Terdampar di Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Udara pagi yang begitu hangat, awan tertutup tipis mega hitam. Sang surya malas untuk menampakan kejantanannya. Sinar yang dipancarkannya tidak segarang seperti biasanya. Jalan-jalan tampak sepi dengan lalu-lalang roda-roda kendaraan. Ya, hari ini adalah hari libur sekolah. Lalu-lintas tampak lengang sekali. Saya bisa berpacu dengan kuda besi tanpa hambatan.

Kali ini saya ingin jalan-jalan ke Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang. Konon katanya terminal terbesar se Asia Tenggara. Dan memang betul, terminal ini sungguh luas sekali. Gedungnya pun berlantai tiga. Saya sudah dua kali menginjakan kaki di terminal ini, tapi tetap saja dibuatnya keder. Kebingungan.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tanggal Rabu, 28 Desember 2016 sepertinya belum begitu bergairah. Geliat perekonomian masih tampak lesu. Kios-kios masih banyak yang kosong. Sepi dari transaksi jual-beli. Sampai saya pun terbawa rasa takut untuk membeli sesuatu. Takut harganya mahal.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal modern yang dirancang begitu hebatnya. Fasilitas yang lengkap, mirip di Bandara. Tapi belum menampakan gigi taringnya. Ya itu, seperti yang saya sebutkan diatas, masih banyak kios yang belum dimanfaatkan. Seandainya adapun, pengunjung masih enggan untuk mendekat. Lantai dasar begitu indah, luas dan bersih membuat saya nyaman sekali. Suasananya mirip seperti di mal. Sehingga saya lupa, bahwa ini adalah terminal bus.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Untuk penjualan tiket bus berada di lantai dua. Nah, disini ini kesan terminal modernnya jadi hilang. Loket penjualan tiket rada-rada unik dan lucunya juga. Ada loket dalam ruangan sempit, ada yang hanya menggunakan meja kecil. Sesekali ada teriakan orang yang menawarkan tiket busnya. Ruang duduk/tunggu calon penumpang pun sangatlah terbatas. Yang jelas tampak semrawut. Kenapa loketnya tidak dibuat luas, sehingga jarak antar loket tidak begitu berhimpit.


Tapi ada hal yang menarik bagi saya dilantai dua ini adalah kamar kecil atau toiletnya bersih. Tidak ada kesan jorok. Skat-skat kamar kecilnya rapi, sudah begitu gratis pula. Tidak ada kotak amal atau pungutan.

Saya pun menyempatkan naik ke lantai atas. Bus dan angkutan dalam kota berbaris dengan apik dan tertib. Saya bisa memandang hamparan cakrawala luas. Sungguh luar biasa terminal ini. Alamat Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gadung berada di  RT.11/RW.3, Pulo Gebang, Cakung, Kota Jakarta Timur, 13950. Indonesia.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top