Uang Kertas Emisi 2022 Bikin Masyarakat Terkecoh dan Tertipu, Tarik dari Peredaran Saja!

Hidup jadi orang miskin itu tidaklah enak lo. Apalagi miskinnya sampai seumur hidup, benar-benar nelangsa. Derajat orang miskin itu ya lumayan rendah di mata orang. Misalkan, orang miskin bertamu ke teman yang lumayan kaya, pasti tuan rumah akan mengira, si miskin ini mau cari pinjaman hahaha. Atau orang yang kaya jika bertamu ke orang miskin, pasti juga jadi omongan. Rumahnya jelek, tak punya perabotan, pakainnya juga cumpang-camping, menjadi gunjingan. Pokoknya serba salah, jadi orang miskin itu. Perkataan yang benar, tetap tak akan digubris.

Walau sebenarnya orang miskin itu banyak faktor dan penyebabnya. Ada yang sudah takdirnya miskin, dah jika bicara soal takdir memang  sedikit sulit ya. Dan takdir bisa diketahui setelah kematian tersebut, itu kata teman saya. Ada pula orang itu miskin disebabkan karena faktor keturunan, orang tuanya miskin, anaknya untuk menjadi kaya, ya sedikit sulit. Seandainya kaya, ya paling levelnya  diatas rata-rata, tak kaya betulan. Ada pula kemiskinan itu disebabkan faktor luar, yaitu orang-orang disekitarnya , termasuk pemerintah tidak memberikan dukungan dan tidak memberikan akses, entah itu skil, pendidikan, lowongan pekerjaan, infrastutur, pemasaran, pemodalan dan pajak yang terlalu tinggi. Ada juga faktor kemiskinan itu dari dalam, orangnya malas kerja. Nah kalau sudah malas kerja ini yang bikin repot orang lain. Bahkan negara juga ikut dirugikan dengan orang-orang malas ini. Nah, kira-kira saya termasuk dalam faktor mana ya, masih dalam raba-raba, hehehe.

Kalimat pembuka saya, nyelekit banget ya? Hahaha. Jangan tersingung, ini sekedar obrolan warung kopi. Tidak ada niat mengurui atau menyindir siapapun. Itu kata pembuka buar saya pribadi. Daripada saya simpan di hati atau dipikiran, kan lebih baik dilampiaskan atau diluaplan. Biar Tidak menjadi penyakit bisul. Kalau sudah kena penyakit, yang rugikan diri sendiri. Sehat saja cari duit, begitu sulitnya. Apalagi badan sakit, aduh lebih payah lagi. Sedankan cari duit, dapat hari ini, buat makan hari kemarin. hahaha.

Ngomongin soal duit memang asek dan menyenangkan. Jika kita pegang duit, separuh dari kehidupan itu terasa sudah tergapai. Pengen apa saja, jadi lebih mudah. Pengen sedekah, tinggal ambil dompet. Pengen makan enak, tinggal pakai kode Qris. Belanja di mal, tinggal gesek ATM. Naik angkutan online (ojol), bisa pakai ewalet. Bandingkan jika tak punya duit, hanya bisa duduk di dalam kamar, plus ngelamun pula.


Eh eh eh soal duit emisi atau terbitan tahun 2022 ada hal menarik. Dan layak untuk dikaji atau dipertimbankan pula nih. Jadi ingat uang kertas emisi sebelumnya yaitu uang kertas nominal 10 ribu dan 100 ribu yang memiliki warna yang hampir mirip. Banyak pedagang yang tertipu dengan uang kertas tersebut. Uang 10 ribu dikira uang 100ribu. Ada lo jual yang mengalami kerugian pengembalian. Bukannya untung, eh justru rugi yang didapat. Dan anehnya, pembelinya juga diam saja, tidak ngomong kelebihan dalam pengembalian.

Untuk kali ini, banyak masyarakat yang terkecoh dengan uang kertas 2 ribu dengan 50 ribu dan yang kertas 5 ribu dengan 100 ribu. Kalau posisi uang kertas dibentangkan, kemungkinan bisa tahu perbedaannya. Tapi jika uang kertas tersebut dilipat separuh, hampir mirip sekali. Dari segi warna sedikit menyerupai. Sudah banyak juga lo, pedagang yang tertipu dengan uang kertas emisi 2022 ini.


Tidak hanya dari segri warna, tapi juga soal ukuran uang kertas yang berbeda. Pastinya uang kertas ini akan terselip saat disusun bareng. Uang kertas nominal terkecil, ngumpet. Aduh, mungin maksud Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) selaku pencetak uang niatnya baik. Ingin ada perubahan desain warna dan bentuk/ukuran uang kertas. Yang katanya uang kertas terbaru ini, sulit dipalsukan. Tapi kenyataannya, justru masyarat sering terkecok dengan uang kertas yang saya sebutkan diatas.

Ayo lah diperbarui lagi, kan kasihan pedagang. Apalagi pedagang malam, sering dirugikan jika lampu penerangan lapaknya remang-remang. Belum lama ini, ada pembeli yang ngotot jika uang kertasnya 100 ribu, untung saja itu penjual belum memasukan ke laci. Uang kertasnya ditunjukan ke pembeli dan dibentangkan. Baru pembeli percaya jika uangnya 5 ribu rupiah.

Kalau saya punya pengalaman saat punya uang kertas 75 ribu. Saya pergunakan belanja, banyak warung yang menolaknya. Kan itu uang asli, kenapa pemilik warung enggan menerimanya? Katanya dia juga ditolak saat belanja di agen. Akhirnya saya kasih ke seniman jalanan, buat saweran hahaha. Kayaknya uang kertas 75 ribu sudah ditarik dari peredaran ya? Sebab kini sulit sekali menemuai orang kertas nominal 75 ribu. Apakah uang kertas emisi 2022 nominal 2 ribu, 5 ribu, 50 ribu dan 100 ribu akan ditarik dari peredaran juga? Saya sih berharap seperti itu!

Berita Terkait

18 komentar:

  1. Iya mas..lagian ukuran uangnya makin kecil jadi kayak uang mainan aja...memang yg uang 2 ribu dan 50 RB kalo ga di perhatikan dalam keadaan terlipat suka salah liat...bisa"rugi kalau ga teliti

    BalasHapus
  2. Aku malah baru sadar ada uang emisi baru saat berbelanja, awalnya kupikir duit monopoli yang keselip hahaha, maafkan. Ini saking ga updatenya. Sekarang memang harus serba hati hati saat nyodoring uang kertas, harus diperiksa angka dan jumlah nolnya biar pas saat membeli atau menjual sesuatu.

    BalasHapus
  3. tapi aku suka dengan design emisi kali ini

    BalasHapus
  4. Bener banget, ngecoh warnanya tuh. Kemarin ajatetangga aku ada yg salah, uang 2000 dkira 50K
    Aku pun gitu, suami ada duit 2K aku pikir dia punya 50K kwkwkw warnanya smak.
    Sekilas gak bsa dibedakan, kayak yg 100K dan 5K

    Wkkwkw aku ngalamin uang 75 dtolak. Dan skrang emang susah nemuin, ya mungkn emang dh ditarik. Habisnya macem uang mainan sh

    BalasHapus
  5. He he .... Tadi pagi bunda punya pengalaman lucu. Berangkat ke musala untuk salat subuh, bawa uang 110 rb. selembar duit seratus tambah sepuluh ribu. Mau bayar utang beli madu ke teman sesama jamaah. Usai salam, ditengok duit dikantong gamis ternyata selembar lima ribuan tambah 10 ribu. Ha ha .... Untung gak dikasih di jalanan yang masih gelap sambil maraton. Duit 5 ribu mirip 100 ribu.


    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata mengalami juga ya :D

      Hapus
    2. Hahaha ya ampun Bunda, mau sedih tapi lucu juga๐Ÿ˜‚aku juga sering kena prank uang 2000-an kwkwkw
      Eh bunda malah lebih prah๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    3. Sepertinya kebanyakan orng ngalamin om kwkwkw

      Hapus
  6. Waduh, kasihan banget ya mas pedangangnya kalau gitu, padahal cari rejeki itu susah. Mana pembelinya juga ngeyel. Saya alhamdulillah belum pernah mengalami kejadian begitu, soalnya disini uang baru masih jarang

    BalasHapus
  7. Ya guru gampang terkecoh

    BalasHapus
  8. setuju banget sih kalo uang baru 2022 di tarik dari peredaran, kesanya kayak uang mainan, dan bentuknya juga lebih kecil :D

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sahabat 1 ini masih aktif blogging... btw kirim aja uang nya ke saya hehee

    BalasHapus
  10. Sejauh ini belum ngalamin terkecoh sih dengan uang emisi baru, asalkan teliti sebelum bertransaksi.

    BalasHapus
  11. The currency is an important topic nowadays

    BalasHapus
  12. emang yang baru gini bikin bingung

    BalasHapus
  13. Yang ngeselin itu uang 2000, mirip dengan 50.000.

    Di kantong ada uang warna biru, aku girang mau ke warung beli jajanan. Eh pas diambil ternyata 2.000.๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  14. Mengapa tidak menggunakan transaksi digital...tak perlu bawa uang tunai setiap hati

    BalasHapus
  15. Aku udh jarang pegang cash mas ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Ga terlalu inget malah duit skr bntuknya gimana hahahahah. Udh pake digital kemana2 . Tapi pernah sih hampiiir keliru pas liat 2rb Ama 50rb an..memang sepintas mirip.

    Aku setuju sih kalo ntr dibikin yg baru lagi, semuanya bedain deh warnanya. Jgn ada yg mirip2. Kalo bisa ngejreng semua. Tapi beda wrna nya kliatan jelas.

    BalasHapus

 
Back To Top