Kiat Sukses Tembus SBMPTN bersama Unacademy

Kiat Sukses Tembus SBMPTN bersama Unacademy

Belajar untuk persiapan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebenarnya hal yang mudah. Namun, banyak siswa yang merasa kesulitan belajar untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi ini. Padahal, ada beberapa kiat yang harus disiapkan agar SBMPTN bisa dijalani dengan lancar dan prodi kuliah yang diinginkan bisa tercapai.

Tentu, agar bisa sukses lulus ujian SBMPTN dengan lancar, maka kita harus banyak berlatih. Melatih diri dengan soal-soal standar SBMPTN beberapa tahun sebelumnya, juga sangat membantu. Dengan berlatih soal standar SBMPTN, maka kita akan terbiasa dengan aneka model soal SBMTN dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Setelah berlatih soal dengan standar SBMPTN, maka kita bisa melakukan evaluasi kesiapan. Kita bisa memetakan materi mana yang sudah kita kuasai dan mana yang belum. Namun, yang paling penting adalah melakukan evaluasi mental setelah mengerjakan soal SBMPTN tahun lalu. Ada kalanya, kita meremehkan untuk mengecek kembali jawaban kita dan mendalami lagi maksud dari soal tersebut.

Kiat Sukses Tembus SBMPTN bersama Unacademy

Evaluasi kesiapan ini juga dilakukan dengan mengetahui passing grade prodi yang akan diambil. Setiap prodi memiliki passing grade masing-masing. Dari passing grade ini, maka kita bisa mengevaluasi kekuatan dan kelemahan di tiap pelajaran. Ketika kita sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan di tiap pelajaran, maka kita bisa menyusun prioritas dan fokus melakukan review bahan pelajaran yang masih kurang.

Setelah mencoba mengerjakan soal SBMPTN tahun lalu dan melakukan evaluasi kesiapan, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang harus dipelajari. Nah ternyata, tak semua materi pelajaran dari kelas X hingga XII harus kita kuasai. Ada beberapa materi yang memang harus kita perdalam dengan tuntas, namun juga ada juga materi yang tak perlu kita kuasai dengan mendalam. Strategi ini penting karena jadwal persiapan untuk SBMPTN biasanya sangat mepet.

Unacademy

Untuk menyiasatinya, salah satu solusinya adalah belajar melalui channel Youtube Unacademy. Unacademy adalah sebuah sarana yang menghadirkan konten edukasi dengan berbagai inovasi teknologi terkini untuk menghilangkan jarak antara pengajar dan pelajar. Tidak semua orang memiliki pengetahuan untuk dibagi. Tidak selamanya pengajar terbaik adalah pengajar yang telah mengajar secara offline baik dalam ruang kelas sekolah, bimbingan belajar, dan lain-lain. Terdapat banyak orang diantara kita yang memiliki potensi hebat untuk berbagi ilmu namun tidak mendapatkan cukup ruang untuk berekspresi.

Unacademy memiliki lebih dari 35.000 video yang dapat dinikmati secara online dengan topik yang sangat bervariatif. Mulai sejarah dan bahasa asing hingga sains dan matematika.  Selain itu, juga ada pelajaran khusus untuk siap menghadapi ujian tertentu. Visi Unacademy adalah untuk membangun sebuah wadah edukasi tersebar di dunia dengan bantuan pengajar-pengajar terhebat dalam membagi pengetahuan untuk dibagi kepada berbagai pelajar di seluruh dunia.

Materi-materi di Unacademy disajikan tiap bab singkat. Ketika belajar melalui Unacademy, kita tak akan bosan untuk melihat video panjang. Kita bisa memilih materi UN (Ujian Nasional) dan SBMPTN mana yang masih belum dikuasi. Menonton secara berulang dan fokus akan memudahkan kita dalam memahami materi SBMPTN tersebut. Dengan durasi video yang singkat, kita juga bisa mengulang materi penting di dalam SBMPTN yang banyak dimunculkan.

Unacademy ini juga memuat latihan soal yang disesuaikan dengan kisi-kisi UN dan SBMPTN. Jadi, kita bisa belajar soal-soal yang akan keluar di ujian nanti. Nah tunggu apa lagi, yuk kita semangat giatkan belajar SBMPTN demi cita-cita dan kesuksesan kita semua!

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top