Langsung Ujian Setelah Libur Lebaran, Kasihan!

Siswa Sekolah Dasar

Setelah libur lebaran, siswa SD langsung ujian. Wah sungguh terlalu. Berat sekali tantanganya. Lelah dari mudik belumlah hilang. Arus balik yang begitu macetnya, menguras tenaga. Pertama masuk sekolah, langsung ujian. Akankah konsentrasi bisa sepenuhnya sempurna? Tapi bagaimana lagi, itu sudah menjadi kewajibannya. Mau tidak mau ya harus tetap ikut ujian.

Pantas saja, ada orang tua yang tidak mudik dengan alasan demi menjaga stamina anaknya. Ya itu, setelah libur lebaran anaknya langsung ujian. Ya, kalau mudiknya bisa tepat waktu datangnya. Kalau telat akibat kena macet di jalan? Bisa berabe pastinya. "Tidak tega", kata orang tua.

Untung saja, mata pelajaran ujian dihari pertama tidak begitu berat. Yaitu mata pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia. Mata pelajaran yang tidak begitu menguras pikiran. Entenglah. Tapi besoknya dihari kedua, baru deh yang tersulit, Matematika gitu lo.

Kenapa ujian siswa Sekolah Dasar ini bisa begitu memet ya? Apakah tidak bisa dimajuin sebelum idul fitri, ya setidaknya diberi jarak setelah liburan lebaran gitulah. Apa perlu idul fitrinya yang diundur? Kan tidak lucu kan?

Ini sebenarnya sekedar keluh kesah saja. Mewakili keresahan wali murid. Sebuah ratapan yang tidak berdaya. Hanya bisa mengadu pada rembulan. Itu pun jika rembulan tidak tertutup mega. Ingin mengadu pada sang surya. Tidaklah kuat dengan panasnya. Yang ada justru menambah gelisah.

Ya semoga saja siswa SD tetap bisa mengikuti ujian dengan lancar. Tidak ada halangan. Bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan benar. Dan dengan harapan pula mendapatkan nila yang sempurna. Terus semangat, demi sebuah cita-cita dan harapan masa depan. Terus belajar!

Related Posts

15 komentar:

  1. waduh habis senang langsung berpikir keras

    BalasHapus
  2. Lho kok, kalau di twmpat saya habis libur lebaaran ttus terima raport

    BalasHapus
  3. Dalam hati mereka berkata "Mana gw belum belajar tadi malam?" tapi yah sudah sih yah, belajar semalaman dulu lah, yang penting hidup senang pas liburan itu yang paling dibutuhkan anak2 dijama gadget yang gak karu - karuan ini hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nak-anak pasti pada SKS tuh mas beljarnya ,..sistem kebut semalam

      Hapus
  4. Sering ane ngalamin kayak gini. Ya, gapapa, orang gue SMA. Kalo SD, gue rasa keterlaluan.

    BalasHapus
  5. Kasihan anak anak, belum sempet menghapal, baru beres liburan langsung ujian...pasti mumet

    BalasHapus
  6. blog yg ini blm ada ikannya yah

    BalasHapus
  7. mungkin anak-anak diajarkan untu lebih giat belajar lagi ya,.jangan malas-malasan dan harus tetap semangat biar indonesia maju,...

    BalasHapus
  8. Kalo di tempat kami, ujiannya udah kemaren sebelum libur. Sekarang masuk untuk nunggu nerima raport aja

    BalasHapus
  9. di sini anak2 sudah hadapi ujian ketika bulan ramadan. kiranya 2 kali 'ujian' ;-)

    BalasHapus
  10. anak kuliahan di unair juga gitu mas :D

    BalasHapus
  11. kl di tempatku ujian pas lagi bulan ramadan, setelah idulfitri anak2 tinggal nunggu pembagian rapor

    BalasHapus
  12. Untungnya anak saya udah selesai ujian, cuman tetap masuk Senin besok buat remidi, dan syukurlah anak saya cuman remidi 1 kali, jadi mamaknya aman wakakaka

    Kalau saya mah, mamaknya yang rempong dan kasian, bukan anaknya.
    Anak saya mau ujian kek enggak kek, santai dia mah, mamaknya yang deg-degan selalu.
    Bukannya apa-apa, saya malu kalau ditegur ustadzahnya, semacam saya mamak malas gak ngajarin anak huhuhu

    BalasHapus
  13. Anakku yang kelas 5 SD di sekolah swasta sih enak lapang dada dan ongkang2 kaki soalnya udah ujian semesteran sebelum lebaran. Tinggal si sulung nih kelas 8 di MTS ga berkutik lagi ujian nih :) Doain ya, om Djangkaru, biar dilancarkan semua, nilai2 memuaskan aamiin.

    BalasHapus

 
Back To Top