Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Inilah Tipsnya!

Pos Siaga Mudik

Arus mudik mulai tampak padat. Lebaran tinggal menghitung hari lagi. Perusahaan sudah mulai meliburkan karyawannya. Ya, mudik. Pulang kampung ke halamannya. Sebutan mudik untuk atau bagi orang yang merantau.  Khusus yang bekerja jauh dari tempat kelahirannya. Mudik sudah menjadi tradisi kuno. Pulang menengok tanah leluhur. Demi silaturahmi dengan keluarga, saudara, sanak-famili, maupun tetangga.

Hari raya lebaran adalah moment paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Disitulah saudara yang berpencar jauh bisa bertemu kembali. Orang rela berbondong-bondong untuk pulang. Tradisi yang unik. Selain sebagai tempat untuk bersilaturahmi, sekaligus untuk bermaaf-maafan.

Saya ingin berbagi tips mudik yang aman dan nyaman. Agar bisa selamat diperjalanan. Dan sampai ketujuan sesuai dengan harapan. Silakan disimak dibawah ini:
  • Yang Perama, pastikan bahwa Anda punya kampung halaman
  • Hal yang sangat penting, jangan nanti ikut mudik tapi tidak punya tujuan yang jelas. Yang ada nanti justru muter-muter tanpa arah.
  • Persiapkan uang yang cukup
  • Yang namanya mudik, pasti memerlukan biaya. Entah dari biaya untuk beli tiket transpotasi maupun untuk keperluan diperjalanan, semisal makan, maupun bayar toilet.
  • Bawa Baju alakadarnya saja
  • Jangan terlalu banyak membawa baju/pakain. Di kampung paling hanya dalam hitungan hari. Sebab jika terlalu banyak membawa baju, nanti dikiranya jualan.
  • Bawa barang yang dirasa penting dan perlu saja
  • Jangan sampai nanti dikira orang mau pindahan. Dan ingat, jangan bawa kenangan masa lalu. Entar jadi baper diperjalanan.
  • Pastikan stamina tubuh benar-benar fit dan bertenaga
  • Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, hal ini sangat penting. Kondisi tubuh harus terjaga. Jika dirasa kurang bergairah, saya sarankan naik transportasi umum saja. Jika badan tidak memungkinkan karena lagi sakit, tidak perlu mudik. Jangan memaksakan diri.
  • Cek fisik kendaraan
  • Tips ini bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Entah itu roda dua maupun roda empat. Kendaraan harus dicek dan dikontrol. Semisal rem, ban, rantai dan sebagainya. Jangan sampai mogok dijalan, maupun terjadi kecelakaan.
  • Jangan mengeluh jika kena macet
  • Mudik lebaran, pastinya terjadi peningkatan volume kendaraan di jalan raya. Terjadilah kemacetan yang luar biasa. Maka dari itu, jangan mengeluh dan marah-marah. Masih untung kejebak macet, daripada terjebak masa lalu.
  • Rumah yang ditinggal, pastikan terkunci
  • Kompor gas jangan lupa dilepas dari tabungnya. Pamitan dengan tetangga, kalau perlu sama Pak RT maupun Hansip. Biar mereka ikut andil mengawasi rumah yang ditinggalkan.

Nah itulah bebarapa tips yang saya berikan. Semoga bisa bermanfaat. Oh iya, sebelum berangkat, jangan lupa berdoa terlebih dahulu. Biar diberikan hati dan pikiran yang tenang. Bisa konsentrasi penuh diperjalanan.

Selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga tercinta. Sekalin saya ingin mengucapkan selamat Idul fitri. Mohon maaf lahir batin. Mohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnya jika ada hal yang selama ini kurang berkenan dihati Anda.

Related Posts

37 komentar:

  1. Trimakasih atas tips mudiknya mas Bumi,...benar2 harus dipersiapkan agar mudik jadi nyaman

    BalasHapus
  2. ha ha...
    yang pertama ya pastilah itu
    bagaimana jika tidak punya ya

    BalasHapus
  3. Ketika mudik, keamanan rumah sangat perlu diperhatikan, karena banyak garong berkeliaran mengincar rumah kosong. Memang betul banget harus koordinasi sama keamanan kompleks.

    Ada yang gak punya kampung halaman, tapi ikutan mudik ke rumah temannya, saking pengennya ngerasain gimana rasanya mudik hahahaha

    BalasHapus
  4. untuk ngeluh karna macet kayakny wajar itu mas hehe. maklum manusia emosional ahaha

    BalasHapus
  5. Betul sekali tipsnya,..harus dipersiapkan nih semuanya dengan matang dan yang pertama itu bikin ngakak,..ha-ha,..ingat pulang kampung harus punya kampung tujuan jangan pulang entah kemana πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  6. Saya ingin mudik ke kampung halaman, cuman yang jadi masalah saya lupa entah halaman berapa :( #mintatolong #bantujawabdong wkwkwk

    BalasHapus
  7. Kenyataannya tetep aja ngeluh kalo kena macet, haha. Tapi kalo inget karena niatnya silaturahmi ya udah deh pasrah

    BalasHapus
  8. Entah kenapa saya cengar-cengir sendiri baca tips-tipsnya hehehe. Jangan-jangan emang ada orang yang pulang kampung tapi ngga punya kampung ya om wkwkw.

    BalasHapus
  9. Saya punya kampung halaman, tapi tiket pesawat tidak mengizinkan pulang huhuhu.

    Jadi pengen mudik ke kampung halaman orang yang lebih terjangkau deh, yang ga perlu lewat tol atau kena macet, kayaknya mudik ke gang sebelah aja kali ya hahahahaah

    BalasHapus
  10. Aku ngeluh sama isi dompet nya πŸ˜ƒ
    Klo macet dll wajar dah kebiasaan ada kenikmatan tersendiri dalam perjalanan

    BalasHapus
  11. Great post! I like your blog!

    BalasHapus
  12. Yang nomor satu emang priority, jangan mudik ke milik orang ya!!!

    BalasHapus
  13. pastikan anda punya kampung halaman! hahaha keles mas kalo gak punya ya ngapain mudik hahaha.

    mudik paling enak pake KA, dikasih minum dan makanan untuk berbuka lho. lengkapnya baca aja di postingan terbaru blog saya. hehe

    BalasHapus
  14. hiksss nangis guling guling nggak bisa mudik ketemu ibu nun jauh disana

    BalasHapus
  15. Hixixi untung sudah duluan mudik... :) jadi gak perlu mikir tips lagi. :D

    BalasHapus
  16. sepertiny lagi mudik nih mas djangkaru hehe. selamat hari raya mas

    BalasHapus
  17. Lebaran tiba
    Pulang ke desa
    Bertemu keluarga
    Bahagia bertali airmata

    MOHON MAAF





    Selamat Menyambut Idul Fitri

    Jika ada kata-kataku yang menusuk
    Atau Bermakna busuk

    :)

    Mohon Maaf Lahir dan Batin

    BalasHapus
  18. KOK SAYA INGIN MARAH YA BACA POIN NOMOR 1 WOKWOKWOKWOKOWK :')

    Ya, pokoknya kalau mau mudik harus dipersiapkan dengan baik :D.

    BalasHapus
  19. kebetulan saya blom pernah mudik sama sekali, dari kecil selalu dirumah, dapet kerjaan juga yang deket-deket rumah, jadi bisa dibilang saya pengen banget sesekali bisa mudik :D, tapi thx tipsnya mas ...

    BalasHapus
  20. sepertinya lagi lebaran sekali mas djangkaru.. selamat hari raya mas

    BalasHapus
  21. selamat hari raya idul fitri mas djangkaru :D
    lama gak mampir kesini karena kesibukan selama bulan puasa tapi seperti biasanya kontennya berfaedah ya hihihihi

    jadi inget kalo pulang mudik saya mesti bawa oleh oleh buat tetangga-tetangga yang turut andil jaga rumah selama saya nggak ada

    BalasHapus
  22. Minal Aidin waL Faizin :)

    BalasHapus
  23. Mas Djangkaru, selamat hari lebaran..

    Kalo mudik mah yang penting bawa duit yang banyak. Keponakan pada mintain duit semua soalnya -___-'

    BalasHapus
  24. \pastikan bahwa Anda punya kampung halaman....

    ya...iyalah....masa pulang kampung halaman,

    saya nggak mudik mas...tahun kemarin dah mudik

    BalasHapus
  25. Yang pertama itu syaratnya keren banget: "harus punya kampung halaman" saya disini sini saja deh😁

    BalasHapus
  26. Met lebaran yah om. Kita mulai dari angka nol lagi

    BalasHapus
  27. Tips yang pertama itu yang paling wajib hehehe

    BalasHapus
  28. Sekarang arus balik, tapi pada dasarnya sama saja tipsnya. Mantap infonya bermanfaat, terutama yang poin pertama itu petuah dari cak Lontong ya hehe...

    BalasHapus
  29. Kalo gak punya kampung halaman, bikin halaman sendiri ya mas!..
    Makasih lho tipsnya

    BalasHapus
  30. Saya pengen mudik mas.. tapi bingung mudik kemana... hehehe

    BalasHapus
  31. kalo saya biasanya tantangan mudik datang dari diri sendiri yaitu ngantukan banget

    BalasHapus
  32. wueheheh kalo gak punya kampung halaman gak bisa mudik ya mas :d

    BalasHapus
  33. ._. ngomongin mudik.. aku gak pernah mudik..
    Ada keluarga di luar kota tapi gak pernah mudik tiap mau lebaran gitu.
    Syarat pertama aja gak terpenuhi. Kampung halaman kami di Jakarta hahha

    BalasHapus
  34. lagi satu, kalau letih berhenti rehat dulu...

    BalasHapus
  35. Tradisi yang harus kita lestarikan adalah mudik ke kampung halaman

    BalasHapus

 
Back To Top