Channel Youtube Berburu Hantu Lagi Naik Daun, Apakah Hantunya Asli?


Sekarang lagi tren youtuber bertema Hantu. Berburu Hantu. Benar-benar lagi hits. Dan saya amati, setiap channel YouTube bertema makhluk halus, eh subcribernya meledak, bahkan ada yang mencapai ratusan ribu subscribe. Mantap betul, alias mantul. Saya pun dibuatnya tercengang. Ternyata, penggemar makhluk askal setiap jaman selalu ada. Setia pula. Dan ternyata juga, penggemarnya ada yang begitu fanatik. Tak kalah uniknya, sang pemilik channel mengaku dan merasa menjadi pablik figur.

Jadi jangan heran jika penggemar fanatik channel si A akan menyerang channel si B.  Sedikit ada gesekan atau kesalahpahaman, seru banget hasilnya. Dikolom komentarnya adu panas. Kalau bahasa gaulnya, si Hater. Mirip politikus papan atau kalau lagi berdebat.

Saya pun pernah dimintain pendapat seorang teman. Apakah hantu-hantu di channel ala pemburu hantu itu nyata atau setingan. Kalau channel YouTubenya katagori hiburan sebenarnya tak perlu dipikirkan secara rumit. Kan hiburan. Intinya ya menghibur. Jadi kalau itu hantunya settingan, ya sah-sah saja.

Orang bermain YouTube atau menjadi youtuber awal niatnya kan ingin menyajikan hiburan (entah itu untuk menghibur diri sendiri atau orang lain) sekaligus berburu dolar. Mengejar viewer sekaligus subscriber. Maka jangan heran, jika judulnya dibuat boombastis untuk merangsang orang agar menontonnya. Jadi tak perlu marah, kalau ada judul tak sesuai dengan kenyataan video.

Saya pun tak menjawab pertanyaan teman tadi. Hanya saya suruh untuk terus mengamati saja. Kalau channel YouTube yang dikerjakan secara tim, biasanya akan ada keretakan saat channel-nya menghasilkan dolar. Tidak puas dengan pembagian hasil. Dan akhirnya akan membuka rahasia. Terus pecah kongsi.

Belum lagi kini sudah ada pakar-pakar IT memberikan tutorial cara membuat hantu settingan. Bahkan dengan perangkat sederhana, semisal dengan aplikasi Kinimaster pun bisa untuk mengedit video hantu settingan. Semua itu tak ubahnya mirip trik sulap. 

Jadi soal percaya dan tidak percaya kembali ke individu penontonnya saja. Semua itu kan sekedar hiburan belaka. Dulu orang juga mengira pesulap-pesulap yang sering nongol di televisi dikiranya menggunakan bantuan jin. Dengan perkembangan waktu, trik-trik pesulap tersebut ada yang membongkarnya juga. Gimana, pusingkan baca artikel saya?

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top