Home » » Keripik Bonggol Pisang

Keripik Bonggol Pisang


Hampir tiap hari anggin bertiup kencang, sampai pohon pisang depan rumah pada tumbang. Sedih menyaksikan pohon pisang yang sudah berbuah ikut tumbang. Ah agak merugi bulan ini. Bahkan ada tunas pisang yang ikut tercabut dari akarnya.

Terlintas dalam benak, keinginan membuat keripik dari bonggol pohon pisang. Saya memilih tunas pohon pisang, karena teksturnya masih lembut dan empuk. Dan pastinya bonggolnya masih berwarna putih kecerahan. Tapi tidak setiap bonggol pisang bisa dibuat keripik, hanya bonggol pisang kepok dan  pisang raja yang mempunyai tekstur lembut.

Untuk membuat keripik bonggol pisang cukup mudah. Pertama, memilih bonggol yang berdiameter 12 - 20 cm. Lalu dibersihkan dan dikupas, untuk kemudian dipotong-potong tipis. Potongan-potongan ini direndam dalam air garam untuk menghilangkan getah dan lendirnya.


Proses selanjutnya, potongan tadi diiris tipis, jika perlu cuci lagi dengan air garam dan dikukus hingga empuk jangan lupa taburkan garam secukupnya biar nanti terasa gurih. 



Tiriskan agar layu. Tahap terakhir sebelum digoreng, celupkan ke adonan tepung yang sudah diberi bumbu seperti bawang putih, garam, ketumbar, telur, dan aroma sesuai dengan varian rasa yang diinginkan.


Keripik Bonggol Pisang Dan Kopi,...Mantap !

Rasanya sangat enak, akan terasa lebih mantap lagi jika bertemankan secangkir kopi. Mak nyusss !
♥♥DjB♥♥

41 komentar:

  1. saya baru tahu kang kalau ada keripik kaya gini
    gimana ya rasanya :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak, bisa untuk ganjal perut :d

      Hapus
  2. Boleh nyoba gan nieh, kayaknya enak nieh..

    Berkunjung ya ke http://acemaxs.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo di coba jika ada waktu luang, lumayan bisa untuk kegiatan.

      Hapus
  3. Jaman dulu, kayaknya malah sering digunakan sebagai bahan baku untuk disayur,tapi saya sendiri belum pernah mencoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk sayur , jantung pisang gan !

      Hapus
    2. Di Daerah saya sayur Bonggol pisang ( bukan jantung ) menjadi menu pada saat Hajatan, Rasanyaaaa.........??? Wuih Nikmat Broooo.......

      Hapus
    3. ternyata bisa untuk sayur..lain waktu akan saya coba ah !

      Hapus
  4. Iya, saya juga baru tahu kalau ternyata bonggol pisang juga bisa diolah menjadi keripik. Mungkin kalau jenis pisang selain pisang kepok dan pisang raja, nanti rasanya akan keset gitu ya Kang?.

    Didaerahku belum ada nih yang beginian, kalau saya bikin lalu dijual, bakalan laku gak ya?! hahaha...#Business Minded

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika punya modal, bisa untuk bisnis nih :D

      Hapus
  5. jadiin bisnis coba :D

    pasarkan via twitter kayak ma'icih gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi cari cara pengolahan yang lebih baik dulu.

      Hapus
  6. bonggol, pisangnya itu bisa digunakan dr semua jenis pisang ya? ATau hanya jenis tertentu?

    Keren euy bisa bikin keripik bonggol pisang sndiri kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon pisang tertentu, yang mempunyai tekstur lembut dan empuk.

      Hapus
  7. Patut di coba nih.. pasalnya saya belum pernah nyicip keripik bönggol pisang

    BalasHapus
  8. kayake enak tuh....kapan2 bikin akhh kalau bisa hehehhee

    BalasHapus
  9. ternyata bonggol pisang bisa dimakan, kalau gitu manusia ngga usah kawatir kelaparan nih sebab banyak tanaman yang bisa dimakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Indonesia banyak jenis pohon yang bisa kita olah jadi makanan.

      Hapus
  10. boleh lah resepnya dicoba kang,
    apalagi musim penghujan deras bakal "teko" neng sumatra,
    pohon pisang yang tumbang pun bisa dijadikan bahan makanan ringan...he.he.he...

    BalasHapus
  11. wah, wah, wah. Ada aja ya, bonggol pisang di buat keripik. Boleh dicoba nih, khas indonesia asli kan?

    BalasHapus
  12. Super sekali. saya belum pernah mencoba menu bongol pisang dalam bentuk kripik.... Saye coba resepnya dulu, makasi

    BalasHapus
  13. kreatif sekali....tapi baru kali ini ngerti kripik bonggol pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba biar lebih tahu rasanya.

      Hapus
    2. kirimin satu dong bang, biar ane bisa coba. :D

      Hapus
    3. kayaknya mau makan aja gak tega...hehheee

      Hapus
  14. wah baru tau saya kalau ini bisa. ehm... biasanya si bongolnya di buat untuk tempat tinta. hehehe, itu dulu. eh ternyata bisa di makan ya. ehm, penasaran rasanya seperti apa? sayang ga semua pisang bisa ya kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya kayak ada ciri khasnya. lumayan bisa untuk mengganjal perut.

      Hapus
  15. wah baru tau :D di Jogja kayaknya belum begitu populer nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah harus mencoba dong, biar nanti bisa populer keripik bongol pisangnya :D

      Hapus
  16. Kayaknya enak tuh.Tapi saya belum pernah rasainya hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak bisa untuk mengganjal lapar

      Hapus
  17. Apakah rasanya sama dengan kripik ubi Mas? :)

    BalasHapus
  18. aroma bonggol ini seperti apa om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aromanya enak, bisa di campur dengan rasa buah-buahan atau keju.

      Hapus

Selamat datang Sahabat blogger !
Terima kasih telah meluangkan waktunya.