lebih enak dibandingkan baso yang biasanya. Dan di kantor lama sampai langganan tukang baksonya, kalau ada acara kantor atau traktir ulang tahun, biasanya manggil beliau. Namanya Bakso Malang Mang Tikno.

    BalasHapus
  4. Bakso Malang DOa Ibu ini bikin ngiler aja. Itu isi gerobaknya masih banyak dan menggirukan. Cocok banget disantap saat hujan dan kedinginan. Sambalnya minta yang banyak ah, sedikit kecap, sausnya ga usah hehehehe :D

    BalasHapus
  5. Sebenarnya lagi gak ada kerjaan. Sambil nunggu waktu buka puasa, saya blogwalking. Dan nemu artikel ini, baca dan lihat foto-fotonya, rasanya perut makin keroncongan.

    wahaha

    BalasHapus
  6. Bakso malang terenak itu saya rasakan saat makan di Malang. Tapi kalau di kota lain bakso Malang setempat cukuplah mengobati kangen. Hehe. Apalagi yg murmer. Sedap yah

    BalasHapus
  7. emang legend sih, cuman bulan ini hanya bisa di nikmati malam hari :)

    BalasHapus
  8. bikin ngiler mas, sayangnya sekarang ramadhan... pas Idul fitri pasti rame menyerbu bakso

    BalasHapus
  9. bakso malang adalah kegemaranku...seger...kalau cuanki aku baru tau pas jalan jalan di bandung, padahal biasanya sering lewat juga di sekitar rumah, cuma aku baru tau aja namanya cuanki

    BalasHapus
  10. Duh jadi kangen bakso malang ini mah. Sudah lama gak ngebakso malang.
    Nanti sore ke tempat mangkal kuliner ah, siapa tahu ada yang jual bakso malang.

    Salam,

    BalasHapus
  11. Murah juga ya harganya cuma 10 ribu, ciri khas baso Malang itu ada cuanki ya mas.

    BalasHapus
  12. Disini dulu ada yang jualan bakso Malang tapi sekarang ngga ada, kalah sama bakso Solo, padahal lumayan enak bakso Malang mas. Bisa buat alternatif kalo bosan baso Solo.

    BalasHapus
  13. Sbnrnya dibanding bakso biasa, aku lbh suka bakso malang mas. Krn ada gorengannya 😍😍😍. Lbh enak aja, apalagi kalo udah direndam kuah. Beuugh, setengah crunchy, setengah empuk 😄. Makanya tiap pesen bakso malang, kayak cak su kumis aku pasti minta gorengannya yg paling banyak

    BalasHapus

 
Back To Top