Misteri Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Saya itu sejak duduk dibangku Sekolah Lanjutan Menengah Tingkat Pertama (SMP), senang sekali berburu dengan hal-hal mistik. Jika malam jumat, perpetualang dari kampung ke kampung mencari kuburan atau makam yang dianggap seram. Bila ada cerita disebuah makam itu ada hal aneh, saya penasaran untuk membuktikannya.

Tiduran di makam atau nisan, hal yang sering saya lakukan. Hanya sekedar ingin membuktikan apakah ditempat itu benar-benar mistiknya begitu kuat. Atau hanya sekedar biasa-biasa saja. Aura atau penampakan hal  goib inilah yang saya cari. Emang tidak takut? Takut seh takut. Bulu kuduk pun juga sempat merinding.

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Bagaimana tidak takut? Kuburan di kampung kan begitu gelapnya. Sama sekali tidak ada penerangan. Paling saya membawa obor atau korek api untuk membelah alang-alang yang menlintang. Biar tidak kesandung bebatuan nisan. Sebuah petualangan aneh, mungkin kehobyan yang gila.

Kekonyolan itu ternyata masih terbawa sampai saat ini. Jika mendengar makam keramat atau hal yang dikultuskan, rasanya itu ingin berkunjung saja. Sekaligus ingin mengetahui sejarah yang sesungguhnya. Tapi-rata-rata, makam seperti ini sejarahnya hanya lewat lisan secara turun-menurun. Jarang sekali ada orang yang ingin membuat sejarah secara tertulisan atau teks.

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Seperti halnya dengan Makam Panembahan Djogoresmi atau yang lebih akrab Makam Mbah Jogoresmi ini. Saya menelusuri di google tidak ada satupun yang menceritakan sejarah tentang Penembahan Djogoresmi. Bahkan dilaman Kebumen saja sepertinya juga sunyi-senyap. Tidak ada sejarah yang gamplang.

Konon cerita, Desa Ambal dulunya pernah menjadi sebuah wilayah Kadipaten. Walau tidak berlangsung lama,  hanya sekitar tiga setengah (3,5) tahun. Adipati (Pemimpin Kadipaten) pertama bernama Penembahan Jogoresmi. Kelanjutan Ambal dipecah menjadi beberapa dusun dan masuk ke wilayah Kabupaten Kebumen.

Makam Mbah Jogoresmi,  Adipati Ambal  berada di belakanag Pasar Ambal. Di area makam tersebut juga terdapat gundukan makam tua tanpa nama nisan. Sebenanya saya ingin masuk kedalam makam untuk mengetahui seperti apa bentuk dari makam tersebut. Tapi sayang, tidak bertemu dengan juri kunci makamnya. Alamat Makam Penembahan Djogoresmi berada di dusun Ambalresmi rt 3, Rw 1, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top