Manfaat Teknologi 5G di kawasan Kota Industri

Walau masih dalam tahap pengembangan dan uji coba, teknologi mutakhir jaringan telekomunikasi 5g dinilai sebagai hal penting, dalam upaya pengembangan kawasan industri. Apalagi jika penerapannya maksimal, manfaat teknologi 5g akan berdampak dahsyat bagi berbagai sektor pembangunan. Rencananya tahun 2020 mendatang teknologi ini akan diluncurkan di berbagai belahan dunia.

Logo 5G
Image: kominfo.go.id
Secepat Kilat, Teknolog 5g Akan Berdampak Spektakuler
Beberapa manfaat signifikan bisa dirasakan penikmat teknologi 5g. Mulai dari kecepatan transfer data, multiple connection, dan minim buffering. Hal inilah yang membuat banyak pengelola kawasan industri seperti daerah Karawang memasukkan teknologi ini sebagai bagian dari fasilitas Karawang new industry city.
  • Kecepatan Super
  • Siapa yang tak ingin mengunduh banyak dokumen atau file dalam waktu cepat. Tercatat kecepatan dalam mentransfer data dari teknologi ini mencapai 800 Gbps/detik. Artinya, dalam beberapa detik saja puluhan film bisa Anda download dengan mudah.

    Tak salah jika salah satu raksasa pengelola kawasan industri seperti KNIC berupaya mewujudkan penggunaan teknologi 5g sebagai salah satu fasilitas Karawang new industry city yang rencananya akan rampung tahun 2025 mendatang.

  • Multiple Connection
  • Menggunakan 5g untuk menyambungkan berbagai perangkat akan sangat mudah. Seperti telepon selular, alat rumah tangga kekinian, dan kendaraan. Karena jeda antara pengiriman dan penerimaan informasi hanya sekitar 1 milidetik. Hal ini sudah diujicobakan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

  • Minim Buffering
  • Anda punya kendaraan dengan remote control, jika sudah menggunakan fasilitas ini akan semakin mudah mengatur dan menggunakannya baik dalam jarak dekat maupun jauh. Pastinya akan sangat berguna juga di kawasan industri yang mobilitasnya tinggi, karena manfaat teknologi 5g akan mempersingkat waktu produksi yang menggunakan teknologi mutakhir.
Di Indonesia sendiri memang belum tahu kapan teknologi ini akan dipakai secara nasional, tapi vendor telekomunikasi sudah mulai memperkenalkannya pada beberapa acara penting. Karena pemerintah masih membuat konsep untuk menerapkannya. Bisa jadi manfaat teknologi 5g baru akan dirasakan maksimal beberapa tahun mendatang.

Sumber/referensi artikel: knic.co.id

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top