Bengkoang Prembun Kebumen

Bengkoang Prembun Kebumen

Bengkoang Prembun Kebumen. Jika Sahabat melewati jalan Raya Utama Jalur Selatan, nanti akan mudah dijumpai deratan para pedagang yang menjajakan buah bengkoang dipinggir jalan, dengan lapak gubuk bambu. Berarti Sahabat telah memasuki daerah Prembun, Kebumen, Jawa Tengah. Ya..Prembun yang terkenal dan identik dengan buah bengkoangnya. Petani menanam buah bengkoang sebagai selingan dari menanam padi. 

Bengkoang Prembun Kebumen

Orang Jogjakarta menyebut buah bengkoang dengan sebuatan buah besusu. Mungkin karena warna buahnya putih seperti warna susu. Harga satu ikat rata-rata Rp. 5000,-. Dan Rasa buah bengkoang dipengaruhi oleh musim. Jika musim kemarau rasa buah bengkoang akan lebih manis jika dibandingkan dengan buah bengkoang yang dipanen pada musim hujan. Karena kadar air dalam bengkoang mempengaruhi rasa manisnya. 

Bengkoang Prembun Kebumen

Yang menjajakan buah bengkoang ini, umumnya petani langsung. Petani menanam buah bengkoang hanya sebatas selingan dari menanam padi. Atau kemungkinan lahan sawah ditengahnya ada gundukan tinggi yang dimanfaatkan untuk menanam buah bengkoang/pohon palawija. Maka tidak mengherankan jika harga buah bengkoang begitu murahnya. Suatu kesibukan yang menghasilkan, selama menunggu panen padi tiba.

Bengkoang Prembun Kebumen

Bengkoang ini memang enak untuk dimakan, aku lebih suka dibuat rujak atau lutis. Bagi Sahabat yang lewat Jalan Raya Prembun jangan lupa untuk membeli buah bengkoang atau buah besusu sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Dan buah bengkoang, bisa juga dimanfaatkan untuk masker wajah agar kulit tampak putih dan bersih


♥♥DjB♥♥

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top