Jatuh Bangun Industri Sepatu Pria Handmade

Jatuh Bangun Industri Sepatu Pria Handmade

Kalau kamu jalan-jalan ke pasar, pasti sering lihat barang tiruan berjejeran. Kalau bahasa gaulnya KW3. Maraknya produk tiruan ini bikin pengrajin lokal ketar-ketir. Pasalnya, konsumen lebih memilih barang imitasi daripada asli.

Perilaku konsumen yang membuat sepatu pria dari perajin tak laku 
Orang banyak tertarik sama produk palsu karena harga yang terjangkau. Seperti yang kita tahu, produk dengan brand terkenal mematok harga yang sangat tinggi. Karena itu, demi eksistensi, biar tampak gaul dan kekinian, konsumen memilih produk tiruan dengan harga lebih murah.

Kemudahan dalam mengakses barang tiruan juga jadi alasan pembeli memilihnya. Bahkan, orang berduit sekalipun bakal tergiur buat ikutan membeli. Biasanya,  mereka beli yang tiruan supaya bisa koleksi banyak sepatu pria.

Gak hanya barang impor aja, masyarakat Indonesia juga lebih suka pakai produk luar negeri secara umum. Apa sih alasannya?
  • Produk lokal berkualitas rendah. Produk lokal dianggap punya kualitas rendah dengan harga yang cukup tinggi. Bermodal harga yang sama, konsumen bisa dapat barang impor dengan jumlah yang lebih banyak.
  • Kemasan kurang menarik. Kemasan bisa jadi salah satu faktor yang menarik konsumen. Produk luar negeri biasanya mengemas barang mereka dengan manis. Sebaliknya, bisnis lokal biasa mengurangi tampilan produk dengan alasan untuk menekan harga.
  • Kurang inovasi produk. Produk luar negeri biasa memberi inovasi baru buat pelanggan. Sementara itu, bisnis lokal hanya akan meniru inovasi dari luar. Khususnya barang fashion.
  • Lokasi kurang memadai. Biasanya produk luar negeri khusus dijual di tempat tertentu yang lokasinya strategis dan ramai pengunjung.
Sepatu pria handmade yang mengesankan sekaligus membingungkan
Terkadang, orang yang membeli sepatu pria palsu itu gak sengaja. Loh kenapa bisa? Biasanya mereka tidak bisa membedakan antara produk palsu dengan yang asli. Supaya kamu gak ikut ketipu, yuk simak tips bedain barang asli dan palsu di bawah ini:
  • Bentuk dan penampilan simetris. Sepatu pria original akan terlihat lebih rapi dan simetris dibandingin sama produk palsu. Sebelum beli, coba bandingin dua pasang sepatu tersebut, apakah bentuknya simetris atau tidak. Kalau keliatan berantakan, bisa dipastikan barangmu itu palsu.
  • Kerapian detail. Salah satu hal yang gak ditiru sama barang palsu adalah kerapian pada bagian detailnya. Sepatu pria original memiliki bentuk jahitan dan tekstu detail yang rapi dan bagus. Pada barang tiruan akan ada hal yang kurang rapi seperti bentuk jahitan gak seragam, noda bekas lem, dan lain sebagainya.
  • Bau khas sepatu baru. Barang original bakal punya bau yang khas dari bahan yang digunakan. Contohnya bila berbahan karet, akan muncul bau karet yang khas. Kalau di barang tiruan, hal ini gak ada.
  • Nomor seri dan kode sepatu. Dari segi pengemasan, sepatu pria original biasanya punya nomor dan kode seri yang berbeda. Nomor tersebut bisa ditemukan di label tulisan di dalam sepatu dan di boks. Apabila keduanya sama, maka bisa dipastikan produk yang kamu pegang asli.
  • Cek toko atau penjual. Dalam membeli sepatu, sumber barang perlu buat diperhatikan. Apakah toko atau penjual yang ditemukan udah dipercaya? Kamu bisa nilai hal ini dari jumlah pengunjung, lama toko berdiri, dan reputasi toko.
  • Harga. Barang tiruan tentu bakal dihargai jauh lebih murah daripada yang original. Makanya, produk yang kamu temui harganya jauh, bisa jadi itu tiruan.
Kalau pengen beli ke tempat yang pasti original, kamu bisa jalan-jalan ke marketplace online. Ada beragam barang hasil kerajinan lokal asli yang dipasarkan. Salah satu yang menarik adalah produk buatan Moymin Footwear.

Sepatu pria berwarna coklat dengan panjang menutupi mata kaki bisa bikin penampilanmu keren banget. Dia punya sol yang agak tinggi, jadi kamu bisa keliatan sedikit lebih tinggi dari aslinya. Desain produk ini dirancang buat acara formal seperti ke kantor.

Bahan yang digunakan gak asal loh! Moymin Footwear pakai material kulit licin pabrikan dengan sol viber atau karet yang diimpor dari Jerman. Label ini mengklaim kalau produknya nyaman digunakan dan awet. Oh iya, Moymin Footwear nyediain jasa penggantian sol, gratis!

Cara mengatasi berbagai hal yang menyudutkan sepatu pria handmade
Tadi sudah dijelasin alasan konsumen milih barang impor daripada lokal. Sebenernya, gak semua alasan itu tepat loh. Banyak juga produk lokal yang berkualitas. Banyak juga produk impor yang murah dengan kualitas rendah. Artinya, kesadaran masyarakat Indonesia akan potensi produk lokal masih belum besar.

Mindset mengenai produk lokal lah yang harus diubah. Pendidikan mengenai hak kekayaan intelektual perlu ditanamkan sejak dini. Makanya peran orangtua disini sangat penting, buat menginformasikan ke anak-anak mereka.

Pemerintah sendiri sudah berupaya buat ngasih sosialisasi buat masyarakat mengenai hal ini. Selain itu, diatur juga undang-undang hak cipta yang mendukung industri lokal.

Cara lain buat mempromosikan sepatu pria lokal dengan memanfaatkan teknologi. Sekarang, ada marketplace online bernama Qlapa yang menghubungkan pengrajin di daerah dengan pembeli. Jadi, sekarang kerajinan di daerah-daerah bisa dipasarkan tanpa batasan ruang dan waktu.

Related Posts

58 komentar

mas bumi kreatif juga, katanya males sama kodingan itu checkboxnya kok jalan saat on mouse over.

Tampil beda kan ?? :D

Sepatunya bagus2 modelnya pastinya tahan lama dan juga kuat dari pada beli yang palsu mas..

Modelnya keren-keren.

Pas untuk formal2 gitu mas bumi sepatunya
harganya jg terjangakau di kantong anak kost

Murah tapi berkualitas

Saya nggak tahu kalau sepatu pria ternyata mahal sama halnya dengan sepatu wanita
kalau saya pilih mahalan dikit ngga apa dan cari model yang tidak musiman jadi awet dan tidak ketinggalan zaman, dengan demikian tidak perlu sering-sering beli sepatu

sekarang di pinggir jalan banyak dijual sepatu murah banget 50 ribu banyak toko sepatu gulung tikar

uNTung saya sudah gak pernah pakai sepatu lagi maklum pengangguran jadi nggak pusing milih sepatu

ia mas terkadang yang tiruan jadi pilihan gimana lagi isi kantong ngijininnya itu.
Tapi udah ga kok :D:D:D

spatu di qlapa nya bagus bagus mas

Sepatu dari kulit lebih pas pastinya

nah itu masalahnya

Ayo beli biar lebih necis

Qlapa, murah tapi berkualitas.

Bagus dan keren-keren punya

Kalau buat saya mau itu barang KW juga tidak masalah selama kualitasnya bagus (rapi dan awet). Cuman sayangnya untuk sepatu replika tidak se-awet yang asli, jadinya kan sebel kalo cuma terpakai sebentar aja habis itu rusak.

Nah itu namanya KW3 :)

Produk sepatu lokal kita sudah bagus kok, paling tinggal pemasaran dan promsi yg harus digenjorin

Perlu promosi yang lebih getol.

Waaah aku baru mau nulis qlapa.com udah keduluan nih, hhh

Saya lebih suka yang ory walaupun harganya lumayan mahal dibanding KW3 tapi kulitas sama awetnya ,hehe

Mas djangkaru akhirnya menulis tentang tips membeli sepatu langsung dari pengrajinnya yah.. bener banget tulisan yang diatas, lebih baik langsung beli k pengrajin yang pastinya kualitas nomor 1 ya kang djangkaru bumi.. website qlapa bagus banget ya, banyak pilihan homemade kualitas nomor 1 dengan harga terbaik

Kalau untuk saya sepatu merk apapun bisa dipakai. Baik yang dalam maupun luar negeri. Tapi akhirnya sepatu-sepatu itu harus jebol karena badan saya memang berat...hehehe

Semoga perusahaan sepatu lokal Handmade secepatnya ambil jurus sakti agar kedepan nya berangsur mbaik, dan sepatu jinggel handmade di produksi lebih banyak lagi

Inilah cermin keterpurukan dunia dagang di negeri kita, barang indo di eksport harga murah, disulap dikemas di kasih merk luar baru diimpor lagi ke indo harga jadi selangit,padahal ini barang tadinya dari indo, inikan lucu... Syurve membuktikan

Sepatunya bagus2 yaa, handmode juga.. tapi saya lebih suka sepatum model sporty..
Semoga dunia sepatu indonesia semakin jaya dengan brand lokal

Bicara soal sepatu Lokal atau buatan dalam negri sebenarnya bagus2..

Cuma terkadang suka jiplak merek ternama mungkin itu yang membuat harga sepatu lokal jatuh dipasaran...

Brand lokal yang masih tetap eksis sampai sekarang itu Men's republic kayaknya Mas...

Jadi ada ide untuk ngado suami sepatu nih...modelnya keren-keren itu Mas! Pas buat ngantor. Buatan negeri sendiri lagi...!

Buat apel pacar juga tampak nicis :)

Masih bisa bertahan

Semoga saja semakin sukses dan lebih disukai

survai membuktikan :)

situsnya mantap, enak dilihat. dan terpercaya pastinya

kualitas lebih bisa terjamin

Selama ini memang gak terlalu paham bedain mana sepatu tiruan dan asli. Hem berguna nih infonya, buat nanti beli sepatu untuk Ayah. Makasih Kang sharenya.

Buat saya juga boleh :)

Aku senang pake sepatu
Baik murah maupun mahal semahal bukan palsu
Tapi awet jika disimpan tidak kaku
Dan jika dipake lagi seperti masih baru

Seperti cinta yang suci akan awet dan abadi

Kalau saya selama ini belum pernah beli sepatu yang asli, kang. Maklum, isi kantong tak memadai.Hahaha
Tapi sepertinya membeli barang yang asli memang sangat terjamin kwalitasnya.

Kalau di Qlapa, harga terjangkau.

aku juga pernah kayak gitu. beli barang kw lebih murah ketimbang asli, tapi juga dilihat dulu kualitasnya sama yg asli. kalau 50-50 bisa jadi bahan pertimbangan.

saya biasa pake sepatu kulit lokalan, banyak yang murah dan kwalitas lumayan, kulit asli.
sepatu kulit asli original kalo lagi nyeker :)

kalau saya sih ya mas secara pribadi, sangat sulit mengetahui mana produk sepatu yang asli atau palsu, biasanya saya minta temanin kawan yang tahu, sehingga ketika membelinya saya tidak ketipu

Saya paling males pakai barang impor tp kw, enggak elegan :D

buatan lokal juga menarik.

Wah harus lebih banyak pengalaman nih

terus pakai sandal ya :)

yang namanya KW pasti mutunya rendah

Produksi pengrajin dalam negeri sendiri sebenarnya kalau dilihat banyak yang kreatif idenya, sampai-sampai kalau jiplak merk branded nyaris mirip sama produk aslinya.
Menurutku, ini yang perlu dibenahi... ide harus ori, mutu bagus tapi juga terjangkau untuk semua kalangan.

jadi siapa yang salah bang

dulu sebenarnya aku nggak peduli sih untuk urusan beli sepatu. asal pas dan nyaman dipake, tapi waktu awal mulai kerja kemarin mendapati kenyataan bahwa sepatu yang aku pake ini ternyata palsu. palsu di sini bukan kw maksudnya, yakni sepatu yang aku beli merupakan hasil pengrajin lokal sini yang brandnya diganti lalu dijual hingga 2 sampai 3 kali lipat dari harga aslinya. merasa terperdaya, dan si sepatu itu tulisannya pun sepatu impor lagi. kalau sekarang sih, beli sepatunya langsung ke pengrajin yang meski jaraknya jauh dari rumah, hampir 2 jam waktu tempuh.

Terimakasih atas kunjungannya
Jangan lupa untuk memberikan komentar

 
Back To Top