Jenis-Jenis Blog

Pengalaman Menjadi Seorang Blogger Ndeso

Dulu ada rencana ingin membuat blog komunitas Oemah Blogger Indonesia, karena ada kesibukan di dunia nyata. Khayalan itu tinggal kenangan saja. Perkembangan blogger ditanah air sungguh luar biasa. Menurut telepatiku sudah berkisar enam juta blogger Indonesia. Walaupun itu belum seberapa jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta penduduk. Masih terlalu sedikit.

Jenis-jenis blogger yang aku ringkas dari wikipedia :
  • Blog Pribadi yaitu blog yang berisi segala sesuatu catatan, pengalaman keseharian atau gagasan yang ingin disampaikan dari sang pemilik blog. Blog pribadi bisa disebut blog diary.
  • Blog Tutorial yaitu blog yang berisi tentang tutorial dan blog ini bisa dikatakan blog bertopik karena kontennya satu tema dan berfokus pada pembahasan tertentu. Misalkan blog tutorial tentang cara membuat blog.
  • Blog Bisnis yaitu blog yang dibuat untuk keperluan bisnis, misalkan blog untuk jual beli online atau sekedar sarana promosi.
  • Blog Politik yaitu blog yang membuat tema tentang berita politik, aktivis politik atau politikus, dan semua persoalan politik yang ditujukan untuk umum.
  • Blog Kesehatan yaitu blog tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dan lain lain.
  • Blog Sastra yaitu blog yang membahas seputar dunia sastra, misalnya berisi tentang prosa, puisi, sajak dan lainnya.
  • Blog Perjalanan yaitu blog yang berisi tentang kisah petualangan atau traveling. Mungkin bisa berupa cerita tentang perjalanan/traveling dari satu tempat ketempat yang lainya. Mungkin ketempat wisata atau mungkin berupa kuliner.
  • Blog Riset yaitu blog yang membahas mengenai riset-riset terbaru atau info-info tentang riset, mekanisme riset atau yang berhubungan dengan riset.
  • Blog Hukum yaitu blog yang membahas bagaimana mekanisme mengatasi masalah hokum, aturan-aturan dan undang-undang serta konten konten yang berhubungan dengan hukum.
  • Blog Media yaitu blog yang berfokus pada pemberitaan semacam media massa seperti Koran atau telesi. Karena berisifat online biasa disebut cybernews.
  • Blog Agama yaitu blog yang membahas mengenai ilmu/persoalan dari sudut pandang agama.
  • Blog Pendidikan yaitu blog yang membahas seputar dunia pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru yang biasanya berisi tentang mata pelajaran tertentu, berisi tentang soal dan pemecahanya.
  • Blog Kebersamaan yaitu blog yang ditulis oleh kelompok tertentu untuk kepentingan kelompok tersebut atau bisa juga disebut Blog Komunitas.
  • Blog Petunjuk (directory) yaitu blog yang berisi ratusan link halaman website. Blog ini bisa membantu orang-orang yang mencari informasi diinternet dengan kata kunci yang merajuk ke blog petunjuk dan kemudian baru menuju ke blog yang membahas tema yang dicari.
  • Blog Pengejawantahan yaitu blog yang fokus tentang objek diluar manusia seperti kucing, monyet, anjing dan lainya.
  • Blog Pengganggu (spam) yaitu blog yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog), kenapa di sebut pengganggu karena keberadaan meraka bisa saja sebagai penipu.

Enam juta blogger Indonesia tapi yang aktif masih berkisar dibawah satu juta. Kenapa bisa begitu ? Mungkin karena faktor internet yang masih tergolong mahal dan sinyal internet yang belum stabil. Atau mungkin karena kehabisan ide sehingga malas untuk mengup-date blognya. Atau mungkin pekerjaan blogger itu dianggap sia-sia dan membuang waktu ? Entah mana yang benar !

Nah, sekarang Anda bisa mengetahui jenis blog apa yang Anda kelola atau Anda miliki. Dari pelbagai jenis-jenis blog tersebut, ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mempercepat loading blog.  Salah satunya, dengan minify CSS, HTML dan JavaScript. Apa itu minify? Minify merupakan proses browser menghapus karakter yang tidak diperlukan atau berlebihan saat  mengesksekusi kode.

Jika Anda memperhatikan kode-kode HTML dalam tema/template pastinya akan menjumpai, baris baru, spasi karakter, pembatas kode dan komentar atau kata-kata tambahan yang dirasa tidak perlu. Hal semacam itulah yang membuat Browser perlu membutuhkan waktu lama untuk membaca atau mengesksekusi kode-kode tersebut. Sehingga  kecepatan loading blog akan terasa berat.

Sekali lagi, semua itu bisa diatasi mempercepat loading blog dengan minify CSS, HTML, dan JavaScript. Jika daya loading blog cepat dan maksimal, akan membuat pengunjung senang dan betah berlama-lama. Dimata mesin pencaripun, blog Anda mempunyai nilai lebih tinggi.

Sumber artikel :
Wikipedia

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top