Channel Youtube Berburu Hantu Lagi Naik Daun, Apakah Hantunya Asli?


Sekarang lagi tren youtuber bertema Hantu. Berburu Hantu. Benar-benar lagi hits. Dan saya amati, setiap channel YouTube bertema makhluk halus, eh subcribernya meledak, bahkan ada yang mencapai ratusan ribu subscribe. Mantap betul, alias mantul. Saya pun dibuatnya tercengang. Ternyata, penggemar makhluk askal setiap jaman selalu ada. Setia pula. Dan ternyata juga, penggemarnya ada yang begitu fanatik. Tak kalah uniknya, sang pemilik channel mengaku dan merasa menjadi pablik figur.

Jadi jangan heran jika penggemar fanatik channel si A akan menyerang channel si B.  Sedikit ada gesekan atau kesalahpahaman, seru banget hasilnya. Dikolom komentarnya adu panas. Kalau bahasa gaulnya, si Hater. Mirip politikus papan atau kalau lagi berdebat.

Saya pun pernah dimintain pendapat seorang teman. Apakah hantu-hantu di channel ala pemburu hantu itu nyata atau setingan. Kalau channel YouTubenya katagori hiburan sebenarnya tak perlu dipikirkan secara rumit. Kan hiburan. Intinya ya menghibur. Jadi kalau itu hantunya settingan, ya sah-sah saja.

Orang bermain YouTube atau menjadi youtuber awal niatnya kan ingin menyajikan hiburan (entah itu untuk menghibur diri sendiri atau orang lain) sekaligus berburu dolar. Mengejar viewer sekaligus subscriber. Maka jangan heran, jika judulnya dibuat boombastis untuk merangsang orang agar menontonnya. Jadi tak perlu marah, kalau ada judul tak sesuai dengan kenyataan video.

Saya pun tak menjawab pertanyaan teman tadi. Hanya saya suruh untuk terus mengamati saja. Kalau channel YouTube yang dikerjakan secara tim, biasanya akan ada keretakan saat channel-nya menghasilkan dolar. Tidak puas dengan pembagian hasil. Dan akhirnya akan membuka rahasia. Terus pecah kongsi.

Belum lagi kini sudah ada pakar-pakar IT memberikan tutorial cara membuat hantu settingan. Bahkan dengan perangkat sederhana, semisal dengan aplikasi Kinimaster pun bisa untuk mengedit video hantu settingan. Semua itu tak ubahnya mirip trik sulap. 

Jadi soal percaya dan tidak percaya kembali ke individu penontonnya saja. Semua itu kan sekedar hiburan belaka. Dulu orang juga mengira pesulap-pesulap yang sering nongol di televisi dikiranya menggunakan bantuan jin. Dengan perkembangan waktu, trik-trik pesulap tersebut ada yang membongkarnya juga. Gimana, pusingkan baca artikel saya?

Related Posts

11 komentar:

  1. Kalau dalam pandangan saya sih dikembalikan kepada Allah SWT. Namun dari sisi Teknologi, semua bisa saja terjadi. Fake atau Setinggan sekaRang sudah banyak editing Video dengan teknologi yang semakin canggih Untuk hiburan saja.

    BalasHapus
  2. Setuju mas, nikmati aja videonya selagi bisa menghibur.

    BalasHapus
  3. Ngga pusing kang Djangkaru, malah banyak manfaatnya. Kalo aku sih udah tahu kalo rata rata channel berburu hantu itu, hantunya hasil dari edit video, dan seperti kata kang Djangkaru itu sah sah saja kalo buat hiburan.😄

    BalasHapus
  4. Meski mungkin setingn selama masih da penggemarnya jln terus.
    Cuman bener kalo uudah ada yg buka rahasia. Emmm

    BalasHapus
  5. Kalau untuk saya pribadi sih tergantung penontonnya juga mas. Kalau yg percaya akan adanya hantu pasti akan percaya kalau itu real. Tpi kalau yg mungkin tdk percaya ya mungkin akan menganggap itu settingan. Seperti video Alien atau video Ufo. Semuanya kita serahkan kepada audien nya masing2 hehehe

    BalasHapus
  6. Kasian hantu jaman sekarang, dibikin prank hanya buat ngejar viewer sama subscriber. Sudah tidak ada lagi harga dirinya jadi hantu :)

    BalasHapus
  7. Entah kenapa saya nggak tertarik buat nonton kanal-kanal misteri itu, Mas. Lebih senang lihat alip_ba_ta atau kanal-kanal tutorial restorasi barang-barang lawas. :D

    BalasHapus
  8. Udah ga minat nonton mas, pada settingan..

    BalasHapus
  9. kalau saya mah balik ke penilaian masing2, namanya dunia digital bisa jadi editan bisa juga y memang asli, karena jauh sebelum rame cenel2 pemburu hantu ramai kurleb 5 tahun lalu bos saya yang kebetulan pakar supranatural pernah cerita kalau hantu itu sebenarnya bisa dinampakkan secara nyata alias bisa dikunci beberapa saat tidak boleh kelamaan karena katanya kasihan sihantunya apalagi kalau disorot cahaya, sihantu gak kuat. katanyasih gt ntah bener apa gak.

    BalasHapus
  10. Saya dari dulu ga pernah suka channel yang ada hantu-hantunya. Sukanya channel masak. Walopun akhirnya saya tetep gak praktekin, wkwkwk

    BalasHapus
  11. horor jaman sekarang jadi hiburan, kemarin ngantar anak wahana horor yang nonton remaja usia SD SMP Ramai banget

    BalasHapus

 
Back To Top