Altcoin dan Perbedaannya dengan Bitcoin


Tahun 2021 sudah berlalu, tahun dimana cryptocurrency mencapai puncak tertinggi pencapaiannya yang baru telah lewat. Dan di tahun 2023 ini, para investor dan analis telah memiliki harapan baru akan perkembangan kripto yang positif yang mungkin bisa dicapai di pasar investasi kripto.


Melihat kembali kebelakang, sejumlah mata uang kripto menembus rekor harga tertinggi mereka pada bulan November 2021, Bitcoin menembus harga $68,000 dan kemudian diikuti oleh Ethereum yang bertengger pada harga $4,812.

Selain kedua aset kripto tersebut, beberapa aset kripto lainnya juga menikmati kenaikan harga pada saat itu walaupun tidak menembus harga tertinggi mereka, seperti Solana, Cardano, dan Binance Coin.

Begitu banyak aset kripto yang beredar di pasaran. Baik itu Bitcoin, Altcoin, NFT, atau Token. Dikutip dari coinmarketcap.com, setidaknya ada lebih dari 16000 jenis aset kripto yang bisa dijadikan target investasi.

Lalu, Altcoin atau Bitcoin? Jika ingin mulai berinvestasi di pasar kripto, manakah yang lebih menguntungkan untuk dijadikan aset? Simak ulasan di bawah ini.

Kenali Apa itu Bitcoin

Walaupun seseorang bukan investor pemula dan hanya orang awam, ketika berbicara tentang mata uang kripto, tentunya kata Bitcoin adalah kata yang pertama kali terlintas di pikiran tiap orang.

Namun, tahukan kamu apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran transaksi barang, jasa, atau produk yang dilakukan di dunia digital.

Sebagai mata uang kripto, Bitcoin adalah sekumpulan data yang tersimpan di dalam blockchain, sebuah sistem jaringan khusus yang terlindungi oleh sistem keamanan yang disebut dengan kriptografi. Uang kripto ini memiliki nilai yang unik karena menyimpan serangkaian history transaksi jual - beli antar pemiliknya. Hal ini lah yang membuat mata uang kripto tidak mudah dicuri dan tidak bisa dilipatgandakan, sehingga transaksi menjadi lebih aman dan terpercaya.

Tentang Altcoin

Di lain pihak, Altcoin atau Alternative Coin adalah mata uang alternative selain Bitcoin. Mata uang seperti Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Cardano (ADA), dan Polkadot (DOT) adalah mata uang yang termasuk kategori ini.

Ketika berinvestasi di pasar kripto, investasi Bitcoin adalah pilihan utama yang menjadi target investasi bagi para investor dan trader. Keuntungan yang dihasilkan Bitcoin bisa dibilang sudah pasti.

Karena ketika seseorang berinvestasi pada bitcoin, yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah menunggu saat yang tepat dimana Bitcoin menunjukkan performa terbaiknya, sehingga investor dan trader dapat mengambil keuntungan pada saat yang tepat tersebut.

Akan tetapi dalam investasi, untuk terus mendapatkan keuntungan, seorang investor tidak bisa hanya berinvestasi pada satu aset saja atau modal yang dimiliki akan menjadi modal stagnan, atau aset yang tidak berkembang.

Seorang investor perlu menanamkan modalnya pada aset lain yang memiliki prospek dan performa yang bagus untuk terus mendapatkan keuntungan lebih. Dan demi memenuhi kebutuhan itulah, maka Altcoin ada.

Altcoin adalah koin alternative yang dapat dijadikan target investasi selain Bitcoin.

Perbedaan Antara Bitcoin dan Altcoin

Secara singkat, sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar antara Bitcoin dan Altcoin. Altcoin adalah aset lain selain Bitcoin. Sebagai mata uang kripto pertama dan sudah bertahan lebih dari satu dekade, tentunya ketahanan aset Bitcoin telah teruji dengan baik, oleh karena itu nilai aset Bitcoin sangat tinggi.

Jika dibandingkan dengan Bitcoin, Altcoin biasanya memiliki sejarah yang relatif singkat, sehingga gejolak harganya masih tinggi dan ketahanannya belum teruji.

Akan tetapi, justru disitulah letak kesempatan mengambil keuntungan investasi ada. Seperti para investor yang telah menaruh kepercayaan pada Bitcoin ketika Bitcoin pertama kali muncul, para investor saat ini terus memilah dan memilih aset investasi kripto mana yang bisa menjadi Bitcoin yang kedua.

So, sudah siap untuk investasi kripto? Pantau harga aset kripto kamu di Pintu dan pelajari seluk beluk investasinya disana.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Jadi, tunggu apalagi? Download Pintu sekarang!

Berita Terkait

4 komentar:

  1. Bermacam cara orang zaman sekarang berbisnis. Seharusnya patut juga dicoba. terima kasih informasi nya, ananda Djangkaru.

    BalasHapus
  2. Thanks for your informative sharing...

    BalasHapus
  3. waduh ini mainan saya dulu nih , ga nyangka etherium bisa naik pesat

    BalasHapus
  4. untuk bitcoin pelajari resiko nya bre, kadang harganya bisa naik gila-gilaan tapi bisa juga turun gila-gilaan

    BalasHapus

 
Back To Top