Manfaat Daun Binahong Mempercepat Penyembuhan Luka Jahitan Operasi

Manfaat Daun Binahong

Tanaman binahong hidupnya menjalar. Dikampung saya, mungkin hanya sedikit yang mau menanamnya. Sebenarnya pohon binahong mudah tumbuh dan perawatannya sangatlah praktis. Bisa ditanam di dalam pot. Atau ditanam di pekarangan rumah, yang selanjutnya nanti dibuatkan tali sebagai jalur rambatannya. Lebih rapi lagi jika dibuatkan pagar bambu, biar nanti pertumbuhan dedaunan binahong tampak lebih segar. Tidak disangka ternyata manfaat dari daun binahong sungguh luar biasa.
Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong

Awal mula sebelum mengenal manfaat daun binahong. Saya membeli obat penyembuhan luka jahitan setelah operasi, ke apotik dan obat racikan yang harganya lumayan mahal sekali, enam kapsul harganya sejuta lima ratus ribu rupiah. Obat dari dokter rumah sakit tidak bisa mengeringkan luka jahitan. Ya, itulah terpaksa saya mencari obat sendiri, pindah dokter dan pindah opetek sana-sini. Enam bulan lamanya baru menemukan dokter dan obat yang cocok. Luka jahitan baru kering dan sembuh.

Manfaat Daun Binahong

Itu pengalaman sebelum mengenal daun binahong. Kini, salah satu keluarga saya harus dioperasi jahit kembali. Pastinya ada perasaan was-was dan takut luka jahitan tidak mengering dan memakan waktu lama penyembuhannya. Seperti yang sudah-sudah. Peninglah kepala.

Berkat informasi dari salah satu sahabat, setelah operasi jahitan disuruh makan daun binahong. Daun binahong dijadikan lalapan. Dan ternyata memang benar, dalam hitungan satu minggu jahitan luka operasi mengering dan sembuh. Tidak basah seperti pertama kali operasi jahitan. Bisa menghemat biaya, senang rasanya. Terimakasih, ya Tuhanku !

Saat, lalapan daun binahong secukupnya saja, lima lembaran. Daunnya dicuci bersih. Jika terlalu banyak punya efek samping, pening, mual dan diare. Saya sarankan bagi ibu yang menyusui jangan makan daun binahong. Kasihan bayinya, karena berpengaruhi pada kualitas rasa dari ASI sang ibu. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi sang pembaca. Daun binahong bisa dijadikan obat herbal, penyembuhan luka jahitan setelah operasi.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top