Penulisan yang Benar Kata Partikel pada Judul Artikel

Penulisan yang Benar Kata Partikel pada Judul Artikel

Kadang malu jika membaca artikel-artikel lama dalam blog yang saya kelola ini.  Banyak sekali kesalahan dalam penulisan kata atau tata bahasa. Tapi harap dimaklumi, karena blog ini semua dikerjakan sendirian. Dari hal mencari sumber materi, sampai penyusunan. Walau sudah dilakukan pengeditan tetap saja ada hal kesalahan. Hal itu dikarenakan keterbatasan ilmu dan pengetahuan dari seorang blogger itu sendiri.

Tapi jika seorang blogger berani membuka diri. Berani menerima kritik dan saran dari orang lain. Pastinya nanti ada blogger lain yang membetulkan. Hal itulah yang saya rasakan. Tapi saya lupa blogger asal mana dulu yang memberi saya teguran.

Berikut penulisan judul yang benar:
  • Setiap kata pada judul diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.
  • Pergunakan huruf kecil pada kata yang sifatnya partikel, yaitu kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi). Misalnya pada kata berikut: dari, ke, di, pun, pada, kepada, jika, maka, agar, supaya, hingga, sebagai, terhadap, karena, yang, dan sebagainya.
  • Pergunakan huruf kapital di awal setiap kata ulang yang katanya sama. Misalkan Ondel-Ondel dan sebagainya.
  • Pergunakan huruf kapital hanya di awal kata pertama pada kata ulang yang berubah bunyi dan juga kata ulang berimbuhan. Misalkan kata ulang berubah bunyi: Sayur-mayur, Lauk-pauk, dan sebagianya. Dan misalkan kata ulang berimbuhan: Berlari-lari dan sebaginya.

Contoh Kata Partikel : di, sebagai, dan, untuk, ke, dari, dalam, pada, antara, atas, pada, yang, buat, maka, karena, supaya, jika, secara, terhadap, kepada, agar, hingga, pun.

Menjadi bahan pengingat agar lebih mudah untuk penentuan dasar penulisan huruf kecil pada Judul adalah:
  • Kata tersebut merupakan kata partikel dalam bahasa Indonesia. Kata Partikel adalah kata yang biasanya  tidak dapat diberi  imbuhan,  tidak memiliki makna  leksikal  (makna yang melekat pada sebuah kata), dan tidak dapat berdiri sendiri. 
  • Kata tersebut  berstatus  kata  depan atau preposisi  (kata  yang  biasanya  terdapat  di depan kata benda dan berfungsi menunjukkan tempat atau tujuan).
  • Kata tersebut  berstatus  kata  hubung atau konjungsi  (kata  yang  berfungsi menghubungkan  kata  dengan  kata,  frase  dengan  frase,  klausa  dengan  klausa,  kalimat dengan kalimat).

Pada dasarnya ngeblog itu sebagai wadah atau sarana untuk belajar. Saling berbagi wawasan dan pengalaman. Memberikan koreksi dan kritik yang sifatnya membangun. Saya ucapkan terimakasih bagi yang telah memberikan saran dan kritiknya. Semoga saja, penulisan artikel blog ini semakin mendekati kesempurnaan. Sesuai kaidah ejaan Bahasa Indonesia yang benar.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top