Tanpa Pakai Drama! Cara mengaktifkan Semua Port LAN Modem Indihome dengan Mudah

Port LAN Modem Indihome

Semangat menulis lagi. Masih seputar Modem Indihome. Membuat artikel berita yang tidak terlalu menguras pikiran saja. Biar suasana hati tetap terjaga keceriaannya. Kalau terbawa suasana berita politik terkini, pastinya hati tambah nelangsa. Nanti yang ada pastinya keluh-kesah dan umpatan. Kadang sempat heran, negara dalam situasi wabah yang akut gini. Eh tega-teganyak korupsi dana bansos. Pantas saja, bansos yang sampai ke tingkat bawah, nominalnya hanya sendulit.

Rakyat dalam keadaan hidup dan mati. Hampir setahun tapi belum ada kepastian pandemi ini kapan berakhir. Yang ada mah perpanjang terus PSBB. Sedangkan rakyat begitu pusing, memikirkan bagaimana perut ini terus terisi, sedangkan tidak punya pekerjaan. Seandainya kerja, juga anjlok pendapatan. Katanya disuruh kerja dirumah, tapi bingung pula apa yang dikerjakan. Eh eh, dapat beras paling hanya cukup dimakan sehari. Itu pun datangnya bansos sebulan sekali belum tentu.

Eh katanya tidak mau ngomongin berita terkini. Nah itu yang diatas, bahas apa? Iya ya, kenapa saya kok jadi baper. Lah gimana lagi tak terbawa suasana, rakyat yang hampir mati dan hanya bisa mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah, eh kenyataanya? Emang, kalau urusan duit serba ribet. Godaannya banyak. "Jangan jadi orang sukses, tapi jadilah orang bernilai" Slogan dari yang ono. Nah untuk jadi orang bernilai ini, untuk saat ini ukurannya uang.

Port LAN Modem Indihome

Dah ah, nanti jadi tidak karu-karuan. Saya mau bercerita pengalaman pribadi saja. Pengalaman mengaktifkan port LAN modem Indihome. Lubang socket LAN Indihome, kalau saya menyebutnya. Ya karena memang bentuknya lubang, yang nanti untuk mencolokan kabel LAN. Kalau bawaan modem dari Indihome, port LAN yang aktif hanya satu, dari empat port LAN. Itu pun kita tak tahu mana yang aktif. Jadi saat ingin memasang kabel LAN ke Komputer harus mencoba satu persatu untuk mengetahui yang aktif.

Awal saya belum tahu cara mengaktifkan semua port LAN Indihome sempat bingung juga. Sudah beli kabel LAN ukuran 25 meter, untuk internet komputer ponakan. Eh sampai pusing, dicoba satu demi satu tak hidup itu internetnya. Saya pun nyerah dan menduga kabel LAN yang bermasalah. Terpaksa hanya mengandalan wifi. Sebenarnya bagus pakai kabel LAN, karena sinyal internet lebih stabil.

Port LAN Modem Indihome

Saya sempat menghubungi Customet Indihome via Twitter. Saya mengeluhkan permasalahan tersebut, bagaimana cara mengaktifkan semua lubang atau socket LAN itu. Eh jawabannya"Apa perlu saya datangkan teknisi kerumah?". Saya jawab."Lain waktu saja". Lagian juga tidak penting banget. Dah biarin saja cukup satu yang hidup atau yang aktif.

Akhirnya tanpa sengaja saya pun tahu cara mengaktifkan semua port LAN modem indihome tersebut. Saat ganti pasword username:admin. Iya kemarin ganti password gara-gara wifi di rumah kebobolan. Saya sudah mengeluhkan wifi kebobol hampir setahun. Kenapa wifi dirumah sangat royal sekali, baru tingga minggu sudah dapat pesan SMS dari Indohome yang mengabarkan internet saya mengalami pelambatan, karena sudah mencapai batas FUP (Fair Usage Policy).

Port LAN Modem Indihome

Untuk menghidupkan port LAN tersebut, saat sobat login di Menu Indihome, pada kolom username, masukan kata admin. Paswordnya boleh anda coba, admin atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e. Untuk kepastiannya, saat pemasangan awal Indihome, jangan lupa tanyakan kepada teknisinya. Biasanya seh, teknisi hanya memberitahu username:user, yang paswordnya: user1234. Sedangkan kenyataanya, kita bisa login juga menggunakan username:admin.

Akses Root Modem Indihome:

username: admin

Pasword: admin atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e (silakan coba mana yang cocok untuk login)

Setelah sobat bisa login, pilih tools Network, tekan BroadBand Setting dan pilih Internet Setting. Pada bagian LAN Binding, silahkan cek list atau beri tanda centang semuanya. Jika sudah selesai, pilih tombol Apply. Untuk kebih jelasnya bisa sobat lihat gambarnya.

Bagaimana, mudah dan tanpa pakai drama bukan? Iya seh mudah. Tapi itu kata pembukanya yang kepanjangan. Tutorial yang semudah itu saja, pakai kalimat yang bertele-tele. Emangnya baca artikel tidak pakai kuota apa? Iya deh, maaf, gitu saja kok marah.

Pada intinya saat sobat login dengan username: admin akan lebih mengetahu jeroan modem indihome, daripada login dengan username:user. Sobat tidak hanya bisa mengatur atau mengaktifkan port LAN, tapi juga bisa mengatur jarak wifi yang diinginkan. Jika suatu saat ingin mengaktifkan modem bekas indohme menjadi acces point juga lewat login itu. Pada kesempatan lain, saya akan membahasnya. Cukup sekian, salam ngeblog!

Related Posts

23 komentar:

  1. Dulu sekali pernah berurusan dengan beginian.. Yah waktu masih di Surabaya. Sekarang mungkin 2 bulan sekali lihat modem, hehehee

    BalasHapus
  2. Teşekkürler paylaşım için 😊

    BalasHapus
  3. Gracias por la información. Te mando un beso

    BalasHapus
  4. jadi kepengen punya indihome euy, duh belum punya modal buat langganan

    BalasHapus
  5. Oohh begitu toh...Ternyata tidak seribet yang dikira yaa mas.😊😊

    Thanks mas Info menariknya bisa saya coba praktekan nanti dirumah..😊👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jiwanya penuh penasaran suka otak atik sendiri lama lama juga ketemu haha

      Hapus
  6. haha ajib bener, jadi orang bernilai = uang.

    Sedih ya mas, rakyat udah sengsara masih dirampok juga

    BalasHapus
  7. Ternyataa tidak terlalu ribet ya mas. Nice info, walopun aku ga pasang wifi di rumah, masih pake hotspot dari hp hehee
    kemudian, akujg fokus ke tampilan windowsnya... Itu windows 7 yaa kalo ga salah? udah lama ga lihat :D

    BalasHapus
  8. pada jaman dahulu kala, dikampus aku belajarnya kaya beginian nih om, bongkar pasang jaringan, hafal semua prot LAN, sampe jumlah dan warna kabel di dlm RJ itu dan dulu aku suka banget, begitu lulus kuliah, bhay! lupa semua. hahahha

    BalasHapus
  9. ilmu daging nih, mudah-mudahan ke depan bisa bermanfaat untuk saya

    BalasHapus
  10. Oh begitu ya caranya mas Djangkaru. Tidak terlalu ribet tapi bagi yang belum tahu pasti pusing setengah mati.

    Nanti kalo sudah pasang Indihome coba kesini lagi kalo perlu mengaktifkan semua port LAN, untuk sementara masih pakai paket internet ketengan saja, 25 ribu dapat 5 GB sebulan.

    BalasHapus
  11. beberapa waktu lalu kami hampir pasang indihome. cuma katanya rumah kami kejauhan dari 'tiang' i dont know, nggak ngerti maksudnya. kira kira ada gak ya mas provider wifi lain selain indihome tanpa harus ribet tiang tiang segala huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih bonus awal biar dicarikan yang kosong

      Hapus
  12. tetep ya pembukaannya ciri khas mas bumi xixixi

    oh bgini ya caranya...oke taksimpan dulu..biar kata ku pake merek sebelah tapi siapa tahu ku kelak berpaling pada indihome hahha

    BalasHapus
  13. Caranya liat gambar aja sebenernya ya mas.

    BalasHapus
  14. Temannya ganti kayanya nih

    BalasHapus
  15. saya sudah ngaktifin 4 lan di modem saya
    kalau di tempat saya kudu masuk di support user untuk masuk menu advancenya setting2 ini
    lumayan 4 port, satu untuk stb, satu untuk cctv, dua yang kosong kadang disambungin langsung ke smart tv biar koneksi tv lebih kenceng

    BalasHapus
  16. masih mencari dramanya di artikel ini, tapi emang tanpa drama. wkwk

    BalasHapus
  17. saya simpen dulu bang
    biasanya kalau maslaah drama perkabelan indihome aku langsung panggil teknisinya
    maklum engga begitu paham huhu

    BalasHapus
  18. emang ada yang pakai drama bang sering banyak hal harus dilakuin tapi nggak kelar juga masalah ini

    BalasHapus
  19. Syukurnya bisa diselesaikan tanpa drama ya Mas.
    Saya belum pake indihome sih, tapi saya simpen dulu, mana tau ntar make indihome.

    BalasHapus
  20. saya juga geram mas dengan peristiwa korupsi dana bansos kok tega-teganya ya ampun. lebih baik berbagi ilmu dan pengalaman saja di blog meski hasilnya jg tidak sebanyak uang korupsi hehe

    BalasHapus

 
Back To Top