Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Cuaca tidak begitu teriknya bahkan hawa terasa dingin dibadan. Dan bisa dibilang belum musim kemarau panjang. Tapi entah mengapa rerumputan di lapangan alun-alun ini tampak menguning dan mengering. Gersang dipandang mata. Tidak sedap dilihat. Bahkan tampak debu berterbangan. Menganggu indra penciuman. Apakah sengaja rerumputan ini dibiarkan tumbuh secara alami? Apakah tidak ada perawatan/penyiraman routin, agar rerumputan inti tetap mengijau? Entahlah.

Tapi di lapangan alun-alun Kebumen ini ada hal yang menarik. Yaitu ada sebatang pohon beringin tepat ditengah alun-alun. Kalau menurut penilaian saya, pohon ini tergolong tidak besar. Dan tidak terlalu tinggi. Kemungkinan usianya belum terlalu tua juga.

Pohon Keramat di Alun-Alun Kebumen

Sekeliling pohon beringin tersebut dipercantik dengan adanya pagar dan ornamen mirip gapura melengkung. Gapura tersebut melingkari pohon beringin. Kurang lebih berjumlah enam gapura, jika tidak salah menghitung. Diluar pagar yang tingginya kurang dari satu meter juga diperkeras dengan bebatuan konblok.


Pagar ini sepertinya kurang begitu jauh jaraknya dengan pohon beringin. Yang pasti suatu saat akan mempengaruhi pertumbuhan pohon tersebut. Tahu sendiri kan, akar pohon beringin itu beda dengan akar pohon lainnya. Akar pohon beringin itu gerakan/pertumbuhannya suka melebar. Bisa jadi suatu saat akar pohon beringin tersebut bisa menembus pondasi pagar. Atau bahkan pagar tersebut nantinya akan mematikan pohon beringin itu sendiri karena menghambat akar-akarnya untuk berkembang.

Kenapa pohon ini saya sebut pohon keramat? Karena hanya satu-satunya pohon yang ada/tumbuh di tengah alun-alun Kebumen. Dan tampak dikeramatkan juga. Semoga pohon beringin ini terjauhkan dari tangan-tangan jail. Supaya pohon beringin ini bisa lestari dan abadi. Alun-alun Kebumen berada di jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Indonesia. Kode Pos 54311.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top