Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Masyarakat Resah Karena Terjadi Kelangkaan Gas Milon

Pasang Iklan
Masyarakat Resah Karena Terjadi Kelangkaan Gas Milon

Gas 3 Kg atau yang lebih tersohor dengan sebutan gas milon semenjak diluncurkan selalu menarik untuk menjadi bahan cerita atau artikel berita. Gas mungil, yang membuat gemes setiap orang. Hampir seluruh masyarakat ingin memilikinya. Karena harganya yang murah jika dibandingkan dengan gas tabung ukuran diatasnya, semisal gas 5.5 Kg atau yang 12 Kg. Kenapa Gas 3 Kg lebih murah? Gas 3 Kg adalah gas subsidi yang diperuntukan bagi masyarakat miskin.

Tapi bagaimana kenyataan dilapangan? Semua lapisan masyarakat bisa menggunakannya. Yang penting punya duit, berhak membelinya. Semua berlomba adu kecepatan ingin menggunakan gas 3 Kg. Gas murah, siapa seh yang tidak tergiur. Lumayanlah bisa menghemat jatah bulanan.

Karena peminat gas milon ini sungguh luar biasa, sepertinya Pemerintah mengalami kewalahan. Kedodoran. Harap makfum, gas 3 Kg itu kan stocknya dibatasi. Karena memang anggarannya juga dibatasi. Pertamina pastinya juga tidak ingin merugi.

Semenjak gas ukuran 12 Kg mengalami kenaikan, berkisar Rp 10.000,-. Kalau menurut pengamatan saya harga gas 12 Kg sampai ketangan konsumen kini berkisar Rp 160.000,-. Sepertinya banyak yang beralih menggunakan gas milon. Nah itulah yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan. Itu hanya salah satu faktor penyebabnya, kemungkinan juga ada faktor lainnya juga.

Dikampung saya, sudah sebulan ini susah untuk mendapatkan gas 3 Kg. Dan harganya juga mengalami kenaikan, kini berkisar Rp 21.000,-.pertabungnya dari harga yang biasanya hanya berkisar Rp 18.000,-.pertabung.

Masyarakat begitu resahnya, ingin menanak nasi saja harus tenteng gas kesana-kemari. Dari satu warung ke warung lainnya, bahkan ada yang rela mengantri berjam-jam dipangkalan gas. Lelah rasanya. Ada sebagian masyarakat yang ngedumel. " Ini kan tahun menjelang politik, apakah Presiden tidak ingin dipilih kembali?". Semoga saja, Pemerintah segera bisa mengatasi kelangkaan gas 3 Kg ini. Buatlah hati rakyat tenang, mudahkan untuk makan, biar perut kenyang. Wealah, saya ini kok jadi pengamat per-gasan.

Pasang Iklan
Iklan

29 komentar

Waow, analisanya cadas.. Jd menurut mas Bumi, apakah kelangkaan gas (selain karena tidak ada pembatasan yang jelas siapa saja yang berhak membeli gas yang disubsisdi) ditunggangi muatan politik atau merupakan ulah spekulan?

Nah itu yang masih menjadi teka-teki. Kalau saya jawab disini bisa terjadi goncangan politik :)

saya sampai sekarang menggunakan gas 12 kg mas. Alhamdulillah stoknya selalu ada. kemarin sempat juga mau pake gas kg, tapi kata kawan sering gak ada stoknya, makanya kalau bisa pake yang 12 kg aja katanya, akhirnya pake 12 kg

Ada pengamat juga di sini. Emang dari kemaren para emak-emak pada rempong gara-gara gas, udah harganya naik eh langka juga.

Miris memang lihat kejadian seperti itu...jangankan didaerah tempatku yang dijakarta saja cuma nyari tabung melon serasa nyari emas... Persis jaman PKI..

Pemerintah ingin mengganti dengan tabung warna pink. Dan rencananya tabung gas melon hijau untuk rakyat miskin...😱😳😳

Cuma anehnya yang pink nonsubsidi nggak kunjung nongol yang hijau hilang dari pasaran ..😥😥😨😨

saya jual gas dirumah bang masih 18 harganya ,mudah-mudahan nggak langka seperti di tempat abang

Di desa saya gas milon kadang juga langka
Jadi masak beralih Ke kamu bakar saja
Untuk masih ada kayunya...

Untung emak gue masih pakai kayu bakar di kampung.... wkwkwkwk

Waktu akhirnya beralih ke gas milon itu, Mas, di sini gas 12 kg sampe 200ribu, mana kami ngangkutnya pakai bentor (becak bermotor), mana nyarinya susah. Jadi terbebani sekali.

Sekarang, susah ni stoknya yang gas milon.

Di kampung saya, ada masyarakat yang terbilang menengah ke atas pakenya 3 kg. Kesian masyarakat miskin yang butuh gas tp kehabisan. Pakailah yang 5.5 dan 12 kg. Saya sendiri dari dulu pake yg 12 kg, biasanya habis 1 sampai 1,5 bulan. paling sering cuma dipake buat masak aer. hehehe

Ganti sama yang ukuran 12 kilo saja.. lebih mudah mencarinya. Malah lebih nggak repot.

Cuma ya itu nggak dapat subsidi. Tapi selisihnya nggak banyak juga antara yang disubsidi sama yang nggak kok

Di kampung saya harga gas udah sampe 23rbu mas bumi, sejak 2015..
gak tau kalo sekarang y..

ini gas di peruntukkan masyarakan bawah tapi yg di atas juga pada menikmati, bahkan ada yg punya lebih dari 1 tabung gas

Alhamdulillah didesa saya masih belum langka.., kalo pun langka, langsung pindah masak pake tungku kayu bakar, biar enak..., krn didesa saya tinggal masyarakat kebanyakan masih memakai kayu untuk memasak, meskipun ada gas, mereka ga mau dengan alasan takut meleduk.., hahahaha

ternyata merata ditempat saya juga susah

Alhamdulillah ditempat saya belum terjadi kelangkaan gas 3 kg mas, jadi masih tenang. Tapi, kalau langka kayak kemaren-kemaren cukup merepotkan juga, harus keliling kemana-mana nyari si melon hehe

iya bisa begitu....soalnya mang Djangkaru jawabnya sambil naek angkot yang jalannya zig-zag...goncang deh jadinya

yang pas jawabnya begini nih mang: NGAE JUGA PAKE

KENAPA gas itu disebut gas Milon...padahalkan MELON....tapi kenapa buah melon, nggak disebut buah gas 13 kg, coba?

#ehh...13kg-10kg sama dengan 3 kg...gituh maksudnyah mang

Saya punya tabung 3 kg 14 biji mas....rencana mau tak jual saja tabungnya mau ganti yang 5 kg saja ah biar gak langka mlulu

Miris juga yaa, memang susah ngebatasi siapa yang berhak menggunakan 3 kg, hrs kesadaran senidri dr masyarakatnya

di tempat saya
padahal ada anjuran bagi kelas menengah lebih baik palai 12 kg saja atau bright gas
kasian yang masyarakat tak mampu

kebetulan ayah saya tinggal dikampung, alhamdulillah ga ada kelangkaan sih mas. tapi kalau pun langka, pasti langsung masak pakai kayu bakar, kalau saya mengalami masa masak pakai kayu bakar, minyak tanah, sampai ke gas yang seperti sekarang

Owh... ternyata benar-benar langka, saya pikir cuma di tempat saya aja...
(bikin ibu-ibu pada resah)

Saya sendiri beralih dari 12kg ke gas 3kg, lebih murah soalnya. Di tempat saya Pengasinan juga sudah mulai langka,

Iya nih kemarin rame kelangkaan gas 3 kg, tapi sekarang sudah ada lagi

wah di daerah saya juga masih susah untuk mendapatkannya mas wkwk

Ditempat saya sudah gk Tahan harganya kisaran 34-40 ribu per tabung nya

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top