Kulineran di Terminal Pulogadung Jakarta Timur Jajan Somay dan Nasi Soto Ayam Surabaya

Lebih dari tiga bulan, kalau malam saya nongkrong di Terminal Pulogadung Jakarta Timur. Terminal Pulogadung 1, atau terminal Bus Transjakarta. Wah ternyata kini terminal Pulogadung dibagi dua, yang satu buat bus transjakarta dan yang satunya buat mobil angkot kecil, semisal angkutan KWK dan sejenisnya. Mengenang terminal Pulogadung, pasti yang teringat adalah hal yang serem-serem. Dulu terminal Pulogadung terkenal dengan kesemrawutannya. Copet dan calo, selalu menjadi bahan pembicaraan saban hari. Tapi itu dulu

Kini Terminal Pulogadung berubah drastis. Bukan lagi menjadi transit bus-bus antar provensi. Khusus hanya buat bus transjakarta dan angkutan dalam kota Jakarta. Kalau bus luar provinsi kini sudah diahlihkan ke Terminal Bantar Gebang. Jadi jangan heran, Terminal Pulogadung sudah tidak seramai dulu. Bahkan bisa dibilang sudah tidak terjadi kemacetan lagi. Benar-benar tertib. Penumpangnya juga teratur. Pelayanannya juga prima, super ramah.



Seperti apa yang saya ceritakan diawal. Hampir tiga bulan saya healing, membuang rasa jenuh dan suntuk. Mencari ketenangan jiwa, perasaan dan batin. Wealah, bahasanya saya kok super tingkat tinggi hehehe. Pakai istilah healing segala. Kalau ingin mencari ketenangan hati itu ke tempat ibadah atau ke gunung mencari tempat yang sepi. Lah ini healing kok di terminal bus. Bilang saja ingin mencari pemandangan yang bening-bening, alias cuci mata.

Kalau saya secara pribadi, mencari ketenangan hati dan pikiran justru inginnya ditempat keramaian. Isi kepala mudah sekali diahlihkan. Sehingga mudah melupakan permasalahan yang ada. Dengan ditempat keramaian, saya juga menjadi lebih tahu banyak orang. Ternyata setiap orang itu punya permasalahan dan kenikmatan masing-masing. Sehingga saya semakin sadar, bahwa kehidupan ini tidak ada yang ideal. Ada orang yang lebih menderita jika dibandingkan dengan kehidupan saya. Akhirnya saya semakin bisa bersyukur. Itu jika dalam kondisi waras, jika sablengnya kambuh lagi, ngeluh dan sambat lagi.

Saya di terminal Pulogadung tidak hanya sekedar nongkrong, tapi kulineran juga. Emang saya itu dasarnya suka jajan. Dimana berada, ya selalu jajan. Jajanan saya di terminal Pulogadung yaitu rujak, somay dan nasi soto ayam surabaya. Jajan rujaknya hanya sekali, sempat ngobrol lama dengan penjualnya. Bahkan ngobrolnya sampai jam sepuluh malam. Tapi sayang, saya kok sampai lupa namanya.

Somay dan Nasi Soto Ayam Surabaya yang menjadi favorit jika nongkrong di Terminal Pulogadung Jakarta Timur. Penjualnya sampai hafal dengan wajah saya. Yang tidak pernah sepi pembeli adalah gerobak Nasi Soto Ayam Surabaya, harus rela antri. Kedua kulineran ini, sama-sama lezat dan nikmat. Harga juga terjangkau, berkisar sepuluh ribu rupiah. Kulineran di pinggir jalan, juga menyenangkan. Perut kenyang dan tambah persaudaraan pula.

Berita Terkait

7 komentar:

  1. Sy terakhir ke pulogebang waktu pertama ke jakarta naek bus,
    Beneran serem jaman dulu,
    Mana saya pertama naek bus jarak jauh lagi
    Di jakarta g ada sodara lg
    Tapi untungnya sekarang uda g jadi tempat mangkalnya bus luar kotaan ya
    Makanya kok g macet kalau lewat sana

    BalasHapus
  2. Menyebut Somay dan Nasi Soto Ayam Surabaya saya jadi ngiler. Bagi2 ananda. Hehe ....

    BalasHapus
  3. Sepertinya bukan terminal bantar gebang mas, tapi terminal pulogebang.
    Aku baru tahu kalau terminal pulogadung hanya untuk transjakarta dan angkot. Kalau bus luatlr kota sudah lama pindah ke pulogebang. Di sana lebih teratur.

    Siomay dan soto emang enak mas..!!

    BalasHapus
  4. Soto itu makanan favorit saya, apalagi kalau pake lontong atau kupat, dan agak sedikit pedas kuahnya pake sambel..mantaaab banget...

    BalasHapus
  5. Aku baru sekali ke terminal pulogadung, pertama dan trakhir 😂😂. Itu juga Krn bablas ketiduran naik busway. 😄. Tapi jujur Krn aku tipe buta arah, jadi dulu itu lumayan panik pas turun di terminal yg aku ga tau mas 😅. Untungnya pas nelpon pacar dia LGS DTG hahaha. Msh blm nikah dulu.

    Ga tau deh skr terminalnya JD kayak apa. Padahal yaa kelurahan rumahku itu pulogadung 😄

    BalasHapus
  6. Wiiih, enak juga nih jajan malam, biar nambah kolesterolnya... :D

    BalasHapus

 
Back To Top