5 Langkah Mudah Mengatasi Nyeri Datang Bulan Secara Alami

Dengan memiliki kalender menstruasi dan kehamilan nantinya akan mempermudah Anda dalam memantau apakah haid yang selama ini dialami sudah normal ataukah belum, mengingat cukup riskan ketika haid tidak normal karena bisa jadi disebabkan oleh penyakit-penyakit berbahaya atau mungkin juga memicu terjadinya masalah kesuburan pada wanita. Haid ini adalah kondisi yang normal terjadi pada wanita di masa-masa produktif mereka sebagai salah satu tanda bahwa mereka subur.

kalender menstruasi dan kehamilan
Image: menstruasi.com
Mengetahui siklus haid ini juga penting bagi yang tengah memiliki program untuk memiliki momongan, karena dari sini dapat dilihat kapan masa subur dan juga tidak, waktu terbaik untuk berhubungan suami istri agar bisa hamil. Beberapa diantara Anda mungkin kerap kali mengalami kondisi yang tidak menyenangkan saat menstruasi, seperti diantaranya adalah munculnya rasa nyeri, hanya saja nyeri ini sendiri ada yang bisa dikatakan masih normal dan juga tidak, jika seandainya berlebihan. Adapun beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri saat haid tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, diantaranya adalah:
  1. Olahraga ringan, lakukan olahraga yang ringan untuk membantu melancarkan peredaran darah selama datang bulan, sehingga jangan hanya bermalas-malasan. Hal ini membantu untuk mengurangi efek dari hormon prostagladin.
  2. Kompres area perut, kompres dengan menggunakan air hangat, sangat efektif di dalam melemaskan otot-otot bagian rahim yang tegang, sehingga rasa nyeri juga akan berkurang.
  3. Konsumsi teh chamomile, teh ini mengandung senyawa hippurate yang bagus untuk mengurangi terjadinya peradangan.
  4. Akupuntur, beberapa teknik akupuntur atau pengobatan tradisional khas Tiongkok ini juga dikenal membantu mengurangi rasa nyeri saat datang bulan, namun percayakan akupuntur di tempat yang tepat.
  5. Menjaga pola makan, hindari beberapa jenis makanan dan minuman tertentu seperti yang banyak mengandung lemak, gula dan garam berlebih.
Jika memang tidak kunjung hilang, Anda bisa mengonsumsi obat nyeri haid yang dijual di pasaran. Biasakan juga menggunakan pembalut yang aman seperti Laurier saat datang bulan, ini penting untuk cegah resiko penyakit berbahaya dalam jangka waktu panjang. Semoga bisa bermanfaat.

Related Posts

7 komentar:

  1. wah kakak ku mesti pake ini nih kayaknya

    BalasHapus
  2. yang para wanita bisa merujuk ke sini nih ahaha.

    BalasHapus
  3. Oh very itneresting blogxx

    BalasHapus
  4. kena banyak minum air suam tapi kalau dahsakit sangat, pergi jumpa doktor terus

    BalasHapus
  5. ia bang cuma kalu yang nyeri karena kista atau miom harus periksa ke dokter secepatnya

    BalasHapus
  6. Bikin juga dong mas cara mengatasi nyeri datang bulan untuk cowok... wkwk

    BalasHapus
  7. Saya dulu sering banget sakit perut hebat saat menstrusi.
    Tapi dulu sih sebelum nikah.

    Itu akitnya beneran bikin salah tingkah, kalah-kalah deh salah tingkah saat kita jatuh cinta *eh

    Yang saya lakukan cuman nomor 2 dan 3, tapi tehnya teh biasa sih hahaha

    BalasHapus

 
Back To Top