Cara Membuat Blog dan Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Cara Membuat Blog

Sebenarnya ini adalah artikel yang sudah lama masuk daftar draft dan baru kali ini bisa diterbitkan. Maka jangan heran, jika gambar pendukungnya adalah tampilan blogspot jaman jadul. Saat ini, blogspot punya tampilan baru, dan masih dalam tahap bebenah. Sehingga saat membuka jeroan tema/ template, kadang mengalami kendala.

Alasan menggunakan blogspot setiap individu pastinya sangat beragam. Tapi pada umumnya alasannya adalah, proses pembuatannya yang sangat mudah siapa saja bisa mengoperasikan tanpa harus tahu bahasa pemrograman,  template dan layout gratis, bisa menambahkan atau meletakan kode HTML dan Javascript. Dan yang tidak kalah menariknya adalah banyak tutorial sebagai sarana pendukung/pembelajaran.

Mari langsung saja kita ikuti cara  membuat blog dengan platform blogspot :
  1. Kunjungi www.blogger.com
  2. Isi data Email, pasword, setelah itu klik Sign In

  3. Cara Membuat Blog



  4. Klik Lanjutkan Ke Blogger

  5. Cara Membuat Blog



  6. Klik Blog Baru

  7. Cara Membuat Blog



  8. Muncul gambar dibawah ini,

    • Isi Judul misal : Serpihan waktu,
    • Isi Alamat misal: djangkarubumi.blogspot.com ( sampai muncul kalimat alamat blog ini  tersedia dan tanda centang, jika tidak ulangi/ganti alamatnya )
    • Template silahkan Pilih,  misal: Sample
    • Selanjutnya Klik Buat Blog

    Cara Membuat Blog



  9. Akan muncul gambar dibawah ini, berarti blog Shobat sudah jadi, dan Klik Lihat Blog untuk melihat hasilnya.

  10. Cara Membuat Blog



  11. Seperti inilah hasilnya


  12. Cara Membuat Blog
Bagaimana, gampang  bukan? Yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog adalah nama email Anda, buat yang mudah diingat dan kalau bisa usahakan sama dengan nama admin atau nama blog itu sendiri. Semisal, nama saya adalah Djangkaru Bumi, alamat atau nama emailnya djangkarubumi@yahoo.com

Kenapa harus sama dengan nama admin atau nama blog alamat emailnya? Karena email ini nantinya akan menjadi sarana korespondesi atau berkirim surat dengan partner. Apalagi jika suatu saat blog Anda tersohor, pastinya akan semakin banyak yang ingin mengajak bekerjasama, semisal memasang iklan atau artikel placement.

Tidak kalah pentingnya adalah alamat url blog. Buat se-simple mungkin dan mudah diingat. Dua suku kata itu lebih bagus lagi. Hindari penggunaan tanda strip, dan kalau bisa tidak menggunakan angka. Jika terpaksa tidak jadi soal, kalau itu masih ada hubungannya dengan judul blog. Oh iya, usahakan pula url blog sesuai dengan judul blog. Semisal, Djangkaru Bumi, alamat url-nya https://djangkarubumi.blogspot.com

Jika Anda punya minat, nanti akan membeli atau sewa domain TLD. Alangkah baiknya juga mengecek ketersediaan nama url di jasa sewa hosting. Biar nanti ada keserasian nama. Semisal punya saya, djangkarubumi.blogpsot.com dengan domain TLD (Top Level Domain) djangkarubumi.com. Ya seperti itulah, soal nama memang tidak mudah. Karena sekarang sudah bermunculan blogger-blogger baru. Apalagi alamt url blog sekarang bisa dibisniskan, diperjual belikan. Dan harganya yang fantastis.
♥♥DjB♥♥

Related Posts

10 komentar:

  1. Mantap mas, masih mau membuat artikel yang sifatnya untuk nubie... kadang kita suka lupa bahwa kita dulunya juga membuat blog step by step dari yang dasar, terus gonta ganti template, sewa tld dst

    BalasHapus
  2. nah hal2 mendasar yang kayak gini orang jarang bahas, kadang blogger membahas trik yang berat2 aja.

    BalasHapus
  3. wah mantap mas artikelnya, sangat berguna untuk blogger pemula yang ingin buat blog juga.

    BalasHapus
  4. Jadi refresh lagi nih. Dulu awal mula buat blog saya sibuk mikirin tamplate. sampai sampai berminggu lamanya cari tamplate. Terus main adsasne jadi lupa konten, sibuk mikirin seo. Lika liku jadi blogger heheheheh

    BalasHapus
  5. Benar sekali, membuat blog dengan blogspot sangat mudah terutama bagi yang gaptek seperti saya. Utak atik template pun tidak sesulit wp...

    BalasHapus
  6. Boleh kritik sikit ya bang Admin, Tutorial ini sangat bermanfaat bagi nubi, tapi gambarnya kayaknya sudah gak match lagi, soalnya gini:

    1. Dasbor blogger sudah menerapkan tampilan baru, tampilan lama mulai di tidakan satu persatu.

    2. Ketersediaan template template pada dasbor sesuai gambar ilustrasi adalah template lama, yang sudah tidak dianjutkan oleh Google lagi, sekarang sudah ada template baru: Contempo, SOHO, Emporio dan Notable (layout versi 3)

    Tentu saja template template yang ditujukan masih bisa dipergunakan, hanya saja kurang "auto responsive"

    Mudah mudahan Kritik ini sehat untuk membangun,dan saya juga mengharapkan kritik dan saran di halaman blog saya dan mengundang teman teman menulis topik seperti yang di tulis Bang Djangkaru Bumi ini di blog saya, jika bersedia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ralat: 2. Ketersediaan template template pada dasbor sesuai gambar ilustrasi adalah template lama, yang sudah tidak dianjutkan (=di anjurkan) oleh Google lagi, sekarang sudah ada template baru: Contempo, SOHO, Emporio dan Notable (layout versi 3)

      Tentu saja template template yang ditujukan (=di tunjukkan) diatas masih bisa dipergunakan, hanya saja kurang "auto responsive"

      Hapus
    2. Maklum, artikel tahun 2012 :D

      Hapus
    3. Kayanya artikel jaman old ini

      Hapus
    4. Eh tu kan bener udah di jawab jadi malu. G cek dulu

      Hapus

 
Back To Top