Tanpa Pakai Drama! Cara mengaktifkan Semua Port LAN Modem Indihome dengan Mudah

Port LAN Modem Indihome

Semangat menulis lagi. Masih seputar Modem Indihome. Membuat artikel berita yang tidak terlalu menguras pikiran saja. Biar suasana hati tetap terjaga keceriaannya. Kalau terbawa suasana berita politik terkini, pastinya hati tambah nelangsa. Nanti yang ada pastinya keluh-kesah dan umpatan. Kadang sempat heran, negara dalam situasi wabah yang akut gini. Eh tega-teganyak korupsi dana bansos. Pantas saja, bansos yang sampai ke tingkat bawah, nominalnya hanya sendulit.

Rakyat dalam keadaan hidup dan mati. Hampir setahun tapi belum ada kepastian pandemi ini kapan berakhir. Yang ada mah perpanjang terus PSBB. Sedangkan rakyat begitu pusing, memikirkan bagaimana perut ini terus terisi, sedangkan tidak punya pekerjaan. Seandainya kerja, juga anjlok pendapatan. Katanya disuruh kerja dirumah, tapi bingung pula apa yang dikerjakan. Eh eh, dapat beras paling hanya cukup dimakan sehari. Itu pun datangnya bansos sebulan sekali belum tentu.

Eh katanya tidak mau ngomongin berita terkini. Nah itu yang diatas, bahas apa? Iya ya, kenapa saya kok jadi baper. Lah gimana lagi tak terbawa suasana, rakyat yang hampir mati dan hanya bisa mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah, eh kenyataanya? Emang, kalau urusan duit serba ribet. Godaannya banyak. "Jangan jadi orang sukses, tapi jadilah orang bernilai" Slogan dari yang ono. Nah untuk jadi orang bernilai ini, untuk saat ini ukurannya uang.

Port LAN Modem Indihome

Dah ah, nanti jadi tidak karu-karuan. Saya mau bercerita pengalaman pribadi saja. Pengalaman mengaktifkan port LAN modem Indihome. Lubang socket LAN Indihome, kalau saya menyebutnya. Ya karena memang bentuknya lubang, yang nanti untuk mencolokan kabel LAN. Kalau bawaan modem dari Indihome, port LAN yang aktif hanya satu, dari empat port LAN. Itu pun kita tak tahu mana yang aktif. Jadi saat ingin memasang kabel LAN ke Komputer harus mencoba satu persatu untuk mengetahui yang aktif.

Awal saya belum tahu cara mengaktifkan semua port LAN Indihome sempat bingung juga. Sudah beli kabel LAN ukuran 25 meter, untuk internet komputer ponakan. Eh sampai pusing, dicoba satu demi satu tak hidup itu internetnya. Saya pun nyerah dan menduga kabel LAN yang bermasalah. Terpaksa hanya mengandalan wifi. Sebenarnya bagus pakai kabel LAN, karena sinyal internet lebih stabil.

Port LAN Modem Indihome

Saya sempat menghubungi Customet Indihome via Twitter. Saya mengeluhkan permasalahan tersebut, bagaimana cara mengaktifkan semua lubang atau socket LAN itu. Eh jawabannya"Apa perlu saya datangkan teknisi kerumah?". Saya jawab."Lain waktu saja". Lagian juga tidak penting banget. Dah biarin saja cukup satu yang hidup atau yang aktif.

Akhirnya tanpa sengaja saya pun tahu cara mengaktifkan semua port LAN modem indihome tersebut. Saat ganti pasword username:admin. Iya kemarin ganti password gara-gara wifi di rumah kebobolan. Saya sudah mengeluhkan wifi kebobol hampir setahun. Kenapa wifi dirumah sangat royal sekali, baru tingga minggu sudah dapat pesan SMS dari Indohome yang mengabarkan internet saya mengalami pelambatan, karena sudah mencapai batas FUP (Fair Usage Policy).

Port LAN Modem Indihome

Untuk menghidupkan port LAN tersebut, saat sobat login di Menu Indihome, pada kolom username, masukan kata admin. Paswordnya boleh anda coba, admin atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e. Untuk kepastiannya, saat pemasangan awal Indihome, jangan lupa tanyakan kepada teknisinya. Biasanya seh, teknisi hanya memberitahu username:user, yang paswordnya: user1234. Sedangkan kenyataanya, kita bisa login juga menggunakan username:admin.

Akses Root Modem Indihome:

username: admin

Pasword: admin atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e (silakan coba mana yang cocok untuk login)

Setelah sobat bisa login, pilih tools Network, tekan BroadBand Setting dan pilih Internet Setting. Pada bagian LAN Binding, silahkan cek list atau beri tanda centang semuanya. Jika sudah selesai, pilih tombol Apply. Untuk kebih jelasnya bisa sobat lihat gambarnya.

Bagaimana, mudah dan tanpa pakai drama bukan? Iya seh mudah. Tapi itu kata pembukanya yang kepanjangan. Tutorial yang semudah itu saja, pakai kalimat yang bertele-tele. Emangnya baca artikel tidak pakai kuota apa? Iya deh, maaf, gitu saja kok marah.

Pada intinya saat sobat login dengan username: admin akan lebih mengetahu jeroan modem indihome, daripada login dengan username:user. Sobat tidak hanya bisa mengatur atau mengaktifkan port LAN, tapi juga bisa mengatur jarak wifi yang diinginkan. Jika suatu saat ingin mengaktifkan modem bekas indohme menjadi acces point juga lewat login itu. Pada kesempatan lain, saya akan membahasnya. Cukup sekian, salam ngeblog!

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top