BukaLapak Mem-PHK Karyawannya, Pertanda Bangkrutkah?

BukaLapak

Mendengar kabar yang kian santer tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan BukaLapak, rasanya kok ikut prihatin saja. Seratus karyawan dari total dua ribu enam ratus kena perampingan. Jumlah seratus orang itu banyak, eh kata Pak Menteri Rudiantara yang saya kutip dari Berita Online Kompas, jumlah tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan karyawan BukaLapak. Menurutnya hal wajar, sesuai dengan dinamika bisnis start up.

Saya itu sering sekali dapat kopdar undangan dari Toko Online BukaLapak ini. Dan sering dapat artikel placement. Ya, sedikit terkejut dan ada rasa tidak percaya jika BukaLapak melakukan efisien terhadap karyawannya. Dan saya juga pernah bertemu dengan pemilik sekaligus pendiri BukaLapak, Achmad Zaky.

Apakah ini akibat dari kekalahan jago calon presiden kang Zaky? Pastinya masih pada ingatkan ya, twitan kang Zaky yang sempat bikin geger dan heboh "Presiden Baru". Dan ramai-ramai dengan tagar uninstalkbuklapak dan tutuplapak. Aduh, kenapa kang Zaky sampai keseleo jemarinya. Kan saat itu lagi panas-panasnya pemilu presiden. Kata hatiku jaman dulu.

Apakah dengan terjadinya pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya pertanda BukaLapak bangkrut? Entahlah. Toko online dengan ciri khas warna merahnya kalau menurut pengamatan saya sedikit terseok-seok menghadapi para pesaingnya. Khususnya pesaing dari yang berwarna hijau dan yang berlogo huruf S. Semoga pengamatan saya ini salah dan keliru besar. Dan pastinya saya berharap, BukaLapak bisa lebih melesat maju.

Saya punya lapak di BukaLapak dan juga menjadi agen bukalapak walau belum bisa seratus persen berjalan. Lagi merintis mencari produk untuk dipasarkan. Ya paling tidak kan saya termasuk penggemar dan pengagum dari toko on line ini.

Walau BukaLapak lagi mengatur strategi bisnisnya, saya berharap tidak terjadi PHK terhadap karyawannya. Kalau perlu justru menambah karyawan, biar orang-orang yang nganggur terserap tenaganya. Kalau saya boleh usul, lebih baik ada pergantian atau rotasi pucuk pimpinan di tubuh BukaLapak. Biar lebih fresh.

Related Posts

11 komentar:

  1. Semoga yang terbaik aja deh buat bukalapak. Laris manis ya bang, dagangannya di bukalapak. Aamiin..

    BalasHapus
  2. Saya juga prihatin dengan kondisi karyawan yg terkena layoff di Bukalapak. Menurut berita di blog resminya. BL bakal fokus untuk mengejar keuntungan di tahun-tahun berikutnya. Di medsos LinkedIn beberapa perusahaan dengan gamblang mengajak mereka (baca: karyawan Bukalapak) untuk datang berkarir di perusahaannya. Makanya bagi saya pribadi tidak meninggalkan blog 100% karena resiko layoff lumayan tinggi sepertinya di saat kondisi semakin ga menentu saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog sebagai alternatif agar dapur tetap ngebul

      Hapus
  3. Semoga ini bukan pertanda buruk, hanya merupakan strategi bisnis untuk meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi perusahaan.

    BalasHapus
  4. smoga apa yang bukalapak inginkan dari tindakan ini adalah yang terbaik.

    BalasHapus
  5. Saya pernah nyoba download aplikasi bukalapak dan lihat-lihat, secara fitur lebih ribet dan tampilan nggak menarik dibanding shopee dan tokped. Berharap ada inovasi agar tidak sampai bangkrut.

    BalasHapus
  6. Jangan bangkrut dong, saya sering beli sparepart sepeda onthel di bukalapak

    BalasHapus
  7. udah lama gak belanja di bukalapak, sekarang seringnya di shopee, heuheuheu

    BalasHapus
  8. Semoga BukaLapak tidak ada masalah internal yang parah. Berat rasanya jika harus mem-PHK ratusan karyawan gitu soalnya perusahaan tetap akan butuh kaeyawan agar besar.
    Saya rasa yang gemborin tagar unistal bukalapak itu gak bisa terima perbedaan.

    BalasHapus
  9. Semoga bukalapak mem PHK karyawan karena ingin karyawannya jadi pengusaha dan berjualan di bukalapak ya :)

    Btw, saya kadang salut banget ama orang-orang yang doyan belanja online dan rajin bandingin dari satu marketplace ke market place lainnya, sampai2 di hapenya ada banyak aplikasi marketplace hehehe.

    BalasHapus

 
Back To Top