Jangan Panik Jika Kolom Komentar Blognya Hilang, Ini Solusinya!

Kolom Komentar Blognya Hilang

Semakin lama ngeblog, akan semakin banyak pengalaman. Ternyata dunia ngeblog itu banyak lika-likunya. Yang tampaknya sederhana, ternyata menyimpan misteri yang bikin kepala pening. Apalagi jika sering gonta-ganti template, akan banyak resiko yang nantinya dijumpai. Salah satunya adalah tiba-tiba kolom komentarnya hilang atau tidak muncul.

Hal seperti ini sudah banyak yang mengalami. Dan saya pun juga punya problem seperti itu. Kolom komentar tidak muncul. Dan icon dibawah judul artikel yang biasanya ada kok tiba-tiba hilang. Soal template, saya sudah memastikan baik-baik saja. Tidak ada kerusakan pada kode HTML-nya. Lokasi komentar tersemat pada setelan postingan, komentar dan berbagi.

Kolom Komentar Blog Hilang

Isi kepala saya penuh tanda tanya. Kok bisa kolom komentar tidak muncul alias hilang. Wah ternyata usut punya usut, setelah saya cek pada artikel. Pada tools yang bergambar gerigi, Pilihan. Komentar pembaca, yang tercentang Jangan Izinkan. Pastas saja! Setelah yang saya centang Izinkan, kolom komentar muncul kembali. Lega hati ini. Dan kepanikan pun hilang setelah ketemu solusinya.

Kolom Komentar Muncul Kembali

Wah kalau begini, berarti harus cek satu persatu artikel jadinya. Gempor jika artikelnya sudah mencapai ratusan. Lelah dan letih pastinya. Ya, itulah resiko jika sering otak-atik template. Tapi tidak apalah ya, yang penting ketemu problem maupun kendalanya. Template sudah sempurna lagi.

Memang perlu diakui, jika bicara tentang template atau tema. Tidak akan puas, selalu haus dan ingin ganti. Kadang memang, edit-edit tema lebih mengasikan daripada membuat artikel itu sendiri. Lebih terasa tertantang gitulah. Sebenarnya tema yang sudah punya ciri khusus, itu sudahlah cukup.

Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan panik jika kolom komentar blognya hilang. Solusinya sangat mudah kok. Seperti yang saya uraikan diatas, tinggal centang pada izinkan komentar pembaca di tools pilihan. Salam ngeblog!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top