Tumor Rahang Menyerang Bapak Manijan

Tumor Rahang Menyerang Bapak Manijan

 Saya baru tahu jika ada penyakit yang menyerang tulang rahang. Atau istilah yang saya dengar namanya Tomor Rahang. Sebuah nama penyakit yang tampak asing bagi saya. Tapi kenyataannya penyakit itu memang ada. Ya, penyakit ini menyerang tulang rahang. Saya pun tidak mampu membayangkan betapa sakit dan menderitanya. Melihatnya pun saya tidak kuat.

Bapak Manijan, yang awal mulanya mengira sakit gigi dan gusi. Ternyata menderita penyakit tumor rahang. Ada daging sampai tumbuh membesar. Bernanah pula. Bagian luar dan dalam rahang bawah bernanah. Tidak kebayangkan betapa bau tak sedap yang ditimbulkan? Gigi bagian bawah sebelah kanan pada tanggal atau copot. Lidahnya pun ikut terlipat. Sehingga Bapak Manijan kesulitan berbicara. Kini hanya bisa berkomunikasi dengan isyarat. Untuk sementara ini, pengobatan dengan cara kemoterapi.

Tumor Rahang Menyerang Bapak Manijan

Awalnya,  ada rencana dokter untuk mengganti tulang rahang bawah sebelah kanan dengan plat. Karena dikawatirkan tomor ini akan menyerang rahang bagian sebelah kiri. Ya, tumor ini sangat ganas sekali. Yang awalnya kecil, kini membesar bahkan ada yang sudah tumbuh dibagian tengahnya. Untuk mengganti plat rahang dibutuhkan sebulan pemesanan rahang tersebut.

Sebenarnya saya tidak begitu mengerti akan jenis pengobatan semacam ini. Pada intinya saya ikut trenyuh dan tergugah akan derita yang dialami oleh Bapak Manijan. Kini  badannya tampak semakin kurus. Untuk makan pun saya yakin mengalami kendala. Karena tidak mampu mengunyah lagi.

Tumor Rahang Menyerang Bapak Manijan

Dulu Bapak Manijan ini profesinya sebagai penjual bubur biji salah. Kalau pagi, sering mangkal di Pasar Proyek Sukapura. Kini hanya bisa mengandalkan dari usaha warung sederhana yang dikelola istrinya. Sedangkan untuk pengobatan jenis penyakit ini membutuhkan biaya yang lumayang besar. Dan pastinya memerlukan proses yang cukup lama juga.

Tumor Rahang Menyerang Bapak Manijan

Bagi pembaca yang ingin meringankan beban kehidupan Bapak Manijan. Ingin menyisihkan/berbagi rezeki. Silakan datang langsung ke tempat tinggal Bapak Manijan yang beralamat di Kontrakan Hajah Sa'ah, Jalan Tipar Cakung, Gang H Kari Rt 05, Rw 04, No 25, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Kode Pos 14140.

Photo ini sempat saya unggah di akun facebook saya. Dan mendapatkan respon yang baik dari salah satu Sahabat yang bernama Bapak Musthofa ( Anggota TNI). Sehingga bagi sahabat yang ingin mendonasikan rezekinya, bisa menghubungi saya dengan melihat halaman kontak di blog ini. Dengan harapan termuatnya artikel ini, banyak tangan-tangan yang mau mengulurkan demi kesembuhan dan meringankan kebutuhan keseharian Bapak Manijan. Oh iya, Bapak Manijan ini punya anak dua yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top