Sungguh Luar Biasa Keuntungan dari Bisnis Pemancingan Keliling

Sungguh Luar Biasa Keuntungan dari Bisnis Pemancingan Keliling

Kata sulit itu kan karena belum tahu caranya. Buntu karena belum tahu jalannya. Itu kata pepatah bijak dari orang tua. Kadang memang betul adanya. Ingin berwirausaha atau berwiraswasta, bingung menentukan pilihannya karena tidak ada ide-ide yang muncul dibenak kepala. Atau seandainya ada ide, terkendala pada modal. Jadi serba bingung. Hal seperti inilah yang membuat kaki malas untuk beranjak. Malas untuk bangun dari tidurnya. Ah lebih asik bermimpi dan tarik selimut saja.

Saya pun merasakan demikian. Ingin berwirausaha, tapi keinginan terlalu besar. Harus mensyaratkan yang ini dan yang itu harus ada terlebih dahulu. Baru mulai bergerak. Terlalu muluk dan idealisme sekali. Sampai saya lupa, bahwa setiap usaha itu dimulai dari hal yang kecil. Dimulai dari apa yang dimiliki dan apa yang mampu.

Saya melihat dan menyaksikan usaha dari pemancingan keliling ini. Sepintas usaha remen-temeh. Tapi ternyata hasilnya sungguh luar biasa. Bisnis pemancingan keliling bermodal kecil. Hanya membutuhkan peralatan atau perlengkapan kolam ukuran sedang yang terbuat dari terpal. Alat pancingnya terbuat dari belahan bambu. Kalau umpan menggunakan ulat Hongkong. Tapi kalau anak-anak lebih suka menyebutnya ulat Jerman. Sebenarnya, kepastian nama umpannya, saya sendiri tidaklah tahu persis.

Anak-anak Sekolah Dasar antusias sekali. Menyukai pemancingan keliling ini. Wajah-wajah mereka tampak gembira dan bersemangat. Apalagi saat memancingnya dapat ikan lele. Bersorak-rialah mereka. Kegirangan. Dan abang pemilik kolam ikan pun juga senang, karena banyak pemasukan. Keuntungan yang didapat dalam sehari bisa mencapai dua ratusan ribu rupiah lebih. Ada yang berminat ingin berbisnis pemancingan keliling?

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top