Hari Minggu Terdampar di Pasar Ambal Kabupaten Kebumen


Saya itu mamang tidak pernah betah di rumah. Rasa dan hawanya itu suntuk. Jenuh memandang dinding dan langit-langit yang tampak cemberut. Atau mungkin, dinding dan langit-langit yang justru bosan dengan saya? Entahlah. Pokoknya kalau di rumah itu, pikiran ini tambah kusut. Bagaikan benang semrawut. Ujung dan pangkalnya tidak jelas rimbanya. Mencari keramaian biarlah segar hari dan pikiran.

Kali ini saya jalan-jalan ke Pasar Ambal, pasar yang letaknya di pesisir selatan Kebumen. Mendekati pantai Ambal, atau dekat dengan arena pacuan kuda. Pasar tradisional, yang ramai transaksi jual-belinya dihari-hari tertentu. Kalau tidak salah, di hari minggu dan kamis. Kadang saya ini juga sering-bertanya-tanya, kenapa pasar kok buka atau ramainya dihari-hari tertentu. Seandainya buka tiap hari apakah tidak bisa? Jawaban yang saya peroleh, kalau buka tiap hari sepi pembeli.



Sampai di Pasar Ambal, langsung deh jeprat-jepret mirip wartawan. Bahkan ada yang mengira saya wartawan betulan yang sedang meliput keramain pasar. Mungkin karena saya terlalu percaya diri, saat mengambil gambar. Masuk ke dalam pasar pun tetap beraksi dengan kamera handphone. Tiap sudut pasar saya abadikan.

Di Pasar Ambal, Anda juga bisa berkuliner ria. Yang paling terkenal adalah sate dengan bumbu kacang, namanya sate ambal. Rasanya mantap, nikmat dan gurih. Harganya pun sangat bersahabat. Tapi saat itu, saya tidak membelinya, maklum tanggal tua. Bekal perjalanan sangat minim, jadinya harus pandai menghemat diri.


Hati ini terhibur melihat aktivitas jual-beli pasar tradisional. Disana tidak hanya sekedar jual-beli barang. Tetapi juga ada unsur interaksi, sehingga bisa merekatkan nilai persaudaran atau bersosial. Komunikasi antar penjual dan pembeli bisa lebih terjalin. Saling bisa bersapa-ria, hal yang sangat menyenangkan. "Sini Nak, mau beli apa?" atau "Sini Nak, boleh kok lihat-lihat!".

Alamat Pasar Ambal berada di Kapung Wetan, Ambalresmi, Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Kode Pos 54392. Pasar Ambal kalau siang sudah sepi, jika Anda ingin jalan-jalan kesana, saya sarankan dipagi hari. Cukup sekian cerita saya, sebuah perjalanan cuci-mata dihari Minggu. Terdampar tidak sengaja di Pasar Ambal Kabupaten Kebumen.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top