Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan atau Featured Post Bagaimana? Yuk Dibaca!

Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan
Screenshoot: omkoodok.blogspot.com

Kini ngeblog semakin menyenangkan. Blogger bawaan google mudah sekali dipahami bagi setiap orang. Tidak harus jago ngoding. Bahkan tampilan tema atau template bawaan Blogger juga semakin variatif, banyak pilihan. Ada tema model responsivenya pula. Apa tidak hebat tu. Dulu kalau ingin tema atau template responsive harus otak-atik sendiri. Tapi jika tidak mau ribet, tinggal beli tema pihak ketiga. Harganya tergolong murah sekali, berkisar 200 ribuan. Tapi jika ingin yang gratis juga tersedia. Tinggal googling saja tema atau template responsive di mesin penelusuran google.

Dulu saya membuka jasa merapikan tempilan template atau tema. Eh karena sekarang sudah tidak kuat begadang, makanya saya lebih focus menulis saja. Sesekali juga masih menerima konsultasi soal mengenai dunia perblogingan atau dunia peradsensean. Pastinya hampir semua Blogger mengharapkan blognya bisa monetisasi atau menghasilkan uang. Menulis dapat duit? Wow pastinya akan lebih bersemangat.

Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan

Widget terbaru bawaan Blogger adalah widget Featuree Post atau Widget Artikel yang Diunggulkan. Dulu widget sekarang berubah nama menjadi Gadget, saya baru ngeh dan menyadari. Tapi tidak menjadi persoalan ya, apa arti sebuah nama. Yang penting paham akan maksud yang akan saya uraikan. Dulu sebelum Gadget Featured Post belum tersedia, harus membuatnya secara manual. Membahkan kode tersendiri di tema blog, itu bagi yang mahir ngoding.

Keberadaan Gadget Featured Post sangat penting sekali. Selain mempercanti penampilan blog, tapi juga membantu mempromosikan artikel atau berita yang diunggulkan. Khususnya artikel yang punya nilai jual tinggi atau artikel sponsor. Artikel Unggulan posisinya akan tetap di atas walau ada artikel terbaru diterbitkannya. Pertanyaannya, bagaimana agar artikel terbaru tidak menjadi artikel unggulan atau featured post? Bolehlah kalau begitu! Caranya mudah sekali.

  • Tahap petama, pastinya login ke Blogger dan perhatikan menu Utama Blogger.

Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan

  • Selanjutnya pilih tools Tata Letak, Klik Tambahkan Gadget. Akan muncul aneka pilihan gadget, pilihlah Gadget Postingan (Featured Post). Nah pada tombol Gunakan postingan terbaru, silahkan matikan. Geser ke kiri tombolnya, menggunakan mouse.
  • Gimana letak gadget Featured Post? Wah itu sesua selera masing-masing. Kalau saya meletakannya di atas Postingan Blog (Gadget Positngan Blog). Pilih gadget artikel unggulan tersebut, tahan dengan mouse, baru geser ketempat yang diinginkan. Lepas dan simpan.

Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan

Artikel Terbaru Agar Tidak Menjadi Artikel Unggulan

Bagaimana, caranya sangat mudah sekali kan? Dengan dibuatnya Featured Post bukan artikel terbaru, sehingga sangat mempermudah pengunjung bisa mengetahui mana artikel yang baru saja diterbitkan. Mempermudah pengunjung termasuh bagian ibadah lo, hehehe. Ah saya kok belagu amat, apa hubungannya? Hubungannya biar artikelnya jadi panjang, hehehe. Ah semelekete!

Dengan adanya gadget Featured Post pokoknya makin kece, makin kelihatan profesional. Memang bawaan blogspot masih kelihatan sederhana. Dan jika ingin tampilannya lebih kelihatan bagus, harus menambahi kode HMTL atau kode CSS bagian temanya. Cukup sekalian dulu ya, terus semangat menulisnya. Terus semangat berkarya dalam membagi pengalaman atau pengetahuan. Sip dah!

Berita Terkait

7 komentar:

  1. Thanks for your sharing

    BalasHapus
  2. Mudah syekali mas, kalau dipikir2 kita ngeblog udah lama juga hahah, blog sampean yang masih selalu terupdate, jadi kadang udah banyak hal juga yang dipelajari, kalau dah makin tua, pengennya yang simple2 aja kaya tutor diatas, klak klik langsung jadi, jaman udah ai, masih aja kodang koding

    BalasHapus
  3. wuiiih, mantap skrg ada tutor ngeblog juga di sini... :D mksh bang

    BalasHapus
  4. Di blogger kemarin saya sempat desain template sendiri, walaupun terinspirasi dari desain orang lain. Kemudian setalah selesai ok lah lumayan. Kemudian Pindah ke wordpress dengan hosting sendiri. Banyak template bawaan di wordpress yang free.

    Tapi entah kenapa ingin yang seperti tampilannya seperti yang di blogger. Maka cobalah membuat theme from the scratch, karena minimnya tutorial maka ga sempurnalah fungsi theme, ga ada menu widget, search nya ga keluar di dashbord dll, sempat mangkrak dan ga diterusin

    Kemarin ga sengaja ketemu underscores.me sebuat framework dasar untuk menyusun template wordpress. Mudah dibaca dan tinggal saya kembangkan sesuai dengan keinginan.

    https://www.viola.id/2024/04/membuat-themes-blog-sendiri/

    BalasHapus
  5. Widget yang sangat berguna bagi blogger yang ingin menyematkan sebuah artikel unggulan agar lebih sering dibaca pengunjung blog.

    Yang perlu perbaikan di blogspot itu kolom komentar yang saat ini kurang nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Ama mas Rivai. Kolom komentar blogspot itu ga nyaman banget . Harus bolak balik naik ke atas utk melihat apa yg ditulis. Bugnya masih belum dibenerin juga.

      Hapus

 
Back To Top