6 Tips Pengusaha Pemula Mencari Modal Usaha

Modal Usaha

Ada banyak cara mencari modal usaha, namun dari berbagai cara tersebut anda harus benar-benar memahami mana yang terbaik untuk bisnis anda.Misalnya apakah dengan meminjam bank, meminjam kerabat terdekat, atau dengan model mengumpulkan modal dari para investor.

Pada artikel ini, akan dibahas beberapa tips sebelum anda mencari modal usaha.
  1. Hindari meminjam modal dengan Bunga terlalu besar
  2. Biasanya hal ini terjadi saat anda meminjam uang di bank. Yang menjadi masalah adalah, saat usaha anda tidak benar-benar berjalan sesuai rencana, maka dapat dipastikan bunga pinjaman bank akan sangat memberatkan kesehatan finansial anda.

    Jika memang anda harus meminjam bank, anda harus memilih jenis pinjaman dengan bunga yang ringan. Banyak produk produk pinjaman bank yang memang fokus untuk membantu pengusaha kecil dan pemula. Misalnya, KUR BRI, Bank mandiri dan lain sebagainya.

    Pastikan keputusan anda ini sudah dipertimbangkan dengan hati-hati dan penuh dengan pertimbangan.

  3. Usahakan meminjam kekerabat terlebih dahulu
  4. Meminjam modal kepada kerabat terdekat menjadi salah satu solusi terbaik. Selain tidak berbunga, anda bisa tenang karena faktor kedekatan psikologis. Namun, anda harus komit dengan perjanjian awal. Jangan pernah kecewakan saudara anda.

    Bayarlah tepat waktu sesuai dengan janji di awal. Karena dengan komitmen tersebut, anda akan terbiasa dengan kedisiplinan masalah keuangan. Anda juga akan terbiasa profesional meskipun dengan sodara terdekat anda.

  5. Carilah pinjaman koperasi/ikutlah menjadi anggota simpan pinjam koperasi
  6. Konsep koperasi menjadi salah satu solusi terbaik mendapatkan pendanaan. Model bisnis koperasi adalah dari anggota untuk anggota, artinya modal yang anda pinjam dari koperasi berasal dari anggota, dan akan kembali ke anggota dengan persyaratan tertentu yang tertuang dalam ADART.

    Anda tidak akan rugi jika anda adalah anggota dari koperasi itu sendiri. Biasanya, syarat meminjam di koperasi simpan pinjam adalah menjadi anggota koperasi tersebut.

    Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika anda meminjam koperasi, misalnya anda akan mendapat keuntungan bagi hasil, setoran setiap bulan yang terus menurun, dan keuntungan-keuntungan yang lain.

  7. Jual aset yang anda miliki
  8. Ini adalah salah satu jalan mencari modal terbaik. Karena anda tidak perlu hutang, anda hanya perlu menjual aset yang anda miliki saat ini. Hasil menjual aset ini anda gunakan sebagai modal usaha.

    Anda tidak akan terbebani oleh setoran setiap bulan, anda akan bebas mengatur dan mengelompokan modal tersebut sesuai plot yang anda inginkan. Mulailah berpikir apa aset yang bisa anda jual sebagai modal usaha. Namun, anda harus bisa mengatur modal tersebut dan menargetkan untuk mengembalikan aset yang sudah anda jual. Anda harus tetap mengembalikan modal awal ini, misalnya dalam jangka waktu tertentu.

  9. Buatlah konsep bisnis, dan ajukan ke investor/pemodal
  10. Nah, ini adalah cara yang membutuhkan kreatifitas anda. Carilah ide terbaik, gali ide tersebut menjadi sebuah konsep bisnis yang bisa anda jual kepada para investor atau pemodal.

    Jika konsep bisnis anda bagus, dan anda bisa meyakinkan investor, maka akan banyak investor yang bisa anda jaring dan menjadi pemodal anda. Buat sebuah sistem yang saling menguntungkan antara anda dan investor.

  11. Selalu berpikiran optimis dan positif
  12. Nah, ini adalah tips terakhir dalam mencari modal bisnis. Kenapa, karena seberapapun modal yang anda miliki, jika anda tidak memiliki pikiran positif dan optimis maka saya jamin anda tidak akan memiliki keberanian untuk menggunakan modal tersebut.

    Kalaupun anda menggunakan modal tersebut, anda tidak akan memiliki keyakinan akan dapat mengembalikan modal yang sudah di keluarkan. Maka milikilah mental yang positif dan optimis.
Itulah 6 tips bagi pemula dalam mencari modal usaha. Dari keenam tips tersebut, silahkan disesuaikan dengan kemampuan dan jenis bisnis yang akan anda geluti.

Sumber/referensi artikel: folderbisnis.com

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top