Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Seberapa Penting Channel YouTube Bagi Seorang Blogger?

Pasang Iklan
Seberapa Penting Channel YouTube Bagi Seorang Blogger?

Sebuah pertanyaan dari Sahabat, " Seberapa penting channel YouTube bagi seorang Blogger? ". Pertanyaan yang sangat menarik sekali. Sebuah pertanyaan yang menguji kadar keilmuan saya tentang dunia blogging. Walau sebenarnya, saya mah tetap seorang blogger newbie. Karena apa? karena dunia blogging itu  sungguh dinamis. Berkembang mengikuti zaman, ilmu yang lalu dianggap mumpuni, kini tidak berguna lagi. Tidak ubahnya seperti penampilan blog, khususnya blogspot, hampir tiap tahun mengalami pembaharuan. Bahkan sekarang blogspot sudah ada template/tema bergaya responsive.

Paragraf diatas sebagai awal pembuka pembicaran saja. Kembali kepada pernyaan tersebut, channel YouTube sangatlah penting bagi seorang blogger, apalagi blogger yang bergelut dalam dunia bisnis, entah online maupun offline. Coba kita perhatikan, hampir semua marketplace atau portal ternama memiliki channel Youtube. Tujuannya apa? Agar situs/webnya bisa lebih dipercaya oleh kalayak banyak. Bahwa keberadaan bisnisnya benar-benar nyata  dan ada. Bentuk fisiknya bisa dipertanggungjawabkan.

Dan channel YouTube juga mampu mendongkark SEOSeach Engine Optimization ) dimesin pencari. Di channel YouTube kita bisa menempatkan link/URL blog kita, entah di header maupun disetiap description/keterangan video yang kita unggah. Atau mungkin diintro video. Dengan demikian, web/situs kita akan lebih dikenal banyak orang.


Kenapa saya menyarankan untuk membuat channel YouTube? Menurut survai orang-orang pintar, " Bahwa masyarakat Indonesia, budaya membaca itu masih minim, lebih suka menonton ". Dan bagi seorang blogger yang memburu dolar, channel YouTube lebih tepat. Karena pergerakan dolar lebih cepat naik. Dan tidak kalah pentingnya, membuat channel YouTube itu gratis! Tunggu apalagi?

Pasang Iklan
Iklan

34 komentar

setuju sepertinya memang begitu minim pembaca, saya mengamati orang baca buku dan tv banyakan nonton tv

setuju mas, chanel youtube juga menjadi pelengkap artikel kita yang berpengaruh sekali terhadap SEO, karena artikel yang kita tulis di lengkapi juga dengan video youtube yang kita embed. beberapa tulisan saya yang ada videonya juga menjadi page one .

iya emang bener itu gan,

Penting banget sekaligus bisa menunjukkan talenta sebagai vidio creator makin lama kan main lihai editingnya.Mic nya Naksir tuh bisikin dong merk nya dan belinya dimana?

karena orang-orang lebih senang menonton, jadi untuk lebih eksis lagi blogger, ya harus ada channel you tube, seperti om jangkaru :)

Pengen sih mengoptimalkan youtube tapi sdm dan tool blm memadai. Sementara ini fokus ngeblog dulu saya mah.

Kalo bentuknya video, cenderung lebih bebas kalo bernarasi, nah kalo blogging kita kan tuangkan dlm bentuk tulisan tuh, harus 2x mikir sih jadinya tapi kalo saya tetap lbh suka blogging konvensional hehe, jadul style..

kalo saya punya akun yutup tapi bingung mau diisi apaan dah? kalo jadi vlogger itu harus bisa senyum ya mas? aku orgnya judes. sayang aku gak punya temen cewek yg addict sama vlogger.

kalo kang jangakaru suka bikin video di yutup pertama kali temanya apaan?

aku punya channel youtube bang tapi nggak ada subscribernya jarang ditonton orang juga jadi nggak minat untuk mengelolanya

Masih kepengen ngeblog.. youtube review2 produk aja. Karena bikin vlog gak ada yang nonton saya mah apa tuh bukan artis 😁😁😁😂😂..
Om djangkaru rajin bikin vlognya.
Pake2 boneka 😁😁😁

lanjutkan kang nge-youtubenya, siapa tahu kedepannya bisa sukses.

emang budaya membacaIndonesia masih minim.. tapi skill edit pidio saya jg minim wkwkkwkwk

sayang aku gak bakat buat video huhu

Saya juga masih minim, kan untuk sarana belajar.

Bener mas, saya sering kali memperhatikan hal ini, cuma untuk menyingkronkan niche blog sama yt blm ketemu, alhasil masih acak2-an, intinya share apa yg nemu aja gitu sekarang.

Saya pengen banget punya channel youtube
tapi mau bikin video apa itu yang masih bingung sampe skarang mas bumi

ada yang typo mas bumi "pernyaan tersebut"

Murah itu hanya 30ribuan.

Bebas saja, yang penting hepi.

Ternyata sangat penting ya, baru tahu awalnya punya youtube cuma untuk
seru-seruan aja, asyiik gitu
saya juga termasuk yg minim minat baca hadeuh ketahuan deh

kalau bagi saya sih sangat penting mas. kan bisa dapat duit juga dari youtube. anggap kerjaan iseng berhadiah lah... kadang ada juga konten yang susah diterangkan dengan tulisan, maka dalam hal ini video sangat membantu sekali untuk menjelaskan konten kita.

simpan aja di, sapa tau kapan rajin malah mainin youtube terus dan bisa dapat uangnya

Kalo saya masih lebih ke akun blog saya , saya juga punya chanel youtube tapi gak ke urus. saya lebih tertarik ke blog

Setuju sih sama mang admin..
kalau sayamah lebih ke supaya mempermudah saya dalam membuat konten, kadang ada konten yang kalau ditulis itu terlalu panjang, maka dibuat video, dan hal ini juga akan membantu mempermudah orang dalam memahami hal yang disampaikan....

Punya akun doang, dan gak update vidio

kayaknya sekarang kecenderungan trennya lebih ke vlog drpd blog

youtube memang lebih menarik (bagi orang2 yang gak suka baca). hehe..

kalo saya jago video dan editing juga pengen sih punya akun youtube.

sekarang emang zamannya visual buat video mas.. aku juga lagi belajra bikin video.

wih koh deddy ada di sini, channel YT-nya saya belum tahu nih koh..

chanel saya sementara masih tumbang kang , hahaha...., entahlah masih belum mulai membuat chanel dan pideo yutup, walopun keinginan ada :)

Betul harus di oplos antara blogg dengan youtube

Buat pelengkap memang cocok ya, Mas.. Jadi sekalian bercerita sekalian embed tuh videonya tentang perjalanan..

Tapi setelah diamati sembari berjalan di chanel mas Djangkaru, kebanyakan bersama presenter si kodok ya..hehe

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top