Karya Seni Academy Recycle di Terminal Pulo Gebang

Academy Recycle

Kualitas kesabaran, antara orang yang kerjanya didepan komputer dengan orang yang dijalan itu berbeda. Tantangannya pun juga berbeda. Orang yang kerjanya didepan laptop sesekali bisa sambil minum kopi. Nah, kalau orang yang kerjanya sering di jalan-raya? Asap kenalpot menu utamanya. Panas terik matahari menjadi teman setianya.

Maka dari itu, saya sekarang lebih suka jalan-jalan, mencari tantangan, mencari suasana dan hal-hal baru. Menguji tingkat kesabaran, saat menghadapi kemacetan lalu-lintas. Seberapa saya tertib dalam berkendara. Seberapa saya perduli dengan sesama. Dan seberapa saya sopan dalam bertutur-kata. Adakah kata ucapan cacian-maki dan sumpah serapah saat ada rintangan di jalan ?

Academy Recycle

Nah, saat jalan-jalan tanpa arah itulah saya menemukan gerai atau kios Academy Recycle. Sebenarnya saya sendiri bingung dengan nama gerainya, terlalu kebarat-baratan. Tapi pandangan mata saya lebih terfocus atau lebih tertarik dengan isi di gerai tersebut. Karya seni lukisan begitu indah sekali. Sungguh menakjubkan.

Academy Recycle

Recycle yang mempunya makna daur ulang. Ya, lukisan di gerai Academy Recycle memanfaatkan dari bahan bekas, khususnya dari bahan styrofoam atau yang lebih terkenalnya dengan sebutan gabus. Di negara kita, penggunaan styrofoam begitu meningkatnya, karena sangat praktis untuk tempat makanan. Sekali pakai langsung dibuang. Perlu diingat, bahan sampah styrofoam sulit terurai seperti halnya dengan sampah plastik. Dan ini menjadi permasalah di kota-kota besar.

Academy Recycle

Saya pun sempat berbincang-bincang lama dengan pemilik gerai Academy Recycle yaitu Bapak Surani. Lagak saya pun mirip wartawan, bertanya ini dan itu. Sangat detail sekali saya dalam mewancarainya. Untung sekali Bapak Surani itu orangnya ramah. Tidak merasa tertanggu dengan polah saya. Bahkan saya diijinkan untuk memotret dari segala penjuru. Dan saya juga dipersilahkan untuk mengabadikan lewat video.


Begitu hebatnya Bapak Surani bukan? Dari hal yang tidak beguna lebih tepatnya sampah styrofoam menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Disulapnya menjadi lukisan yang sangat berharga. Sudah banyak petinggi negeri yang memesan untuk dilukisnya, bahkan ada juga dari mancanegara. Sungguh luar biasa tenarnya.

Bapak Surani juga membuka pelatihan pemanfaatan daur ulang srtyrofoam. Bagi yang ingin belajar melukis atau yang ingin mengundangnya sebagai nara sumber, silahkan hubungi nomor telephone : 0851-0211-7784. Karena Bapak Surani sudah terbiasa diundang ke sekolah-sekolah untuk memberikan pembekalan bagi siswa/murid. Alamat Academy Recycle di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Lantai LG, No 9-10, RT.11/RW.3, Pulo Gebang, Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Kode Pos 13950.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top