Bahaya Video Call atau Webcam

Bahaya Video Call atau Webcam

Dulu jika kita ingin vedeo calling hanya bisa menggunakan yahoo messenger. Kini perangkat mobile pun sudah ada aplikasi untuk video call. Manusia benar-benar dimanjakan oleh kecanggihan teknologi. Sungguh luar biasa. Berkomunikasi tidak hanya sekedar lewat teks. atau suara tapi kita bisa langsung bertatapmuka. Layaknya berhadapan langsung. Terasa tidak ada lagi jarak yang memisahkan. Begitu dekat dan begitu nyata.

Tidak ada yang namanya ruang privacy dalam bermain internet. Walaupun Anda berada di kamar sendirian. Jangan merasa tidak ada yang mengawasi atau tidak ada yang tahu apa yang Anda lakukan dalam berdunia maya. Informasi Anda dalam berkomunikasi lewat internet tetaplah bisa disadap. Ingat, informasi yang ada kirim lewat internet tidaklah langsung menuju keseseorang yang Anda tuju. Tapi informasi itu akan singgah/lewat server operator telekomunikasi terlebih dulu.

Apa bahayanya video call atau webcam ? Sekarang ada aplikasi yang merekam kegiatan Anda di layar komputer atau perangkat mobile. Namanya, Screen Recorder. Yang biasa digunakan para blogger untuk tutorial. Sehingga saat Anda sedang melakukan komunikasi video call, Anda dapat merekamnya. Dan video tersebut dapat disimpan dan diputar ulang.

Disinilah bahayanya, jika saat Anda melakukan komunikasi video call dengan orang lain bersikap vulgar, tanpa sepengetahuan Anda, lawan bicara merekamnya. Dan hasil rekaman video tersebut menjadi alat memeras atau mempermalukan Anda. Lebih parah lagi video call tersebut diunggah ulang di Youtube, demi meraup dolar. Betapa malunya Anda bukan ?

Sudah banyak orang yang menjadi korban kejahatan video call akibat terlalau vulgar berkomunukasi. Akibat terlalu percaya dengan lawan bicaranya. Bagaimana mensiasati agar terhindar dari bahaya video call atau webcam ?

Tips agar aman dan nyaman saat video call :

Pertama, pastikan perangkat komunikasi Anda aman, tidak ada virus dan tidak ada yang menyadap. Saat menggunkan wifi gratis harus lebih waspada, jangan sampai data-data pribadi dalam perangkat mobile Anda tercuri.

Kedua, pastikan juga lawan bicara Anda tidak merekamnya. Seandainya dia merekamnya tidak akan menyebar luaskan, mampu menjaga nama baik Anda untuk selamanya. Hal ini yang sulit, biasanya jika sudah sakit hati, sang mantan akan membongkar kedok aib dan menghinakannya.

Ketiga, saat berkomunikasi bersuara dan berbusana yang sopan. Jangan melayani orang  asing yang minta ini dan itu. Jangan mudah terbujuk rayuannya atau tergoda dengan uang transferannya.

Keempat, ini khusus lelaki yang sering terjebak. Pastikan lawan bicara Anda benar-benar wanita. Bukan seorang pria yang menyaru jadi wanita, jangan terkecok dengan penampilan buah dada dan branya. Yang tidak kalah pentingnya, perhatikan profil videonya, apakah orisinil atau video editan/rekayasa. Intinya, jeli dan teliti, jangan sampai tertipu.

Apakah Anda pernah sesekali menelusuri rimbanya dunia maya ? Luangkan waktu sejenak, untuk mencari jejak-jejak yang mungkin belum pernah Anda kunjungi. Disana ada lorong-lorong yang menyeramkan. Ya, begitulah, Dunia maya tidak seindah yang kita bayangkan. Dunia maya bukanlah surga atau taman yang penuh dengan bunga-bunga wangi. Dunia maya, kadang sangatlah kejam. Saya sendiri kadang mengalami ketakutan dan was-was. Itulah uraian sedikit dari bahaya video call atau webcam, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top