Kelenteng Kong Miao Rumah Ibadat Khonghucu di TMII


Jalan-jalan di Taman Mini Indonesia Indah itu sangatlah menyenangkan. Area yang begitu luas sekali. Kita disuguhi dengan aneka rumah miniatur adat/suku yang ada di Indonesia. Wahana bermain/kreasi yang lengkap. Pepohonan besar dan tinggi disepanjang pinggir jalan tampak menghijau. Membuat adem dimata dan pikiran. Menenangkan hati.


Rumah ibadah segala agama yang diakui di Negara Indonesia juga ada semuanya. Salah satunya rumah ibadat agama Khonghucu yang bernama Kelenteng Miao. Rumah ibadat ini tergolong baru jika dibandingkan dengan rumah-rumah ibadah yang lainnya. Harap maklum, agama Khonghucu baru diakui sebagai agama sekitar tahun 2010.
 


Dan saya perkirakan rumah ibadat Khonghucu ini berdiri ditahun 2010-an juga. Bangunan Kelenteng Miao begitu tinggi dan megahnya. Warna merah yang mendominan. Sehingga tampak lebih mencolok jika dibandingkan dengan rumah ibadat yang ada disekitarnya. Lampu lampion menghiasi gedung peribadatan utama.


Saat pertama masuk ke Kelenteng Miao, kita akan berjumpa dengan patung naga besar yang ada di kanan-kiri gerbang serta patung naga kecil yang berada didepan bangunan utama. Di Kelenteng Miao ada tiga bangunan. Dua bangunan berbentuk bulat yang dan satu bangunan utama yang berbentuk persegipanjang.

Saya pun menyempatkan berkeliling disetiap bangunan. Dan hanya bangunan utama yang membuat saya terkagum-kagum. Bangunan berbentuk persegipanjang nan tinggi yang bercirikan negara Tiongkok. Lantai bawah dipergunakan untuk ruangan kantor dan perpustakaan. Dan lantai atasnya untuk altar peribadatan. Alamat Kelenteng Miao berada di area TMII, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Indonesia. Kode Pos 13820.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top