BukaLapak Mem-PHK Karyawannya, Pertanda Bangkrutkah?

BukaLapak

Mendengar kabar yang kian santer tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan BukaLapak, rasanya kok ikut prihatin saja. Seratus karyawan dari total dua ribu enam ratus kena perampingan. Jumlah seratus orang itu banyak, eh kata Pak Menteri Rudiantara yang saya kutip dari Berita Online Kompas, jumlah tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan karyawan BukaLapak. Menurutnya hal wajar, sesuai dengan dinamika bisnis start up.

Saya itu sering sekali dapat kopdar undangan dari Toko Online BukaLapak ini. Dan sering dapat artikel placement. Ya, sedikit terkejut dan ada rasa tidak percaya jika BukaLapak melakukan efisien terhadap karyawannya. Dan saya juga pernah bertemu dengan pemilik sekaligus pendiri BukaLapak, Achmad Zaky.

Apakah ini akibat dari kekalahan jago calon presiden kang Zaky? Pastinya masih pada ingatkan ya, twitan kang Zaky yang sempat bikin geger dan heboh "Presiden Baru". Dan ramai-ramai dengan tagar uninstalkbuklapak dan tutuplapak. Aduh, kenapa kang Zaky sampai keseleo jemarinya. Kan saat itu lagi panas-panasnya pemilu presiden. Kata hatiku jaman dulu.

Apakah dengan terjadinya pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya pertanda BukaLapak bangkrut? Entahlah. Toko online dengan ciri khas warna merahnya kalau menurut pengamatan saya sedikit terseok-seok menghadapi para pesaingnya. Khususnya pesaing dari yang berwarna hijau dan yang berlogo huruf S. Semoga pengamatan saya ini salah dan keliru besar. Dan pastinya saya berharap, BukaLapak bisa lebih melesat maju.

Saya punya lapak di BukaLapak dan juga menjadi agen bukalapak walau belum bisa seratus persen berjalan. Lagi merintis mencari produk untuk dipasarkan. Ya paling tidak kan saya termasuk penggemar dan pengagum dari toko on line ini.

Walau BukaLapak lagi mengatur strategi bisnisnya, saya berharap tidak terjadi PHK terhadap karyawannya. Kalau perlu justru menambah karyawan, biar orang-orang yang nganggur terserap tenaganya. Kalau saya boleh usul, lebih baik ada pergantian atau rotasi pucuk pimpinan di tubuh BukaLapak. Biar lebih fresh.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top