Misteri Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Saya itu sejak duduk dibangku Sekolah Lanjutan Menengah Tingkat Pertama (SMP), senang sekali berburu dengan hal-hal mistik. Jika malam jumat, perpetualang dari kampung ke kampung mencari kuburan atau makam yang dianggap seram. Bila ada cerita disebuah makam itu ada hal aneh, saya penasaran untuk membuktikannya.

Tiduran di makam atau nisan, hal yang sering saya lakukan. Hanya sekedar ingin membuktikan apakah ditempat itu benar-benar mistiknya begitu kuat. Atau hanya sekedar biasa-biasa saja. Aura atau penampakan hal  goib inilah yang saya cari. Emang tidak takut? Takut seh takut. Bulu kuduk pun juga sempat merinding.

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Bagaimana tidak takut? Kuburan di kampung kan begitu gelapnya. Sama sekali tidak ada penerangan. Paling saya membawa obor atau korek api untuk membelah alang-alang yang menlintang. Biar tidak kesandung bebatuan nisan. Sebuah petualangan aneh, mungkin kehobyan yang gila.

Kekonyolan itu ternyata masih terbawa sampai saat ini. Jika mendengar makam keramat atau hal yang dikultuskan, rasanya itu ingin berkunjung saja. Sekaligus ingin mengetahui sejarah yang sesungguhnya. Tapi-rata-rata, makam seperti ini sejarahnya hanya lewat lisan secara turun-menurun. Jarang sekali ada orang yang ingin membuat sejarah secara tertulisan atau teks.

Makam Panembahan Djogoresmi Ambal Kebumen

Seperti halnya dengan Makam Panembahan Djogoresmi atau yang lebih akrab Makam Mbah Jogoresmi ini. Saya menelusuri di google tidak ada satupun yang menceritakan sejarah tentang Penembahan Djogoresmi. Bahkan dilaman Kebumen saja sepertinya juga sunyi-senyap. Tidak ada sejarah yang gamplang.

Konon cerita, Desa Ambal dulunya pernah menjadi sebuah wilayah Kadipaten. Walau tidak berlangsung lama,  hanya sekitar tiga setengah (3,5) tahun. Adipati (Pemimpin Kadipaten) pertama bernama Penembahan Jogoresmi. Kelanjutan Ambal dipecah menjadi beberapa dusun dan masuk ke wilayah Kabupaten Kebumen.

Makam Mbah Jogoresmi,  Adipati Ambal  berada di belakanag Pasar Ambal. Di area makam tersebut juga terdapat gundukan makam tua tanpa nama nisan. Sebenanya saya ingin masuk kedalam makam untuk mengetahui seperti apa bentuk dari makam tersebut. Tapi sayang, tidak bertemu dengan juri kunci makamnya. Alamat Makam Penembahan Djogoresmi berada di dusun Ambalresmi rt 3, Rw 1, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia.

Related Posts

24 komentar

Hati-hati mas kalau masuk makam permisi dulu, apalagi kalau makam leluhur, setidaknya harus ditemani juru kuncinya... ^_^

Hmm.. Mungkin sesepuh masyarakat setempat ya..
Baru pertama kali dengar pula namanya..

walah... tiang yogya sampe tekan Ambal? Kalah aku wong kebumen dewe ora ruh.. 😄

mungkin next time bisa masuk kedalam kang, patut untuk di korek tentang sejarahnya

Terungkap makam valak ada di indonesia haha

Btw apa sensasi dri tidur di kuburan/nisan?

Nikmat mana dg tdr di hotel atau villa penginapan saat berlibur?

Hobi yang unik, sng tdr di kuburan hehehe

Tenpat ini kalau malam angker gak sih?

Kalo malem tempatnya pasti serem, bisa sekalian uji nyali nih...

Mantap juga hobinya om. Cerita lengkap dong udah ada kejadian apa aja saat tidur di makam :)

Kalau berhasil masuk makamnya, shate lagi tumisannya ya Mas. Cerita² lama bisa tuh jadi bahan blog. Saya juga penasaran 😂

Serem memang makam itu hihihi apalagi kalau berani tidur di makam. Wiiiihhh *kabuuurrr*. Semoga Makam Panembahan Djogoresmi bisa menjadi lokasi ziarah (tergantung bagaimana ceritanya dulu) seperti Makam Sunan Gunung Jati, misalnya.

Kebiasaannya unik ya, mengunjungi makam. Malah saya paling anti ke kuburan, hahaha

Petualangan yang unik dan seru menurut saya, apalagi sampai tidur di pemakaman.

Unik sekali ya kebiasannya mas Djangkaru. Ngunjungin makan..
Aku biasanya liat makam dikit udah ngibrit.. Apalagi kalo udah malem. wkwkwk

Iih hobynya kok serem gitu sih, masih hidup aja seneng tidur di makam, apalagi sudah ninggal, gak mau balik lagi kali ya kikiki :p

Howaaaa ... aku kaget juga ..., ternyata mas DB tuh punya nyali besar ngga takut penampakan 😲

Hati-hati , mas ... takutnya 'ketempelan' saat sendirian tidur di pemakaman.
Tau-tau ngobrol sendiri dengan suara berbeda ...., siapa yang akan nolong mas 🤔 ?

Wwkkkkwwkk ...
Ngibritnya tetap konsen, mas ...
Takutnya malah nyungsep 😂

hanya ada 1 kubur sahaja ke di situ?

Oalah Maasss, sampeyan cocok jadi pembawa acara Bukan Dunia Lain kalau gini mahhh wwkkwkwkw

Doyannya yang begitu begitu

Aku mah apa atuhh, penakut bangeett

hal mistik memang menarik, saya juga selalu penasaran

ia juga ya mass untuk data - data yang seperti ini kita kurang banyak. untung ada mas djangkaru yang mencatatnya.
Yang suka bikin sedih itu klo ada orang asing yang mencatatnya dan menjadikannya viral suka gimana gitu ya.

saya baru sekali ini dengar soal makam di ambal padahal saya sering mampir untuk beli sate hehehe

Mas Bumi saya jadi takut ne ama mas Bumi kwkwk. Jiwa Petualangan yang sesunggunya agak gimana gitu. Semoga saja mas baik-baik saja ya...

Jujur... Kali ini tidak saya baca tuntas artikelnya, baca komen saja. Jauh lebih menentramkan jiwa, hehehe.

Terimakasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk memberikan komentar

 
Back To Top