Solusi untuk Tombol Reply atau Tombol Balas Komentar yang Error

Tombol Reply Tidak Berfungsi

Minggu terakhir ini heboh dengan keluhan para blogger atas tidak berfungsinya tombol balas atau tombol reply di blognya. Saya termasuk juga di dalamnya, kenapa bisa mendadak tidak bisa di klik itu tombol balas. Hampir semua link tombol yang tidak mengarah ke " javascript:; ", dipastikan tidak bisa bekerja. Semua thread komentar. berubah menjadi vertikal. Disitulah seninya ngeblog, tidak hanya soal menulis artikel. Tapi harus siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Tiap tahun, ada kejutan baru.

Solusi tombol balas yang tidak bisa klik, mau tidak mau harus kembali ke model atau bawaan blogspot itu sendiri. Emang terlalu sederhana model tampilan thread komentarnya model bawaam blogspot. Sehingga tidak ada ciri khas atau kepuasannya.

Anda harus membuat blog baru tanpa dipublish alias privat sebagai bahan percobaan edit tema blog. Lebih dari satu itu bagus, untuk memperdetail hasil editannya.  Hal ini juga agar tidak mengganggu blog utama. Nanti jika sudah dinyatakan berhasil baru diterapkan. Itu pengalaman saya.

Tombol Reply Tidak Berfungsi

Dalam hal ini saya menggunakan tema template bawaan blogspot model sederhana. Nanti semua kode <b:includable id='...'>...</b:includable> dibawah kode <b:widget-settings>,yang menyangkut atau mengenai Comment, saya ganti dengan punyanya kode tema template model sederhana. Saya copy-paste. Entah itu id=comment-form, id=comment counter_picker dan yang lainnya.

Dan jika tampilan kolom komentar belum rapi. Pada kode <b:includable id='main' var='top'>, bagian <b:include data='post' name='comments'/> biasanya ada dua. Kalau ada satu, Anda harus menambahkan satu lagi biar kode breadcrumbs tetap bisa tampil.  Nah, kode yang kedua ganti dengan  <b:include data='post' name='comment_picker'/>. Hanya mengganti name='comments' menjadi name='comment_picker'.

Tombol Balas Terbaru

Untuk kode CSS komentar nya, gunakan juga bawaan blogspot. Atau dengan mengedit kode CSS komentar yang telah ada, agar bisa berfungsi kembali. Sehingga tampilan kolom atau thread tampak lebih indah. Pada intinya, setiap model tema blog punya keunikan dan solusi tersendiri. Apa yang saya sampaikan ini, bisa jadi berbeda dengan punya Anda.

Saya yakin, apa yang saya sampaikan ini membuat bingung pembaca. Jelemit dan tidak jelas. Ya, begitulah jika sudah menyangkut kode-kode html tema. Tapi dengan langsung praktek atau sering otak-atik jeroan tema template pastinya akan lebih paham dan mengerti. Tapi jika tidak mau ambil pusing, pergunakan kolom komentar disqus saja. Kalau ganti dengan tema template blog baru? Itu solusi bagus, tapi Anda harus mengedit ulang meta tagnya juga. Kalau dipikir-pikir sama peningnya.

Related Posts

18 komentar :

  1. ini yang saya cari. tapi kudu siap kopi plus kripik biar kuat. hahahhaa

    BalasHapus
  2. He..he..😀
    Akhirnya datang juga yang ditunggu--tunggu para blogger..
    Saya pun mengalaminya, tahun 2017

    BalasHapus
  3. Bikin njlimet bang. Saya belum perbaiki tuh, masih error

    BalasHapus
  4. saya lebih suka pake disqus kang, hehe.....

    BalasHapus
  5. Kalo yang blogspot free normal ya, Bang...

    BalasHapus
  6. Tombol replay bermasalah kebanyakan template dari mbak arlina kang...?

    Kasus ini berdampak menurunya visitor blog saya...

    BalasHapus
  7. oooo ada masalah ya sebelum ni? kalau mas datang ke blog saya ada masalah sama juga ke?

    BalasHapus
  8. Luar biasa, selama ini nyari-nyari, eh diposkan sama Mas Bumi di sini. Nggak bisa reply itu memang menjengkelkan sekali hahaha. Wah nanti saya coba Mas. Terimakasih ilmunya yang sangat luar biasa ini. Thanks for shared ... 🤗

    BalasHapus
  9. om bisa bikin lebih detil ? punya saya masih gagal nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau detail pastinya kepanjangan artikelnya. Semua yang menyangkut commet ganti saja dengan punyanya tema blogspot model sederhana. entah dari form commet, threadnya maupun js nya.

      Hapus
  10. Nyerah Bang kalau suruh edit...unutung komennya ada 3 blogger,disqus sama facebook jadi bisa milih sendiri

    BalasHapus
  11. balik lagi melihat lagi. belum sempet saya terapin

    BalasHapus
  12. sudah bisa lagi punya saya.

    BalasHapus

 
Back To Top