Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi Mendapat Kejutan, Pengurus ASOI Turut Hadir

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Entah kenapa, hari-ini kok suka melamun. Mungkin efek dari tanggal tua. Apa hubungannya? Lah iya, jika tanggal tua, otak itu terasa senam aerobik. Suka melompat kesana- kemari, tidak jelas gerakannya. Gerak bebas tapi terikat dengan kemampuan finansial. Isi rekening tidak mendukung, ya akhirnya saraf-saraf kepala meletup-letup. Ah, bilang saja, kepala lagi pusing. Bahasanya kok mbulet, kayak angin tidak ber-KTP saja. Hahahaa....ssst...jangan terlalu jauh to!

Lagi ngalamun, eh tiba-tiba ada notif pesan messenger facebook masuk, "Assalamu alaikum om, tanggal 31 Maret 2024, jangan lupa hadir ke acara milad Sanggar Fadil Betawi yang ke-4 tahun". Mata saya langsung terbelalak membaca pesan tersebut. Lama banget tidak berkomunikasi dengan pemilik Sanggar Ondel-Ondel Fadil Betawi, eh ternyata dia masih ingat saya. Dan saya pun langsung mengiyakan untuk turut hadir. Sebuah undangan istimewa yang tidak boleh disia-siakan.

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Pasti bagi generasi tua sedikit agak bingung apa itu Milad. Saya akan sedikit menjelaskannya, milad berasal dari bahasa Arab, kemudian diserab ke dalam bahasa Indonesia yang artinya lahir. Dulu kata milad hanya sering digunakan organisasi besar keagamaan, semisal NU atau Muhammadiyah. Dengan perkembangan zaman dan semakin familier, masyarakat juga menggunakan kata milad untuk kelahiran anaknya. Bagaimana, sudah sedikit paham kan apa itu milad? Ya kalau masih bingung milad sama dengan hari ulang tahun.

Mungkin kata milad lebih simpel ya dari pada kata ulang tahun, menghemat kata, hehehe. Singkat cerita, tibalah hari yang ditunggu-tunggu, Hari Minggu 31 Maret 2024. Pokoknya kalau ada undangan semacam itu, otak saya mudah sekali mengingatnya. Tidak lupa. Jam dua siang, saya memacu kendaraan mengarah ke Sanggar Ondel-Ondel Fadil Betawi yang beralamatkan Jalan Kalibaru Barat, Bungur, Senen, Jakarta Pusat. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenalnya Poncol Senen.

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Yang namanya lama tidak main ke Sanggar Ondel-Ondel Fadil Betawi, saat saya ke sana nyasar. Mutet-muter di Pasar Bungur. Sempat nanya sama tukang becak, eh dianya juga tidak mengenalnya. Untung saja saat itu ada Sanggar Ondel-Ondel Bintang Sartika yang lagi lewat. Ternyata dia juga mau ke Sanggar Fadil Betawi, turut memeriahkan Milad ke-4 nya. Akhirnya saya membututinya. Dan sampailah di Sanggar Fadil Betawi.

Tuan rumah lagi beberes, menyiapkan ondel-ondel yang akan digunakan untuk memeriahkan acara ulang tahun nanti. Ondel-ondel ada banyak, belum lagi ondel-ondel dari sanggar Bintang Sartika. Wow amazing banget, bentuk kedok atau wajah ondel-ondelnya lucu dan menarik sekali. Bikin ngakak. Keren abis, milad yang super kece nih.

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Jam setengah tiga sore, sempat hujan deras dan lebat. Ada kekuatiran, acara batal nih, karena mendung pekat dan hampir merata di penjuru langit Jakarta. Belum lagi tenda acara juga bocor. Alhamdulillah, hujan akhirnya reda juga. Cuaca cerah kembali. Ondel-ondel dan kru dipersiapkan, untuk memulai acara milad ke-4 Sanggar Fadil Betawi.

Ondel-ondel Betawi diarak keliling sekitar Jalan Kalibaru, Senen, Jakarta Pusat. Kurang lebih memakan waktu satu jam-an. Warga antusias banget, mereka merasa terhibur dengan penampilan budaya betawi ini. Warga menyambutnya dengan bahagia, sepanjang jalan mereka memberikan aplus yang luar biasa. Bahkan ada yang ikut berjoget ria dan memberikan saweran. Alunan musiknya, alus betul.

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Acara Milad ke-4 Sanggar Fadil Betawi ini juga dihadiri para youtuber ondel-ondel. Kehadiran para youtuber ini sangat penting juga, karena ikut mempromosikan kesenian budaya Betawi. Sehingga seni budaya Betawi semakin dikenal masyarakat layak luas, bahkan bisa ke luar negeri. Wah semakin keren bukan! Sudah tahu belum apa itu ondel-ondel? Dulu ondel-ondel namanya barongan, berubah nama semenjak lagu Benyamin Sueb yang  tekenal itu, yang berjudul, "Yuk Nonton Ondel-Ondel".

Milad Ondel-Ondel Sanggar Fadil Betawi

Youtuber Ondel-Ondel Betawi

Ngarak Ondel-Ondel selesai sudah. Saatnya istirahat melepaskan lelah. Eh tidak disangka, datang pengurus ASOI. Saya pun sempat kaget, tidak sangka mereka mau hadir. Apa itu ASOI? Asosiasi Onde-Ondel Indonesia. Suatu wadah organisasi yang menaungi perkumpulan sanggar Ondel-Ondel Betawi. Suatu kejutan bagi bagi Sanggar Fadil Betawi pastinya.

Pengurus ASOI memberikan kata sambutan sebagai penutup acara milad Sangga Fadil Betawi, sekaligus juga memberikan doa dan harapan. Tidak boleh kendor dalam melestarikan budaya Betawi. Terus produktif dan kreatif, ikon budaya Betawi dipergunakan dengan lebih layak. Tiup lilin dan selanjutnya makan-makan. Nah, makan-makan ini saya semangat banget, badan sudah kedinginan efek dari hujan tadi. Eleh bilang saja, mumpung ada makanan gratis!

Berita Terkait

3 komentar:

  1. Selamat milad ke 4 buat ondel-ondel sanggar Betawi Fadil ..semoga tambah sukses dan terus melestarikan budaya Betawi,kalau bukan kita siapa lagi yg bakalan melestarikan nya.

    BalasHapus
  2. Happy milad buat sanggar ondel ondel 🎉🎉🎈🎈
    Keren semua ondel-omdel nya

    BalasHapus
  3. waktu saya kecil takut banget ama sosok ondel-ondel, mungkin pengaruh bapak dan mamak saya yang kalo saya nangis ditakut takutin, awas ada ondel ondel!!!! parah sih mamak saya hehehe

    BalasHapus

 
Back To Top