Cara SEO Menghapus Error 404

Cara SEO Menghapus Error 404

Agar web/blog tampak sehat dan mempunyai reputasi yang bagus di mesin pencari, khususnya google. Kita harus sering menghapus link/url yang sudah terindex oleh google tapi link atau url tersebut telah telah rusak atau error. Kerusakan tersebut diakibatkan kita telah menghapus atau mengedit url artikel. Istilah ini sering dikenal dengan error 404.

Bagi yang sudah lama ngeblog, dan telah publish artikel banyak, seiring waktu ada rasa malu saat membaca ulang artikelnya. Dan akhirnya menghapus artikel tersebut, sedangkan artikel itu sudah terindex oleh mesin pencari google. Hal-hal semacam ini sudah menjadi lumrah.

Bagaimana cara menghapus errot 404 ? Caranya mudah sekali. Hanya perlu kesabaran. Apalagi jika error 404 sudah mencapai ratusan. Melelahkan pastinya. Makanya disarankan untuk setiap sebulan sekali untuk sering mengontrol dan menghapus error 404.

Tahapan Pertama, kunjungi Google Webmaster Tool atau Google Seacrh Console, bagi yang sudah pernah mendaftakan url blognya. Bagi yang belum, pastinya mendaftarkan url blognya terlebih dahulu.

Tahapan Kedua, Crawl selanjutnya pilih Crawl Errors.

SEO Menghapus Error 404

Tahapan Ketiga, akan muncul url-url error. Klik Priority untuk mencentang semua url yang error tersebut. Bagi yang sudah mencapai 25 atau ratusan url error, klik Show untuk menampilkan halaman yang lebih luas lagi.

SEO Menghapus Error 404

Tahap Keempat, Klik Donwload. Pilih Google Docs pada format donwload. Baru klik tombol OK.

SEO Menghapus Error 404

Tahap Kelima, terbukalah halaman tab baru hasil donwload tersebut. Blok semua link/url dengan mouse. Ingat, hanya url yang diblok.

SEO Menghapus Error 404

Tahap Keenam, tekan tombol Ctrl+C pada keyboard. Kemudian tekan Ctrl+V pada aplikasi Notepad. Akhirnya semua url error 404 telah terpapar di Notepad.

Tahap Ketujuh, kembali ke dasboard google webmaster tool. Pilih Google Index, kemudian klik Remove URLs. Dan Klik Temporarity, akan muncul kolom yang fungsinya untuk menempatkan url yang akan dihapus. Klik Continue. Lakukan satu demi satu, cara yang lebih mudah dengan cut url dari Notepad dan paste pada kolom temporarity.

SEO Menghapus Error 404

Tahap Kedelapan, jika semua telah selesai dihapus. Tahap terakhir adalah kembali ke halaman Crawl, pilih  Crawl Errors, pilih Priority dan klik tombol Mark As Fixed. Daftar url error sudah tidak ada lagi.

SEO Menghapus Error 404

Selesai sudah tahapan menghapus error 404. Anda tinggal menunggu hasilnya, google membutuhkan waktu untuk memprosesnya. Bagaimana ? Melelahkan bukan ? Ya, begitulah, merawat blog itu lebih rumit daripada membuat blog itu sendiri. Harus ada ikhtiar agar blog senantiasa berstamina tinggi. Tampil bersih tidak ada url yang error. Semoga artikel ini bermanfaat, salam ngeblog !

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top