Arak Keliling Khataman Santri

Arak Keliling Khataman Santri

Arak Keliling Khataman Santri. Pada tanggal 30 Juni, Santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Bokoran, Peneket, Ambal, Kebumen yang telah khatam Al-Quran, diarak keliling kampung dengan kuda goyang. Maksud dari kuda goyang adalah kuda akan berjoget ria jika mendengar alunan musik dan nyanyian biduaan. Jogetan kuda sangat lucu dan mampu membuat tertawa.

Arak Keliling Khataman Santri

Arak Keliling Khataman Santri

Arak keliling kampung santri yang telah khatam Al-Quran ini mampu menjadi hiburan bagi masyarakat yang dilewatinya. Semua rela menghentikan aktivitasnya hanya untuk menonton acara arak keliling ini. Ada juga sekolah yang ikut berpartisipasi dalam arak keliling yaitu MTs Ma'arif Pekutan Mirit Ambal dan SMPN 2 Ambal. Menambah semaraknya acara.

MTs Ma'Arif Pekutan Ambal

MTs Ma'Arif Pekutan Ambal

SMPN 2 Ambal

SMPN 2 Ambal

Arak keliling ini lumayan panjang kerena sepuluh santri yang naik kuda. Dan tiap dua santri penunggang kuda dikuti orgen tunggal yang dilengkapi dengan biduan. Keluarga wali santri mengikuti dari belakang dengan mobil bak terbuka. Ada juga yang rela jalan kaki mengiringi kuda kuda goyang itu. Akan tampak meriah dan ramai tatkala musik dialunkan berjoget rianglah kuda  dan para penontonnya.

Arak Keliling Khataman Santri

Bumi merasa bangga bisa meliput acara tersebut ( berlagak kayak wartawan ). Arakan santri yang bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat pedesaan. Semoga ada perhatian dari donatur/sponsor atau pihak terkait untuk membantu terselenggarnya acara Lailatut Tasyakkuran-Waliktitam Pondok Pesanten Al-Hikmah. Agar santri yang telah khatam Al-Quran tidak terlalu terbebani biaya untuk mengadakan acara tersebut. Dan berharap acara tersebut  bisa menjadi acara routin tahunan.

♥♥DjB♥♥

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top