Enaknya Jadi Youtuber di Jaman Now

Buku Tentang Youtube

Dulu saya sempat melarang seseorang bermain atau menjadi Youtuber. Karena apa? Saat itu, untuk video yang ada di youtube sungguh liar dan bebasnya. Film yang berbau ngeri-ngeri sedap, yang bikin mata melotot. Yang membuat enak-enak tapi menyiksa dengan mudahnya dijumpai. Dan viewer video tersebut sungguh tingginya. Berarti banyak yang menonton dan menikmati. Khusunya bagi yang jomblo sangat menggemarinya. Termasuk admin kah? Eist, tidak lahyou!

Dengan adanya peraturan pemerintah yang melarang video yang enak-enak itu, pastinya berkat kerjasama dengan google juga. Sekarang sangat sulit dijumpai video desahan nikmat tersebut. Orang tua, pastinya akan merasa tenang dan nyaman, saat anaknya menonton video di youtube. Terimakasih buat Mentri Kominfo, yang berani bertindak tegas.

Nah dengan adanya kebijakan tersebut, kini semakin meriah  dan rami bermunculan Youtuber kecil. Sungguh luar biasa bukan? Saya pun ikut senang. Ada ada kecil, jika ditanya "Besok kalau gede cita-citanya ingin jadi apa?", "Youtuber", selorok jawabnya. Kini Youtuber dianggap sebagai sebuah pekerjaan atau profesi.


Saya masih ingat, saat dulu terjun sebagi youtuber amatiran. Yang hanya mengandalkan kamera handphone merk Nokia N70.  Banyak sekali rintangannya, yang jelas mental harus kuat dengan cibiran dan cemoohan. Siap dianggap orang sinting dan kurang kerjaan.

Belum lagi kena teguran security dan suruh menghapus videonya saat meliput di arena permainan. Atau pemilik usaha yang merasa keberatan jika diabadikan. Yang paling sadis, kena bentak dan omelan, diusir. Hal-hal seperti itu, yang pernah saya rasakan. Kenyang pengalaman.

Kini masyarakat semakin terbuka. Mereka senang jika usahanya diabadikan. Mereka berterimakasih, usahanya telah dipromosikan dengan gratis. Secara tidak langsung youtuber ikut mengembangkan dan membesarkan usahanya, agar semakin dikenal luas. Mereka mengakui, dunia internet itu sangat penting bagi kelangsungan usaha bisnisnya.

Terus enaknya jadi Youtuber di jaman now apalagi? Buku-buku turorial tentang youtube banyak dijumpai di toko buku. Sinyal atau jaringan internet yang semakin cepat dan harga kuota terjangkau. Apalagi jaringan Wifi gratis mudah didapatkan. Peralatan pendukung untuk ngeyoutube semakin canggih juga. Belum lagi aplikasi edit video di hape android banyak pilihan, yang semuanya mudah dipahami dan dimengerti. Mungkin pembaca ingin memberikan komentar dan tambahan?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top