Apa Susahnya Memberikan Segel pada Shampoo Kemasan Botol? Demi Keamanan Konsumen Lo!

 

Dulu, saya itu sering jalan-jalan ke terminal bus. Dan menjumpai pedagang lesehan atau pedagang kagetan dengan menjual shampoo kemasan botol. Pedagang pinggir jalan hanya dengan menggelar selembar alas tikar. Harga shampoo yang tergolong murah, tapi saya perhatikan, kondisi botol shampoo tersebut sudah kusam. Benar-benar kusam lusuh. Beda dengan botol shampoo yang di pajang di minimarket, yang masih mulus dan bersih. Dengan kondisi botol shampoo yang meragukan begitu, mau belikan juga was-was. Walau sebenarnya tergiur dengan harga murahnya itu.

Secara pribadi, saya memang lebih suka membeli shampoo kemasan botol. Memang seh, sekali beli terasa banget harganya. Beda halnya jika beli shamppo sachet, dengan harga seribuan sudah bisa termiliki. Kenapa memilih shampoo kemasan botol? Salah satunya demi menghindari sampah sachet yang sering menyumbat saluran air kamar mandi. Tahu sendirikan kan, jika abis keramas kebiasan buruk suka membuang sampah asal  saja. Saluran air kamar mandi jadi sering bambet.


Tapi jika dalam perjalanan jauh, saya suka dan sering beli shampo sachet. Ya lebih praktis dan hemat pastinya. Tidak ribet pula. Perjalanan jauh? Iya, semisal saat mudik lebaran atau mungkin lagi wisata gitu. Shampoo sachet kan sekali pakai. Dua kali kali ucek-ucek rambut, buang dah. Tak perlu dibawa pulang lagi. Tu enaknya jika shampoo kemasan sachet.

Seperti yang saya bilang sebelumnya. Kalau di rumah, saya lebih suka menggunakan produk shampoo kemasan botol. Beli kemasan botol yang ukuran sedang saja. Kalau yang ukuran gede, wah terasa banget anggarannya. Kalau beli yang ukuran kecil, cepat abisnya. Jadi malas bolak-balik belinya. Ukuran sedang, tapi tiga botol kemasan shampoo dengan merek yang berbeda. Shampoo merek apa saja? Ah malas nyebutin, takut dikira promosi.



Tadi ngomong malas-bolak-balik belinya, emang kenapa? Di warung biasanya jarang banget yang menyediakan shampoo kemasan botol. Di sekitar tempat saya saja, hampir tak ada warung yang menjual shampoo botol. Alasannya, harga mahal dan jarang yang beli. Sehingga barang dagangannya terlalu lama ngedem, alias tidak laku-laku. Saya biasanya beli shampoo kemasan botol di minimarket atau agen yang agak gedhe.

Yang menjadi keprihatinan saya. Wow ngomongnya terlalu tinggi nih, pakai bahasa atau kata keprihatin segala. Emang kenapa kok prihatin? Makanya kalau saya lagi ngomong jangan dipotong, bikin darah naik saja. Bikin tensi darah tinggi. Sudah cuaca panas, eh dibikin emosi. Rasanya ingin nimpuk batu saja. Jadi orang itu sing sabar, jangan mudah tersinggung. Terlalu sensi juga tak bagus bagi kesehatan rambut. Mudah rontok!

Dilanjut ah ngomongnya. Saya perhatikan, semua shampoo kemasan botol yang beredar hampir tidak ada segelnya. Kenapa pabrik sampo engan atau tidak mau memberikan segel? Demi menghemat biaya produksi atau gimana ya? Ah apa susahnya seh memberikan segel pada botol sampo! Semua itu demi keamanan konsumen juga. Untuk memastikan bawah botol sampo yang mereka beli itu benar-benar baru. Bukan shampoo isi ulang atau shampoo palsu. Ah untuk era sekarang, apa seh yang tidak mudah dipalsukan?

Berita Terkait

7 komentar:

  1. Kebetulan saya juga salah satu konsumen sampo, ya rata"model tutupnya seperti itu, model flip top ,ada juga yg model pump..kalau yg di gelar"dengan harga murah banget takutnya..maaf🙏 itu palsu, oknum memanfaatkan botol bekas tapi isinya gak jelas.

    BalasHapus
  2. mungkin klo ada segelnya nanti tidak bisa dicium bau wanginya, dan tentu saja modalnya naiik,,, hehehehe

    BalasHapus
  3. klo aku suka yang sekalian botol gede mas, yang pencet pencet dan mash segel beli di supermarket aja soale klo di minimarket lebih mahal dari supermarket...favoritku itu head n shoulders rasa mentol biar seger semriwing dan kadang emeron yg pink gitu...tergantung cuaca...tapi rambutku sih dah gennya tebel dari ortu jadi jarang rontok..yg penting shampoonya ga setiap hari

    BalasHapus
  4. mungkin sebab cost, mas. biasa laa kan... pengusaha besar, sebelum buat sesuatu mereka fikir cost. kalau menguntungkan mereka mungkin ini tidak jadi masalah buat mereka.

    jarang saya travel bawa syampu dari rumah. guna yang hotel punya sahaja. hehehe

    BalasHapus
  5. kalo aku malah suka beli yang sachet, biasanya belinya yang rentengan :D, ya gatau pastinya punya alasan tersendiri kenapa shampo botol ga di kasih segel,

    BalasHapus
  6. Benar juga ya. Sekarang baru ngeh kalau shampo botol tuh tidak pakai segel. Mungkin demi penghematan, ananda.

    BalasHapus
  7. Hahahahahha aku selalu sukaaaa kalo mas Djangkaru udh ngomel 🤣🤣🤣🤣. Teruskan mas. Ini kayak sedang ngobrol hadap2an 😅😂.

    Btw, ga beranj aku beli toiletries dari orang yg jualan di luar giti mas, apalagi kalo murah banget. Bener kata mba Heni, palsu kayaknya.

    Makanya aku tuh selalu ngerusak botol shampo, sabun, skincare sebelum dibuang. Supaya ga bisa disalahgunain.

    Rasanya memang Krn cost sih. Shampo yg aku pakai kebetulan model pump, jadi udh pasti disegel setiap kali beli. Kalo shampo yg di foto itu, aku ga ada yg cocok. Sensi bgt memang kulit kepalaku

    BalasHapus

 
Back To Top