Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer

Aku paling gemar memotret atau memphoto, sehingga aku dijuluki Tukang Photo Bukan Photographer. Mungkin karena peralatan yang aku gunakan sangat sederhana, atau mungkin karena aku suka keliling dengan membawa kamera, sehingga aku mendapat julukan seperti itu. Justru aku senang mendapat gelar baru, Tukang Photo Bukan Photographer. Sehingga aku pergunakan menjadi semboyan blog ini. Tukang Photo Bukan Photographer, siapa lagi kalau bukan Djangkaru Bumi

Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo dan Photographer, sama-sama bergelut dalam mengabdikan suatu obyek atau pemandangan. Agar obyek tersebut mempunyai nilai seni dan bisa dikomersialkan. Ada nilai jualnya. Maka tidak mengherankan jika Tukang Photo atau Photographer bisa menjadi ladang profesi atau pekerjaan. Menjadi ladang penghidupannya.

Apa perbedaan Tukang Photo dengan Photographer ? Sebenarnya tidak ada perbedaannya. Karena semuanya berburu suatau obyek untuk diabadikan dengan peralatan kamera. Sehingga obyek tersebut menjadi dua demensi ( dicetak ).

Perpedaan Tukang Photo dengan Photographer menurut Djangkaru Bumi :
  • Tukang Photo dianggap kelas pinggiran, sedangkan Photographer golongan elit.
  • Tukang Photo untuk istilah di kampung atau perdesaan, sedangkan Photographer di perkotaan besar.
  • Tukang Photo menggunakan peralatan sederhana, kalau Photographer peralatannya lebih komplek atau canggih/modern.
  • Tukang Photo mencetak hasil bidikannya tanpa sentuhan seni, sedangkan Photographer sebelum dicetak akan diedit menggunakan aplikasi yang mendukung. Sehingga Photographer hasil tangkapan kameranya akan lebih bernilai tinggi.
Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer

Tukang Photo Bukan Photographer

Photo-photo diatas hasil jepretanku dengan kamera mobile/handhphone. Merk Microsoft Lumia 640 XL Dual SIM, Resolusi Lensa 13 MP. Tanpa aku edit dengan aplikasi photoshop. Keadaan cuaca saat itu memang mendung, sehingga gambar tampak gelap. Dan saat mengambil obyek, aku pun tanpa memperhatikan sudut padang. Langusng jepret, dan bisa dilihat hasilnya, tidak ada nilai seni sama sekali bukan ?

Itulah sekilas, sekelumit perbedaan Tukang Photo dengan Photographer. Dan aku bangga menjadi Tukang Photo Bukan Photographer. Dan aku senang menjadi seorang Blogger yang memiliki idiom seperti itu. Dan itu mungkin hanya Djangkaru Bumi yang mendapat predikat atau tahta " Tukang Photo Bukan Photographer ". Kalau di Dunia Blog, Andah mendapat Mahkota atau predikat gelar apa  ?

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top