Tongseng Favoritku! Warung Sate Solo Pak Nanda Sukapura Jakarta Utara

Kata guru saya,"Hidup itu dibikin enak saja, waktunya makan ya makan, waktunya tidur ya tidur, waktunya kerja ya kerja". Jangan dibikin susah dan jangan dibikin beban, gajahnya yang badannya gede dan makannya super banyak. Jika waktunya tidur dia juga tidur. Sedangkan manusia, yang hanya butuh makan sepiring saja, masak harus kerja ngoyo. Sampai lupa waktu buat istirahat maupun buar ibadah. Zaman yang makin mendekati akhir, pastinya semakin kompleks permasalahan. Jika tidak bisa membawa diri, bisa stres dan badan makin ringkih. Kalau sampai sakit, siapa yang merugi?

Inginnya seh seperti itu. Ingin hidup serileks dan sesantai mungkin. Karena tuntutan kebutuhan ekonomo itu yang membuat pikiran gersang dan panas. Inginnya kerja ngoyo, walaupun sadar, jika ngoyo belum tentu juga itu duit kesambet. Tapi jika tidak ngoyo, lebih parah lagi, itu duit juga tak kepegang. Emang serba salah. Walau ada kata pepatah, emang jika sudah rezekinya, itu duit akan datang dengan sendirinya juga.

Waduh jika ngomongin uang, pikiran jadi kayak kesetrum. Langsung tersengat. Tensi darah bisa drop alias tensi darah rendah. Kalau sudah begini, badan lemes, letoy dan lesu. Belum lagi, mata jadi berkunang-kunang. Kepala pusing tidak karuan. Kalau sudah begini, obatnya inginnya makan yang enak-enak. Apa itu? Pastinya menu daging kambing.

Soal menu daging kambing, saya punya warung langganan khusus. Nama warung itu adalaah Warung sate solo Pak Nanda yang beralamat di Jalan Tipar Cakung, Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia. Tidak begitu jauh bahkan bisa dibilang depan SMP Negeri 289 Jakarta, Sukapura. Warung Sate Solo Pak Nanda tidak hanya menyediakan menu daging sapi maupun daging kambing. Tapu juga menu nasi goreng. Gimana, lengkap juga kan!

Menu favorit saya adalah menu tongseng kambing. Kalau badan lagi kagak enak alias greges-greges. Pertanda tensi darah berkurang, saya pesan tongseng kambing di warung ini. Dengan ditambahan atau dilebihkan bumbu mrica dan daging kambingnya.  Badan langsung hangat, stamina jadi prima. Mata yang awalnya ada keluhan sakit, sembuh seketika setelah makan tongseng kambing.


Itulah enaknya punya penyakit tensi darah rendah. Disuruh makan yang enak-enak. Ah yang namanya penyakit kagak ada enaknya. Walaupun tensi darah rendah juga punya resiko fatal. Kalau bisa mah, jangan sampai sakit. Inginnya sehat terus, bisa kerja dengan baik dan ibasah dengan khusuk. Jika sehat, semua tenang, anggota keluarga juga tidak ada yang direpotkan.

Soal rasa gimana? Pertanyaan yang menarik. Rasa tongseng kambing sangat lezat dan nikmat. Sedap. Karena saya wong Solo, sangat cocok dengan lidah Solo. Bisa menjadi obat kangen kampung halaman. Kulineran memang seperti itu, tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga memanjakan hati sebagai obat rindu akan tanah kelahirannya. Duh eley, bilang saja kangen sama mantan di kampugnya, hahaha. Dasar kutukupret.

Nah sekarang soal harga? Karena menu kesukaan saya adalah tongseng kambing, saya hanya tahu harga menu tersebut. Soal menu semisal nasi goreng atau gulai atau menu daging sapi saya belum sempat mewawancari sang empunya.  Tapi jika anda penasaran dengan harganya, anda bisa mengeceknya di layanan gofood gojek atau sejenisnya. Warung Sate Solo Pak Nanda juga melayani secara online. Eh jadi melebar kemana-mana jawabannya. Harga menu tongseng Solo Pak Nanda Sukapura, untuk saat ini berkisar 25 ribu rupiah.

Berita Terkait

14 komentar:

  1. Saya juga suka tongseng mas...dulu enggk tau, karena suami sering beli akhirnya ikutan suka, sedikit manis ,pedas dan gurih..mantaab

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga penggemar tongseng kambing.sayang kalau di banjarmasin jarang ada.kalaupun ada hanya satu dua warung,harganya juga kok mahal bgt haha...makasih sharingnya mas djangkaru

      Hapus
  2. Namanya juga hidup Mas Dj.. seperti yg saya alami belakangan ini.. tapi soal makanan, semuanya saya hajar.. untung warung Pak Nanda jauh di Jakarta.. kalau dekat, bisa ikutan jadi pelanggannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bang ancis juga.. pa kabar.. ??

      Hapus
    2. Salam jumpa Mas.. kabar baik.. hehehee

      Hapus
  3. saya baru sewaktu kerja bisa makan sate kambing mas
    enggak berani banyak2 soalnya pasti oleng pulangnya
    pulang2 mampir indomaret beli benecol

    BalasHapus
  4. Cleguk an ngelek idu mas ...
    Walau rodo pusing, saya masih kuat kalau tongseng kambing seporsi.. di atas itu, perlu penyelidikan lebih lanjut.. haha..
    Salam hangat kawan lama.. entah berapa abad saya ga ke blog ini.. :)

    BalasHapus
  5. betul juga tu...jangan terlalu stress dengan kehidupan...lalui saja..masa makan kita makan dan masa tidur kita tidur saja...life is simple but meaningful

    BalasHapus
  6. Saya setuju dengan pandangan bahwa hidup harus dinikmati dengan penuh kelezatan dan penghindaran stres yang berlebihan. Deskripsi tentang rasa tongseng kambing yang lezat dan cocok dengan lidah orang Solo membuat saya ingin mencobanya.

    BalasHapus
  7. sama mas, saya juga ada darah rendah, makanya di blog sering post kuliner perkambing kambingan, biar jadi jreng hahhahaha...btw njenengan tiyang solo toh,takirain bantul

    BalasHapus
  8. Duh ... Bicara makan daging kambing ada ngeri2 takutnya, ananda. Trauma melihat mertua anak tetangga. Habis makan gulai kambing langsung K O.

    BalasHapus
  9. Laaah wong solo juga toh mas, sama kayak suamiku 😄. Aku pun sejak nikah, jadi tau banyak kuliner solo begini. Tongseng, tengkleng, sukaaaa BANGETTTT hahahahha. Tapi ga beranj makan banyaklah.😅

    Kalo udh makan begini, besoknya aku dobel olahraga, hahahaha.tapi memang tongseng kambing, sate kambing segala yg berbau kambing itu enaaak sih.❤️❤️👍

    Blm cobain yg di tempat mas ini. Kalo ntr lewat sana deh. Deket rumahku kayu putih, juga ada yg jual tongseng lumayan enak, makanya agak jarang eksplor cari ke tempat lain.

    BalasHapus
  10. Makanan olahan kambing memang punya sensasi tersendiri. Sekalinya makan bakal kepikiran dengan tekanan darah. Kalau udah gini biasanya langsung cari minuman buat turunin tekanan daran.

    Aku pun juga suka makanan olahan kambing. Tongseng, gulai, tengkleng, dan sate kambing. Kalau nasgor kambing jarang makan. :D

    BalasHapus
  11. Wiih kelihatannya menunya mantap2 pak

    BalasHapus

 
Back To Top