Penambah Nafsu Makan Anak Usia Satu Tahun

Penambah Nafsu Makan Anak Usia Satu Tahun

Anak adalah anugrah dan titipan dari Tuhan YME. Sebagai orang tua, wajib merawat dan mendidik anak dengan sebaik mungkin. Penuh kasih sayang, perhatian dan kesabaran. Kalau anak susah makan? Berbagai cara dilakukan para orang tua terutama ibu-ibu untuk meningkatkan nafsu makan anaknya. Apalagi orang tua dengan anak yang pertumbuhannya terganggu atau tidak normal yang disertai dengan kondisi anak yang malas untuk makan. Cara paling cepat biasanya dengan memberikan vitamin anak penambah nafsu makan.

Sebelum memberi vitamin penambah nafsu makan anak, ada baiknya ibu menggunakan cara alami dalam meningkatkan keinginan buah hati untuk makan. Ibu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti temulawak, madu hingga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Penggunaan bahan herbal tentunya lebih sehat serta minim efek samping. Selain dengan cara memberikan bahan alami untuk menambah nafsu makan anak. Lakukan juga berbagai upaya berikut yang dapat meningkatkan kembali nafsu makan anak.

Tips Penambah Nafsu Makan Anak Usia Satu Tahun
Di bawah ini merupakan beberapa trik dan tips penambah nafsu makan anak usia satu tahun, 2 tahun, 3 tahun hingga 12 tahun yang bisa ibu coba untuk membuat anak mau makan.

1. Sesuaikan makanan dengan gigi si anak
   Tips penambah nafsu makan anak usia satu tahun adalah dengan menyesuaikan makanan dengan kondisi gigi si anak. Bisa jadi anak tidak mau makan karena ibu memberinya makanan yang keras atau tidak sesuai dengan kondisi gigi anak sehingga susah dimakan. Jika gigi geligi anak baru muncul dan sistem pencernaannya masih belum optimal, ada baiknya ibu membuat makanan yang mudah dikonsumsi. Pastikan, ibu memotong sayuran dalam bentuk kecil-kecil lalu hingga matang. Untuk daging, ibu dapat mencingcangnya dalam ukuran kecil dan pastikan daging yang dipilih tidaklah alot. Sementara untuk buah, ibu dapat memberi si kecil buah yang manis dan telah matang.

2. Buat suasana makan yang menyenangkan
   Penambah nafsu makan anak usia satu tahun yang selanjutnya dapat dilakukan dengan cara membuat suasana makan yang menyenangkan bagi si kecil. Dalam hal ini ibu dapat mengajak si kecil makan bersama-sama. Selain itu pastikan Ibu tidak memaksa si kecil ketika anak tidak mau makan. Memaksa buah hati untuk makan hanya akan membuat anak tegang hingga memunculkan rasa tidak suka ketika waktu makan tiba.

3. Hindari ngemil dan banyak minum
   Tips penambah nafsu makan anak usia satu tahun selanjutnya adalah dengan menghindari ngemil dan banyak minum sebelum makan. Air yang diminum buah hati dapat memenuhi perut sehingga rasa kenyang dapat segera muncul. Jika hal ini terjadi, maka keinginan anak untuk makan juga akan hilang. Selain minum, hal ini juga berlaku bagi konsumsi camilan. Konsumsi camilan secara berlebihan bukan hanya tidak sehat melainkan juga menghilangkan nafsu makan si anak ketika waktu makan tiba.

4. Buat menu makan semenarik mungkin
    Salah satu alasan si anak tidak tertarik untuk makan adalah karena makanan yang tidak menarik. Untuk mengatasinya, Ibu dapat membuat ragam variasi menu untuk menggugah minat si kecil agar makan. Membuat variasi makanan dapat dilakukan melalui pembuatan menu dari buah dan sayur dengan warna-warni yang menarik. Mengkombinasikan sayur dan buah menjadi satu tidak hanya menghasilkan menu yang menarik melainkan juga baik bagi kesehatan. Selain itu, masukkan juga sumber karbohidrat demi memenuhi kebutuhan energi harian si kecil.

5. Konsultasi ke dokter
    Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berkonsultasi ke Dokter. Hilangnya nafsu makan si kecil secara berlarut-larut dapat memicu gangguan kesehatan si kecil. Konsultasikan pada Dokter jika anak susah makan dalam waktu 2 minggu. Dokter akan membantu Ibu menemukan solusi masalah yang tepat bagi kondisi si buah hati.

Berbagai Tips di atas merupakan upaya efektif menambah nafsu makan anak usia satu tahun ke atas yang dapat para orang tua lakukan untuk membuat nafsu makan anak kembali meningkat. Anak sehat dan terpenuhi asupan gizinya, pastinya menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Sumber/referensi artikel: vitaminjungle.net

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top