Persyaratan Terbaru Pembuatan SKCK

Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

SKCK, Surat Keterangan Catatan Kepolisian kini sangat penting untuk memperlengkapi berkas-berkas lamaran kerja. Setiap perusahaan memerlukan persyaratan SKCK terbaru. Persyaratan untuk membuat SKCK sangatlah mudah. Anda datang ke kantor kepolisian terdekat, semisal Polsek, Polres, atau Polda. Jika untuk melengkapi pesyaratan pepergian keluar negeri, pastinya mengurus SKCK-nya di Polda. Kalau hanya sekedar untuk melamar pekerjaan, SKCK terbitan Polsek cukuplah.

SKCK perpohonan baru yang perlu dipersiapkan adalah foto copy KTP, foto copy Kartu Keluarga, pas photo 4 lembar berukuran 4x6 latar belakang berwarna merah, mengisi blangko/formulir dan melakukan sidik jari. Dan kalau untuk memperpanjang SKCK persyaratannya adalah membawa SKCK lama, foto copy KTP, pas photo 4 lembar berukuran 4x6 latar belakang berwarna merah, mengisi blangko pengisian SKCK. Jika ingin memperpanjang SKCKyang sudah kadaluwarsa, dengan melengkapi membawa fotocopy KK dan akte lahir.

Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

Berkas dirasa sudah cuku lengkap, ajukan ke loket pelayanan SKCK. Nanti petugas akan memeriksa dan meneliti berkas surat-surat tersebut. Ingat ya, pas photo harus wajah terbaru. Tidak boleh menggunakan pas photo lama. Kalau Anda membawa pas photo lama, pasti akan ditolak dan disuruh besok datang lagi. Ingat pula pas photo background atau latar belakangnya berwarna merah.

Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

Selanjutnya nanti Anda dikasih formulir atau blangko pengisian SKCK. Isilah daftar pertanyaan yang ada diblangko tersebut. Jangan lupa isi dengan benar, contoh pengisian formulir biasanya tertera di atas meja atau tertempel di dinding. Anda bisa melihat contohnya, kalau dirasa mengalami kebingungan. Atau jangan segan-segan untuk bertanya kepada petugas. Sering saya jumpai orang lupa membawa bolpoint. Sehingga harus lari kesana-kesini mencari pinjaman bolpoint. Maka dari itu persiapkan bolpoin dari rumah.


Persyaratan Terbaru Membuat SKCK

Bagi pemohon baru SKCK, pastinya disuruh melakukan sidik jari terlebih dahulu. Ruang sidik jari, biasanya tidak jauh dari loket atau ruangan penerbitan SKCK. Jika blangko pengisian SKCK sudah diisi dengan lengkap, berkas pemohonan SKCK dikumpulkan atau diserahkan kepada petugas kembali untuk dicek/periksa ulang. Jika sudah dinyatakan sempurna, Anda dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 30.000,-. Dan Anda besoknya disuruh datang kembali untuk mengambil Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tersebut.

Related Posts

24 komentar :

  1. wahh kebetulan saya rencana mau bikin skck nih mas, yang paling penting dicatat syarat dan biaya nya ya. Rp 30k, kalau lebih berarti indikasi pungli,

    BalasHapus
  2. wah murah juga ya, biaya administrasinya hanya 30ribu. Suami sudah lama pengen bikin SKCK, tapi belum sempat juga, padahal cepet juga

    BalasHapus
  3. Syukurlah.. Saya pernah mau buat skck harus ke kantor lurah dulu, terus ke polsek 😭 Dan itu malesin karena muter-muter 😭

    BalasHapus
  4. sudah praktis ya sekarang dulu beu malah harus ada pengantar dari kepala lingkungan

    BalasHapus
  5. informasi ini pemberitahuan langsung dari pihak kepolisian ya...sepertinya agak sedikit berbeda ya dari peraturan sebelnya

    BalasHapus
  6. terakhir bikin skck tahun kemarin

    BalasHapus
  7. info yang penting bagi aku yang belum pernah ngurusin skck. hehehe

    BalasHapus
  8. Yang penting cek dulu persyaratannya lengkapi dan jangan lupa adm-nya tuh
    Dulu aku sempet ngantri buat SKCK kebetulan sedang rame yang buat SKCK

    BalasHapus
  9. Tiada pungli di antara kita.. :)

    BalasHapus
  10. wah terimakasaih bang infonya bermanfaat nih
    skck ini batas penggunaanya sampe berapa bulan ya kalo boleh tau

    BalasHapus
  11. Matur nuwun info prosedur pembuatan SKCK nya nggih,mas.
    Dapet pencerahan dan ngga perlu muter-muter kayak dulu lagi jalurnya.

    BalasHapus
  12. kebetulan belum pernah bikin skck karena belum bekerja :D

    BalasHapus
  13. Belum pernah bikin SKCK saya mah, so penting banget pengetahuan ini bagi mereka yang memang berniat membuat SKCK, supaya pas waktunya bisa dipersiapkan segala sesuatunya...

    BalasHapus
  14. Penerbit SKCK biasanya, Polres, Polsek, Polda
    Tergantung kebutuhannya, seperti untuk melamar pekerjaan, Melanjutkan pendidikan, pembuatan pasport, bahkan untuk menikah dengan TNI atau polri

    Melengkapi persyaratan dan doa sangat penting agar urusan jadi lancar

    BalasHapus
  15. Dulu saya pernah urus skck kok langsung jadi.

    BalasHapus
  16. Pernah buat ak mas empat tahun lalu, rencananya SKCKnya mau aku perpanjang, tanks infonya :-)

    BalasHapus
  17. iya nih mas, di daerah saya juga gitu. Biaya pembuatan SKCK sekarang udah 30 ribu. padahal dulu ingat banget masih 10 ribu loh.

    BalasHapus
  18. Mau amannya sih jgn bawa duit ngepas 30 ribu, ada biaya tambahan sidik jari sama fotocopy 😂

    BalasHapus
  19. Dulu saya sering update perpanjang skck setiap 3 bulan ke Polres Jaksel. Tapi sekarang udah gak pernah update lagi, repot juga harus bolak balik ke Polres, meski setiap 3 bulan. Nice sharing

    BalasHapus
  20. Prosedur mendapatkan SKCK semakin sederhana, tidak seperti dulu harus melalui desa atau kelurahan dulu.

    BalasHapus
  21. Kebetulan mau perpanjang skck nih kang, pas banget googling muncul artikel ini.. Hiks
    Makasih sharenya yak

    BalasHapus
  22. Berdasarkan pengalaman kemaren, sekarang pembuatan SKCK sudah lebih cepat dan transparan biayanya

    BalasHapus

 
Back To Top