Pahami Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda

Ketika berbicara tentang penyakit diabetes, satu hal yang selalu ada dalam pikiran kita yaitu usia tua. Maksudnya bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit ini hanya menyerang mereka yang berusia tua. Namun, saat ini semua sudah berubah dimana diabetes juga dialami siapa saja meski berusia muda. Lalu, apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda yang harus diwaspadai? 

Pahami Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda
Image: Medicalnewstoday.com
Seputar Penyakit Diabete
Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, jadi semua harus tetap waspada. Namun masih banyak yang berasumsi apabila diabetes hanya menyerang para orang tua. Dengan fakta tersebut akhirnya mereka yang berusia muda tidak mau menjaga gaya hidup sehat, sehingga akan berisiko lebih tinggi mengidap diabetes di usia muda. 

Seputar Penyakit Diabetes
Image: Beritagar.id
Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Fakta ini seharusnya menjadi salah satu bentuk peringatan keras supaya kita semua harus meminimalisir munculnya diabetes. Hal terbaik yang bisa dilakukan sejauh ini adalah dengan mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes supaya dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Makanan Penyebab Penyakit Diabetes 

Makanan Penyebab Penyakit Diabetes
Image: Se.starsinsider.com
Sebenarnya cara membuat kadar gula tetap seimbang itu cukup mudah. Caranya dengan menerapkan pola makan yang tepat dengan kombinasi karbohidrat, protein, lemak dan serat. Apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda? Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tidak sehat. Adapun beberapa makanan tersebut antara lain:
  1. Makanan Tinggi Karbohidrat
  2. Makanan penyebab diabetes di usia muda yang pertama adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat, seperti nasi putih, pasta, tepung terigu, roti dan juga kentang goreng.

  3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans
  4. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans bisa menjadi satu dari sekian banyak penyebab penyakit diabetes di usia muda. Makanan tersebut adalah daging olahan, daging merah, selai kacang, mentega, keju, susu tinggi lemak, krimer, junk food, kripik kentang dan kue.

  5. Buah Kering dan Buah Kalengan
  6. Pada umumnya buah yang dikeringkan memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa menyebabkan diabetes.

  7. Minuman Manis
  8. Minuman manis karena tambahan gula juga salah satu pemicu penyakit diabetes yang harus dihindari.
Mengetahui Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda 

Mengetahui Apa Saja Penyebab Penyakit Diabetes di Usia Muda
Image: Parents.com
  Bagi masyarakat yang berusia muda, maka akan dianjurkan untuk mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda. Penyebab tersebut diantaranya:
  1. Faktor Keturunan
  2. Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes bersifat turun temurun. Maksudnya ketika ayah atau ibu menderita penyakit diabetes bukan berarti juga mengalami hal yang sama, tetapi memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit ini.

  3. Disfungsi Pankreas
  4. Penyebab penyakit diabetes selanjutnya adalah adanya disfungsi pankreas. Kejadian ini biasanya terjadi pada seseorang yang mengidap diabetes tipe 1. Kondisi ini membuat pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara optimal sesuai dengan yang diperlukan untuk memecah makanan serta merubahnya menjadi energi.

  5. Infeksi Virus
  6. Penyakit diabetes ternyata juga disebabkan adanya infeksi virus. Infeksi virus ini bisa menghancurkan dan juga merusak sel-sel dalam tubuh seseorang dengan usia muda. Kondisi tersebut bisa memicu respons autoimun yang berdampak buruk pada fungsi pankreas sehingga menyebabkan diabetes.

  7. Obesitas
  8. Usia muda maupun tua yang memiliki berat badan berlebih sangat berisiko mengidap penyakit diabetes. Dengan berat badan berlebih ini akan mencegah tubuh merespons insulin. Tak hanya diabetes, ternyata juga sangat rentan mengidap penyakit kronis lainnya seperti penyakit kardiovaskular.

  9. Pola Makan yang Buruk
  10. Penyebab penyakit diabetes di usia muda selanjutnya adalah karena sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Perlu dipahami jika seseorang memiliki pola makan yang sangat buruk tidak hanya berisiko mengidap penyakit diabetes saja tetapi juga masalah kesehatan lainnya, seperti hipertensi, jantung, dan obesitas.
Memahami apa saja penyebab penyakit diabetes menjadi hal penting yang harus dilakukan. Terutama bagi anak muda. Hal ini bertujuan untuk mencegah terserangnya diabetes dikemudian hari.

Nah, itulah informasi mengenai apa saja penyebab penyakit diabetes di usia muda yang harus diperhatikan. Ingin belajar lebih banyak tentang diabetes dan penyebabnya?  Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Referensi dan sumber artikel dari cekaja.com

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top