Cara SEO Permalink Blogspot

Cara SEO Permalink Blogspot

Persaingan SEO sekarang sungguh ketat sekali. Karena banyak blogger yang bermunculan. Pastinya untuk menempati artikel posisi halaman pertama mesin pencari google sungguh berat sekali. Apalagi, judul hampir banyak yang sama. Artikel lama akan lebih terindek daripada artikel baru yang berjudul sama. Maka tidak mengherankan jika sekarang, para blogger menggunakan kalimat judul yang panjang demi menarget kata kunci yang lebih luas. Contoh permalink yang terpotong :
Manfaat Membaca Novel Bagi Seorang Blogger 
http://djangkarubumi.blogspot.com/2016/08/manfaat-membaca-novel-bagi-seorang.html
Permalink Artikel Blogspot
Permalink Artikel Blogspot
Judul artikel yang panjang umumnya lebih dari lima (5) kata, akan tidak tampil sempurna/terpotong permalinknya. Apa itu permalink ? Permanen Link, alamat URL sebuah atikel. Nah bagaimana, untuk menyiasati agar permanen link tidak terpotong ? Saat membuat artikel baru, klik Tautan Permanen yang berada disisi kanan layar. Kemudian klik Tautan Permanen Khusus. Silahkan isi sesuai dengan judul. Tiap kata beri tanda strip (-). Ingat, semua huruf kecil. Jika sudah mantap, klik tombol Selesai, baru klik Publikasikan.

Bagaimana jika artikel terlanjur sudah dipublikasikan ? Ada kesalahan permalink yang diakibatkan oleh sinyal internet lemah. Sehingga harus klik tombol publikasikan berulang-ulang, baru artikel terpublish. Nah ini yang mengakibatkan permalink ada tambahan angka dibelakangnya. Semisal contoh dibawah ini :
Cara SEO Permalink Blospot
http://djangkarubumi.blogspot.com/2016/08/cara-seo-permalink-blogspot08.html
Untuk artikel yang sudah terlanjur dipublish, silahkan pilih artikel yang akan diedit. Klik Edit, kemudian pilih Kembali Ke Draf. Selanjutnya pilih Tautan Permanen Khusus. Silahkan edit permalinknya. Klik Tombol Selesai. Terakhir klik Publikasikan.

Cara SEO Permalink Blogspot

Cara SEO Permalink Blogspot

Kalau saranku, buatlah judul yang padat, berisi dan berkualitas. Usahakan tidak lebih dari lima kata. Jika terpaksa harus lebih, sebelum dipublish, klik Tautan Permanen, untuk mengetahui seperti apa kira-kira permanen link yang akan muncul. Bahkan ada yang lucu, antara judul dan permalink sama sekali tidak singkron. Mungkin, dia editnya di judul artikel tapi lupa edit di tautan permanen.

Karena mengedit saat sudah dipublish, berdampak artikel akan membutuhkan waktu lagi agar terindek oleh mesin pencari google. Membuat artikel tidak semudah yang dibayangkan. Jangan heran, banyak para blogger yang tumbang ditengah jalan.

Related Posts

2 komentar:

  1. Terima kasih titorialnya, Mas Bumi. Soal kalimat dalam paragraf terakhir mengenai edit judul tapi lupa edit tautan permanen membuat saya mikir, harus lebih hati-hati, nih.
    Jangan publikasikan pos kala ngantuk. Upayakan perbesar word dengan ukuran gede untuk judul agar pasti, kemarin saya bikin kesalahan karena ngerjainnya dini hari. Bingung dan panik kala salah da itu untuk job. Syukur alhamdulillah, bisa diatasi.
    Tulisan ini lebih personal dan menjelaskan. Jadi tambah wawasan da pastinya banyak narablog baru pernah lakukan kesalahan dalam hal judul artikel serta url-nya.
    Nuhun pisaaan.

    BalasHapus
  2. We are a leading digital marketing company in Brampton. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

    BalasHapus

 
Back To Top